Kesalahan Perawatan DOC Ayam yang Penting Diketahui  Pemula

Memelihara DOC Ayam Petelur
Memelihara DOC Ayam Petelur

DOC ayam menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis ayam. Banyak yang mengatakan jika perawatan DOCnya berhasil maka peternakan memiliki peluang untuk sukses, begitu pula sebaliknya jika perawatan DOCnya tidak bagus akan menyebabkan kebangkrutan. Setiap bisnis yang digeluti tentunya menginginkan profit atau untung, oleh sebab itu mulailah untuk memperhatikan bagaimana memilih DOC berkualitas dan juga bagaimana cara merawat DOC ayam yang benar.

Apa itu DOC Ayam?

Sebelum Anda tahu bagaimana cara merawat DOC ayam yang baik dan benar ada baiknya jika tahu pengertian DOC ayam terlebih dahulu. Terutama jika Anda adalah seorang pemula yang belum lama menggeluti bisnis peternakan ini. DOC ayam disebut dengan Day Old Chicken atau jika diartikan adalah ayam yang berumur satu hari. Ayam akan disebut dengan DOC setelah dia menetas sampai dengan umurnya 14 hari, setelah itu ayam tidak akan disebut DOC lagi namun disebut ayam periode starter.

Baca Juga : Cara Memilih DOC Ayam Kualitas Super

Saat fase ini ayam membutuhkan perhatian yang ekstra. Jika indukannya berkualitas maka DOC yang bisa dihasilkan juga berkualitas namun jika tidak maka DOC yang dihasilkan juga kurang berkualitas. Yang harus diketahui peternak pemula adalah DOC ayam ini dibagi menjadi beberapa grade yaitu DOC dengan kualitas unggul atau super, kualitas biasa, dan juga kualitas rendah. Untuk kualitas super harganya lebih mahal dibandingkan dengan grade dua DOC lainnya.

Kesalahan Perawatan DOC

Tidak hanya pengertian DOC ayam saja yang harus diketahui, namun kesalahan dalam perawatan DOC pun juga harus diketahui. Simak beberapa kesalahan perawatan DOC ayam yang harus Anda ketahui berikut ini:

  1. Kandang yang tidak ideal

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pemula adalah kandangnya tidak ideal. Kandang untuk perawatan DOC ini berbeda dengan kandang yang lainnya dimana harus aman, nyaman, hangat, dan juga terang. Ada pemula yang meletakkan DOCnya di dalam kandang yang terbuka sehingga semua sisi kandang mudah dimasuki oleh angin. Hal tersebut akan menyebabkan DOC ayam menjadi tidak sehat seperti kembung, kedinginan, dan lain-lain.

Berikanlah kandang yang tertutup dengan ventilasi secukupnya. Selain itu kesalahan lainnya adalah pemula yang hanya memberikan cahaya lampu saja tanpa dilengkapi dengan brooder, padahal cahaya lampu ini hanya berfungsi sebagai penerangan saja, sedangkan brooder ini berfungsi sebagai penghangat. Brooder ini penting karena DOC ayam belum bisa menyesuaikan suhu tubuhnya sendiri.

Baca Juga : Kesalahan Kandang DOC Ayam yang Sering Dilakukan Pemula

  1. Tidak diberikan cairan gula

Kesalahan selanjutnya adalah DOC tidak diberikan cairan gula. Cairan gula berfungsi untuk memberikan DOC tersebut energi. DOC ayam yang tidak diberikan cairan gula ini akan menyebabkan lemas dan lesu. Jika Anda mendapatkan DOC dari peternakan lain dan harus menempuh perjalanan panjang Anda harus memberikan cairan gula ini. Setelah itu hindari langsung meletakkan DOC di dalam kandang karena akan menyebabkannya menjadi stress.

  1. Pakan yang tidak sesuai

Kesalahan dalam perawatan terakhir adalah pakan yang tidak sesuai. Untuk pakannya tekstur harus lembut dan tidak boleh mengandung air. Terlalu banyak air akan menyebabkan DOC ayam menjadi flu. Hindari memberikan pakan dengan tekstur yang kasar karena organ pencernaan DOC belum sempurna.

  1. Anti vaksin

Kesalahan selanjutnya yang dilakukan adalah anti vaksin. Vaksin ini berguna untuk membuat kekebalan tubuh DOC menjadi bagus. DOC yang tidak diberikan vaksin akan menyebabkannya mudah terkena penyakit ringan sampai dengan berbahaya yang berujung pada kematian.

Baca Juga  : Penyebab Kematian DOC Ayam Secara Dini

Demikianlah pengertian DOC ayam dan kesalahan dalam perawatannya yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *