5 Penyebab Bisnis Karkas Ayam Menjadi Sukses atau Gagal

Bisnis Karkas Ayam

Bisnis karkas ayam sangat potensial. Hal itu dikarenakan banyak yang membutuhkan daging karkas tersebut. Baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk acara hajatan. Biasanya untuk acara pesta, hantaran banyak yang menggunakan ayam utuh atau ayam setengah. Oleh sebab itu jika Anda menginginkan bisnis yang potensial cobalah untuk berbisnis daging karkas ini.

Meski menguntungkan persaingan bisnis karkas maupun peternakan ayam sangat ketat. Banyak yang sudah menggeluti bisnis ini terlebih dahulu sebelum Anda menggelutinya. Khusus pemula atau yang belum memiliki pengalaman bisnis penting untuk mengetahui bagaimana cara berbisnis karkas yang baik dan benar.

Keberhasilan dan Kegagalan Bisnis Karkas Ayam

Sama halnya dengan bisnis lainnya dimana ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan menjadi berhasil atau gagal. Untuk bisa meraih kesuksesan dalam bisnis diperlukan kiat atau usaha agar impian dan cita-cita dalam bisnis menjadi tercapai. Selain itu hindarilah beberapa faktor yang menyebabkan bisnis mengalami kegagalan. Berikut adalah beberapa penyebab keberhasilan dan kegagalan bisnis karkas yang penting untuk diketahui:

Niat

Hal pertama yang bisa menyebabkan bisnis karkas ayam menjadi berhasil adalah niat. Apapun risiko dan halangannya kalau sudah niat akan bisa dihadapi dengan baik. Selain itu niat juga harus disertai dengan mental pebisnis. Mental pebisnis ini adalah ketika bisnis terjatuh, dia akan bisa bangkit lagi untuk membangun bisnisnya. Pebisnis dengan mental seperti inilah yang bisa meraih kesuksesan. Berbeda dengan pebisnis yang tidak memiliki mental, saat bisnis terpuruk dia akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyesali bisnisnya yang gagal tersebut kemudian sulit untuk bangkit kembali.

Baca juga : Cara Menyimpan Karkas Ayam Agar Tetap Segar

Suka Belajar dan Tidak Berpuas Diri

Untuk bisa menjadi pebisnis yang sukses Anda harus tahu bagaimana berbisnis karkas yang sukses. Caranya adalah dengan banyak belajar dari buku, situs internet, seminar atau bergabung dengan komunitas yang memiliki pekerjaan yang sama. Dengan begitu Anda bisa share tentang suka duka menggeluti bisnis karkas ayam. Jangan berpuas diri jika bisnis yang Anda geluti sudah berkembang dengan baik, sebab orang yang berpuas diri akan sulit berkembang.

Salah Menganalisa Pesaing

Faktor yang menyebabkan kegagalan bisnis adalah salah dalam menganalisa pesaing. Pesaing ini adalah salah satu yang menyebabkan bisnis bisa sukses atau gagal. Kesalahan menganalisa pesaing bisa membuat manajemen bisnis menjadi tidak tepat, dan hal tersebutlah yang menyebabkan bisnis mengalami kegagalan. Cara menganalisis pesaing yang benar dengan melakukan identifikasi munculnya pesaing baru yang mana bisa menerobos target pasar Anda.

Harga yang Tidak Kompetitif

Penyebab bisnis karkas tidak bisa berjalan dengan sukses selanjutnya adalah harga yang tidak kompetitif. Harga yang tidak bersaing ini bisa disebabkan dengan analisis harga pasar yang salah. Misalnya saja adalah Anda menganalisa harga di pasar A padahal area berjualan  di pasar B, di kedua tempat tersebut memiliki harga pasar yang berbeda sehingga jika berjualan di tempat B Anda harus menganalisa harga di tempat tersebut.

Produk Kurang Bersaing

Faktor penyebab kegagalan bisnis karkas ayam adalah produk daging karkas yang kurang bersaing. Penyebabnya adalah kurang berkualitasnya hasil peternakan Anda akibat cara pemeliharaan kurang maksimal. Jika pesaing Anda menjual karkas yang berkualitas yang dibuktikan dengan daging yang segar dan ukurannya normal, maka ayam karkas yang Anda jual pun harus sama. Jika produk ayam yang Anda juga kerdil dimana berat badannya rendah maka konsumen tidak tertarik untuk membeli karkas tersebut.

Baca juga : 6 Cara Menghasilkan Potongan Ayam (Karkas) yang Tepat

Berbisnis harus menggunakan trik atau cara bagaimana caranya agar bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan impian Anda. Begitupun dengan bisnis daging karkas ini. Anda bisa harus mengetahui faktor yang menyebabkan bisnis karkas ayam menjadi sukses dan mewaspadai apa saja yang menyebabkannya menjadi gagal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *