Tips Mengenal Karkas Ayam yang Benar Serta Cara Menyimpannya

mengenal karkas ayam

Hidangan atau masakan dengan bahan dasar utama daging ayam merupakan primadona bagi masyarakat. Dengan demikian, banyak restoran hingga rumah makan selalu menjadikan hidangan ini menu utama. Sebagai menu utama, kualitas bahan dasar masakan berupa jenis karkas ayam tentu perlu diperhatikan dengan detil.

Karkas ayam yang berkualitas tentu dimulai dari tangan para peternak. Hal ini dikarenakan disinilah tempat karkas ayam diproduksi. Seorang peternak yang jujur tentu akan memproduksi karkas ayam dengan cara-cara yang wajar. Akan tetapi, tidak sedikit juga para peternak yang berbuat curang karena dibanjiri oleh permintaan akan karkas ayam.

Agar Anda dapat menghindari kemungkinan tertipu, maka sudah seharusnya mempelajari bagaimana mengenal karkas ayam yang benar. Karkas ayam yang benar adalah berkualitas tinggi sehingga sehat dan aman apabila diolah menjadi hidangan apapun. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengetahui karkas ayam berkualitas tinggi.

Mengenal karkas ayam dengan benar

Siapapun tentu menginginkan daging ayam karkas yang bermutu tinggi. Kriteria karkas ayam baermutu tinggi adalah dagingnya nampak sehat dan segar. Sebenarnya, kriteria tersebut dapat Anda amati dengan mudah pada bagian fisik dari daging ayam. Berikut ini adalah cara mengenal karkas ayam yang benar dan bermutu tinggi.

  • Daging karkas ayam utuh dan tidak terdapat cacat sedikit pun.
  • Kondisi kulit karkas ayam putih, bersih dan mengkilat, tidak ada memar di pembulu darah serta seluruh bagian tubuh terlihat jelas.
  • Otot bagian tubuh dipotong seperti leher dengan jarak renggangan yang besar dan tidak merata.
  • Tidak terdapat bulu jarum pada daging ayam karkas.
  • Baunya normal, tidak menyengat apalagi busuk.
  • Tidak menggunakan bahan pengawet maupun perasa buatan.
  • Tidak ditambahkan hormone atau sejenisnya.
  • Sama sekali tidak terdapat kandungan lemak trans.

Setelah Anda mampu mengenal karkas ayam dengan benar, maka segeralah putuskan apakah akan diolah atau disimpan. Apabila Anda memutuskan untuk menyimpannya maka simpanlah pada tempat yang benar. Tempat dan cara menyimpan tentu saja akan mempengaruhi kualitas dan cita rasa karkas ayam saat dimasak nanti. Berikut ini adalah tips menyimpan karkas ayam dengan benar.

Baca Juga : Jenis Potongan Karkas Ayam yang Sering Tampil di Menu Makanan

Menyimpan karkas ayam yang benar

Setelah Anda mengenal karkas ayam yang benar, maka selanjutnya harus mampu menyimpannya secara tepat. Apabila ayam akan langsung dimasak, maka sebaiknya cuci terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih. Kemudian, keringkan menggunakan lap bersih. Barulah setelah kering ayam dapat diproses untuk diolah.

Namun, apabila sebelum diolah ayam harus disimpan terlebih dahulu, maka cuci menggunakan air bersih yang mengalir. Kemudian, keringkan dengan menggunakan lap kering dan bersih. Setelah kering ayam dapat disimpan di chiller selama satu hari. Akan tetapi, jika ayam akan disimpan dalam waktu lama, maka harus dipindahkan di freezer dan tahan maksimal selama 30 hari.

Menyimpan karkas ayam memang harus dilakukan dengan benar. Hal ini dikarenakan tempat penyimpanan akan mempengaruhi kualiatas karkas ayam. Jika tempat penyimpanannya kurang baik maka karkas ayam akan mengalami penurunan kualitas dan secara tidak langsung mempengaruhi rasa ketika dihidangkan.

Mengenal karkas ayam yang benar memang penting untuk menghadirkan hidangan berkualitas dan bercita rasa lezat. Namun, apalah artinya ketika Anda mampu memilih karkas ayam yang baik tetapi menyimpannya secara asal. Ujung-ujungnya sudah pasti karkas ayam akan mengalami penurunan kualitas yang mempengaruhi rasa. Oleh karena itu, penting juga bagi Anda mempelajari bagaiman menyimpan karkas ayam yang benar.

Baca Juga : 4 Tips Agar Perhitungan Karkas Ayam Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *