5 Strategi Sukses dalam Menjalankan Bisnis Karkas Ayam

Bisnis Karkas Ayam Sangat Menjanjikan

bisnis karkas ayam
bisnis karkas ayam

Karkas ayam atau ayam potong hampir dipastikan selalu tersedia baik di pasar tradisional maupun supermarket. Dengan didukung oleh perkembangan banyak restoran dan rumah makan baru, permintaan karkas ayam pun mengalami kenaikan, dan ini merupakan angin segar bagi bisnis karkas ayam. Perkembangan bisnis makanan yang meningkat menjadikan bisnis karkas ayam sebagai bisnis yang menjanjikan. Agar bisnis karkas ayam bisa sukses diperlukan juga strategi dalam berbisnis seperti berikut ini.

  1. Jaminan Kesehatan Karkas Ayam Melalui Kerjasama dengan Dinas Kesehatan

Agar ayam yang dijual kebal terhadap virus mematikan seperti flu burung atau penyakit tetelo, pemeriksaan kesehatan ayam sangat diperlukan untuk menjamin bisnis karkas ayam tetap sehat. Ayam harus diberikan vaksin secara rutin untuk menghindari ayam mati karena penyakit. Jika ayam yang berpenyakit ini disembelih dan karkas ayamnya dijual, maka otomatis manusia yang mengonsumsi karkas ayam tersebut juga akan terganggu kesehatannya.

Dalam bisnis karkas ayam, kerjasama dengan dinas kesehatan penting untuk mendapatkan informasi dan penyuluhan mengenai vaksin ayam atau unggas. Dengan menjalin kerjasama dengan dinas kesehatan, bisnis karkas ayam juga akan mendukung program pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat.

  1. Menjalin Hubungan Baik dengan Pedagang Pasar

Pedagang pasar bisa dibilang adalah pelanggan besar untuk bisnis karkas ayam. Para pedagang ayam potong di pasar biasanya membutuhkan karkas ayam dalam jumlah besar untuk dijual lagi ke pasar. Jika hubungan baik selalu dipelihara, maka bisnis karkas ayam pun bisa berjalan dengan lancar.

Pastikan karkas ayam yang didistribusikan adalah karkas ayam segar karena ayam potong segar adalah ayam yang paling banyak dicari. Untuk menjalin hubungan baik dengan para pedagang pasar, pastikan kualitas karkas ayam juga selalu dalam keadaan baik.

  1. Survey Harga Pasaran untuk Karkas Ayam

Pelanggan biasanya memburu penjual karkas ayam dengan harga murah dengan kualitas baik. Untuk menetapkan harga jual karkas ayam diperlukan survey harga ayam potong dari berbagai pasar. Dengan begini bisnis karkas ayam bisa menetapklan harga jual sesuai standard pasar.

Siklus harga ayam potong mungkin berubah-ubah, namun lebih baik menjual dengan harga sedikit lebih murah tapi ayam laris di pasar sehingga bisa mencapai target penjualan bisnis ayam karkas.

  1. Ikut Perkumpulan Peternak Ayam

Informasi perawatan ayam yang benar dan strategi pemasaran sukses bisa didapat dari komunitas perkumpulan peternak ayam. Selain mendapatkan informasi, relasi baru juga mudah didapat melalui komunitas ini dan bisa diajak kerjasama bisnis karkas ayam. Dengan bertambahnya ilmu dan relasi baru, maka bisnis karkas ayam pun akan berkembang pesat.

  1. Jaga Selalu Kualitas Karkas Ayam

Karkas ayam yang baik didapat dari ayam yang diternak dengan perawatan yang baik. Perhatikan kebersihan dan kesehatan kandang dan juga suhu di dalam kandang. Ayam tidak boleh stress ataupun kedinginan dan kepanasan karena perubahan suhu lingkungan.

Pemberian pakan dan vaksin secara teratur juga turut membantu menjaga kualitas ayam potong. Pakan ayam dengan nutrisi seimbang akan menjadikan ayam sehat dan kuat serta lebih produktif. Vaksin yang diberikan secara rutin juga akan membantu ayam untuk melawan bakteri serta virus penyebab penyakit berbahaya. Ayam yang dirawat dan dipelihara dengan baik akan menghasilkan produk peternakan ayam dengan kualitas baik pula.

Baca : Memilih DOC Ayam Kampung Terbaik yang Sehat untuk Dikonsumsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *