7 Cara Merawat DOC ayam broiler Paling Tepat

DOC ayam broiler yang berkualitas bisa menghasilkan daging yang berkualitas. Jika Anda menggeluti usaha peternakan akan disarankan bagi Anda untuk memilih DOC ayam yang berkualitas tersebut. DOC ayam yang berkualitas tinggi akan memiliki kemampuan survive yang tinggi, mentalnya pun lebih sehat dibandingkan dengan yang kualitasnya tidak bagus. Meski begitu, Anda harus bisa mengimbanginya dengan perawatan yang tepat. Jangan sampai DOC ayam sudah berkualitas namun pemeliharaannya tidak berkualitas. DOC akan menjadi kurang berkualitas jika teknik pemeliharaannya salah bahkan bisa sampai mengalami kematian. Berikut ini adalah cara merawat DOC ayam broiler yang harus Anda perhatikan:

Larutan Gula Merah

Anda bisa memberikan larutan gula merah untuk membuat DOC ayam tersebut menjadi berenergi. Kandungan glukosa pada gula merah bisa membuat ayam tidak lemas dan menjadi berenergi terutama setelah menempuh perjalanan yang jauh. DOC Ayam ini membutuhkan tambahan energi agar bisa terus bergerak dengan lincah. Barulah setelah meminumkan larutan gula merah tersebut Anda bisa memasukkan DOC tersebut ke kandang litter yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Baca juga : 4 Cara Budidaya Ayam Broiler Khusus Pemula

Kandang yang Tertutup

Kandang DOC ayam yang ideal adalah yang tertutup dan tidak membuat angin terlalu besar masuk ke dalam kandang DOC. Hal itu dikarenakan DOC belum bisa beradaptasi dengan angin yang terlalu kencang. Oleh sebab itu pada beberapa sisi kandang harus benar-benar tertutup. Berbeda dengan kandang ayam dewasa yang semakin lancar udara yang keluar masuk semakin bagus. Namun tidak dengan DOC. Untuk bagian atasnya Anda bisa menggunakan strimin kawat untuk membuat pertukaran udara itu tetap ada.

Lampu

Anda harus menjamin keamanan DOC ayam broiler tersebut dengan memasang lampu. Lampu ini berguna untuk menghindarkan DOC ayam dari berbagai macam serangan hewan yang lainnya seperti tikus atau kucing. Selain bisa membuat tubuh DOC ayam semakin hangat, bohlam tersebut juga bermanfaat untuk membantu penglihatan ayam DOC di saat malam hari karena ayam rabun senja.

Brooder

DOC ayam ini membutuhkan penghangat yang berguna untuk menghangatkan tubuhnya. Aturlah suhu brooder dengan tepat jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas. Brooder ini sangat diperlukan di saat musim penghujan terutama di saat udara sedang ekstrem. Tanpa brooder ini DOC akan merasakan kedinginan dan daya tahan tubuhnya menjadi lemah.

Pakan yang Bernutrisi

Cara merawat DOC ayam jenis broiler selanjutnya adalah dengan memberikan pakan yang bernutrisi. DOC ayam tidak bisa memakan pakan yang kasar sehingga sangat penting bagi Anda untuk memberikan DOC tersebut pakan jenis bubuk. Letakkanlah pakan tersebut di nampan plastik agar DOC bisa menceker pakan tersebut.

Vaksin

Vaksin adalah salah satu hal penting dalam perawatan DOC ayam. Alasannya adalah tanpa vaksin DOC akan mudah terkena berbagai macam penyakit. Untuk ayam broiler yang masih DOC vaksin akan diberikan dalam bentuk tetes mata bukan suntik. Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin secara berkala untuk membuat daya tahan tubuh ayam tersebut menjadi lebih stabil. Vitamin akan membuat DOC ayam menjadi lebih sehat.

Baca juga : 5 Tips Memilih Karkas Ayam Murah & Segar

Beternak ayam memang tidak mudah sebab memiliki risiko kematian. Terutama kematian dini DOC akan mudah sekali terjadi jika Anda tidak tahu perawatannya. Bagi yang ingin beternak ayam broiler, lakukanlah beberapa cara merawat DOC ayam broiler seperti yang dijelaskan di atas sebab DOC ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan peternakan.

2 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *