4 Tips Agar Doc Ayam Tumbuh Cepat dan Sehat

DOC ayam sehat

Bagaimana tips agar DOC ayam tumbuh cepat merupakan suatu proses yang penting. Sukses atau tidaknya usaha ternak Anda akan dipengaruhi oleh cara yang diterapkan dalam merawat anak ayam. Mengapa cara merawat doc ayam menjadi sangat penting? Ini dikarenakan hasil akhir sangat ditentukan pada masa pertumbuhan doc ayam.

Mengingat betapa pentingnya perawatan doc ayam, maka Anda harus mengetahui cara terbaik yang dapat diterapkan. Terdapat empat tips agar doc ayam tumbuh cepat dan sehat yang dapat Anda praktekkan. Keempat tips tersebut terdiri dari bagaimana pemilihan bibit, pemilihan kandang, pemberian pakan dan vitamin.

Pemilihan Bibit

Agar pertumbuhan doc ayam cepat dan sehat maka bibit yang dipilih haruslah jenis super. Bibit ayam super atau jawa super merupakan hasil rekayasa genetika berupa persilangan. Selain agar tumbuh cepat, pemilihan bibit ayam super bertujuan agar menjaga kualitas daging yang dihasilkan. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan bibit ayam super, yaitu:

  1. Supaya mendapatkan bibit anak ayam super dengan biaya hemat maka Anda dapat mengawinkan jenis lokal dan ras atau bangkok. Umumnya, jenis ayam ras atau bangkok memiliki postur tubuh yang besar dan pertumbuhannya cepat. Jadi, ayam jenis ras atau bangkok sangat cocok untuk dijadikan bahan persilangan.
  2. Bagi Anda yang mempunyai modal lebih maka cara kedua ini relatif lebih praktis. Anda dapat langsung memilih dan membeli bibit ayam super di penyedia. Jadi, tugas yang perlu Anda lakukan hanyalah sebatas merawat dan membesarkannya.

Pemilihan Kandang

Tips agar doc ayam tumbuh cepat dan sehat yang berikutnya adalah memperhatikan jenis kandang. Dalam memelihara doc ayam jenis kandang yang disarankan untuk digunakan adalah model blok. Penggunaan kandang model blok bertujuan agar memudahkan Anda dalam melakukan perawatan dan pengawasan terhadap doc ayam. Jangan lupa juga untuk menambahkan lampu penghangat.

Akan tetapi, setelah doc ayam telah tumbuh dewasa maka Anda harus memindahkannya ke kandang model umbaran dengan alas tanah. Sediakan juga kayu atau bambu sebagai tempat ayam nangkring dan melompat. Tujuannya adalah untuk melatih kekuatan otot ayam sehingga tekstur daging yang dihasilkan padat dan kenyal.

Baca Juga : Kesalahan Kandang DOC Ayam yang Sering Dilakukan Pemula

Pemberian Pakan

Meskipun ayam yang Anda pelihara adalah jenis bibit super, tapi ini tidak seratus persen menjamin pertumbuhannya akan cepat dan gemuk. Tips agar doc ayam tumbuh cepat dan juga sehat adalah memberikan jenis pakan yang dapat memacu pertumbuhannya. Salah satu jenis pakan yang disarankan untuk Anda berikan adalah BR1.

Pakan BR1 harus Anda berikan pada doc ayam di usia 0-25 hari. Setelah itu, Anda dapat melakukan rekayasa pemberian pakan ketika doc ayam memasuki usia 25 hari-2 bulan. Ketika doc ayam memasuki usia ini maka komposisi pakan yang disarankan adalah BR1 30%, jagung giling 30% dan dedak padi 40%.

Pemberian Vitamin

Anda harus memberikan vitamin dan vaksin secara teratur sejak ayam masih dalam kondisi anakan. Selain bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan, cara ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh doc ayam. Dengan demikian, doc ayam dapat tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai macam virus dan penyakit.

Pada intinya, dalam beternak Anda harus menerapkan tips agar doc ayam tumbuh cepat dan sehat. Semakin doc ayam tumbuh cepat dan sehat maka harga jualnya di pasaran pun akan makin tinggi. Hal ini tentu saja akan membuat Anda memperoleh keuntungan yang maksimal sehingga usaha bisa terus bertahan. Agar kondisi tersebut dapat terwujud maka Anda harus memperhatikan pemilihan bibit, kebersihan kandang serta pemberian pakan dan nutrisi.

Baca Juga : Kelebihan dan Kelemahan DOC Ayam Kampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *