5 Kesalahan Kandang Ayam DOC yang Sering Dilakukan Peternak

Selain memperhatikan pakan DOC, Anda juga harus bisa memperhatikan beberapa aspek lainnya yaitu kandang. Kandang ayam jenis DOC ini sama, namun ketika sudah memasuki periode grower, maupun finisher tipe kandang akan disesuaikan dengan jenis ayamnya masing-masing. Sebagai contoh adalah kandang ayam periode grower jenis ayam broiler berbeda dengan jenis layer. Oleh sebab itulah jangan hanya memperhatikan fase grower maupun finishernya, sebab keberhasilan kedua periode tersebut tergantung dengan periode starternya. Agar bisa melewati fase starter dengan baik, Anda harus memilih DOC ayam yang berkualitas. Selain itu kandangnya pun juga harus sesuai agar DOC menjadi aman dan nyaman tinggal di kandang tersebut.

Kesalahan Kandang Ayam DOC yang Membuat Tidak Ideal

Ada beberapa kesalahan yang dilakukan peternak dalam membuat kandang DOC ini. Kesalahan tersebut bisa menyebabkan tumbuh dan kembang DOC menjadi tidak maksimal. Berikut ini adalah beberapa kesalahan kandang ayam DOC yang harus dihindari karena bisa membuatnya tidak ideal:

Banyak Ventilasi

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh peternak ayam dalam membuat kandang adalah banyaknya ventilasi. Ventilasi ini memang bagus untuk kandang ayam setelah periode starter, namun tidak bagus untuk periode starter tersebut. Banyaknya ventilasi akan membuat DOC ayam menjadi kedinginan kemudian menjadi masuk angin.

Baca juga : 6 Tips Pembuatan Kandang Ayam DOC yang Ideal

Membujur dari Selatan ke Utara

Kesalahan selanjutnya adalah kandang tersebut membujur dari arah selatan ke utara. Letak kandang yang ideal membujur dari arah barat ke timur. Tujuannya agar sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang. Sinar matahari ini sangat bagus untuk kesehatan DOC.

Tidak Ada Sekat

Sekat atau pembatas berguna untuk membatasi ruang gerak DOC. Kandang yang tidak diberikan sekat bisa menyebabkan DOC ayam menjadi bebas bergerak ke sana kemari padahal tubuh DOC ini tidak boleh terlalu banyak bergerak.

Kandang Terlalu Gelap

Kesalahan kandang ayam DOC selanjutnya adalah kandang yang terlalu gelap. Kondisi kandang seperti ini bisa membuat DOC ayam menjadi tidak bisa melihat di sekitar terutama serangan hewan di malam hari seperti kucing dan tikus. Banyak peternak yang mengeluhkan jika peternakan ayam di malam hari banyak serangan dari kucing dan juga tikus yang bisa menyerang DOC ayam kapan saja sehingga cahaya cukup sangat diperlukan.

Tanpa Penghangat

Banyak yang menganggap jika DOC ayam sudah bisa mendapatkan panas dari cahaya lampu yang ada di dalam kandang. Padahal cahaya lampu saja tidak cukup untuk memberikan rasa hangat yang maksimal terutama untuk DOC ayam di dalam kandang. DOC tersebut masih membutuhkan penghangat yang cukup di malam hari, tujuannya agar tubuh DOC ayam tersebut hangat, terhindar dari kedinginan dan masuk angin.

Pentingnya Kandang Ayam DOC yang Ideal

Kandang DOC yang ideal adalah yang tidak ada kesalahan di dalamnya misalnya saja suhu kandang yang terjaga dengan baik, kelembapan yang tepat, tidak banyak ventilasi dan lain sebagainya. Mengapa kandang yang ideal ini penting untuk DOC ayam?, alasannya adalah DOC akan menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam kandang terutama DOC jenis broiler dan juga layer. Jika kandangnya saja tidak ideal, maka DOC tidak akan merasakan nyaman ketika berada di dalam kandang. DOC akan stress kemudian mengakibatkan nafsu makannya menjadi menurun. Saat nafsu makan sudah menurun berbagai macam penyakit akan mudah menyerang ayam, sebab kekebalan tubuh DOC tersebut menurun.

Baca juga : 4 Cara Membuat Kandang Ayam DOC yang Tepat

Merawat DOC ayam ini gampang-gampang susah, dibutuhkan pengetahuan dan wawasan yang luas untuk bisa memelihara DOC dengan baik dan benar. Salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam memelihara DOC ini adalah kandangnya. Hindarilah beberapa kesalahan kandang ayam DOC yang telah dijelaskan di atas agar kandang menjadi ideal untuk pemeliharaan ayam jenis DOC atau periode starter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *