2 Jenis Peternakan Ayam Broiler yang Bisa Dipilih

Jenis Peternakan Ayam Broiler

Peternakan ayam broiler sangat potensial. Penyebab peternakan ayam ini potensial dikarenakan permintaan yang terus meningkat dikarenakan banyak masyarakat yang membutuhkannya untuk kebutuhan pribadi atau bisnis. Jika daging ayam yang Anda hasilkan sehat dan berkualitas konsumenlah yang akan datang kepada Anda. Hal inilah yang menjadi menguntungkan bagi Anda sebab tidak perlu mencari konsumen. Meski peluangnya sangat besar namun mendirikan bisnis peternakan ini tidak semudah yang dibayangkan. Akan ada beberapa kendala yang bisa menghalangi produktivitas ayam seperti mudah terkena penyakit, mahalnya harga pakan terlebih lagi persaingan yang ketat. Sebelum Anda menggeluti bisnis peternakan ini harus dipertimbangkan dengan baik untung dan ruginya terutama jika Anda adalah seorang pemula.

Jenis Bisnis Peternakan Ayam Broiler

Untuk memulai bisnis peternakan ini Anda harus paham jenis dari peternakan tersebut. Meski terlihat sama, ternyata jenis bisnisnya berbeda sehingga sistem yang diberlakukan juga berbeda. Agar tidak salah pilih dalam berbisnis, simak beberapa jenis peternakan ayam broiler yang harus Anda pahami seperti berikut ini:

Baca juga : Cara Memilih Jenis Pakan Ayam Broilers yang Tepat

Kemitraan

Jenis peternakan ayam broiler yang pertama adalah kemitraan. Kemitraan ini disebut sebagai usaha kerja sama dengan bidang bisnis yang sama yaitu peternakan ayam potong. Bisnis ayam broiler atau potong ini dijalankan bersama antara yang memberikan modal dengan peternak. Pemberi modal akan memberikan sarana produksi mulai bibit, pakan, obat-obatan, vaksin dan lain sebagainya. Sedangkan tugas peternak adalah menyediakan kandang, tempat makan dan minum ayam, penghangat, listrik dan lain sebagainya. Tugas peternak cukup berat sebab jangan sampai mengalami kerugian sebab ketika hal itu terjadi bisa menyebabkan mitra memutus kerja sama dengan Anda. Oleh sebab itu kesehatan ayam ternak harus diperhatikan dengan baik. Untuk pembagian hasil pemilik modal akan mendapatkan bagian lebih besar dari peternak, namun hal ini bisa dinegosiasikan sehingga besarnya pembagian hasil sesuai dengan kesepakatan.

Bisnis Peternakan Ayam Mandiri

Jenis bisnis yang kedua adalah peternakan mandiri. Yang dimaksud dengan peternakan mandiri ini adalah semua sarana produksi dalam peternakan berasal dari modal dan biaya Anda sendiri. Jenis peternakan ini cocok bagi pemula yang mana tanggung jawabnya tidak sebesar dengan kemitraan. Kelebihan dari peternakan ayam jenis ini adalah ketika mendapatkan profit atau keuntungan tidak akan dibagi oleh orang lain, namun jika gagal beban yang ditanggung tidak seberat dengan sistem kemitraan.

Mana yang Lebih Bagus?

Ketika ditanya jenis bisnis peternakan apa yang bagus?, jawabannya adalah tergantung dengan kondisi Anda. Jika Anda seorang pebisnis pemula namun sudah memiliki skill yang mumpuni dalam merawat dan memelihara ayam maka jenis kemitraan bisa Anda pilih terutama jika modal Anda masih belum cukup untuk membuka peternakan secara mandiri. Jika modal Anda sudah cukup maka akan lebih baik jika Anda mendirikan peternakan secara mandiri.

Baca juga : 7 Cara Menghasilkan DOC Ayam Broiler Berkualitas Tinggi

Menggeluti bisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan terutama yang berhubungan dengan makhluk hidup. Jika tidak tahu caranya justru kerugian dan kegagalan akan didapatkan. Skill dan pengalaman sangat berpengaruh terhadap keberhasilan peternakan ayam ini. Bagi yang belum berpengalaman bisa mencari ilmu dan wawasan sebanyak-banyaknya sebelum mendirikan usaha peternakan ini. Selain itu jenis bisnis peternakan ayam broiler yang dipilih pun harus tepat sesuai dengan kondisi si peternak tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *