10 Jenis Potongan Ayam Karkas (Istilah Dalam Bahasa Inggris)

Jenis Potongan Ayam Karkas

Peternak ayam harus tahu jenis potongan ayam. Biasanya konsumen menginginkan potongan daging karkas ayam tertentu sehingga peternak yang juga menggeluti bisnis karkas ayam ini juga harus paham dengan potongan daging karkas yang diinginkan oleh konsumen. Jika sampai salah dalam memotong daging karkas maka akan dianggap kurang profesional dalam memberikan layanan kepada konsumen. Selain memahami tentang jenis potongannya, peternak juga penting untuk tahu istilah dalam pemotongan karkas ayam tersebut. Saat akan meminta jenis potongan karkas tertentu, tidak jarang konsumen mengatakannya dengan istilah potongan ayam. Supaya tidak salah dalam melayani konsumen, simak jenis potongan ayam karkas dan istilahnya yang penting untuk diketahui berikut ini:

Whole Chicken

Whole chicken adalah ayam utuh. Meski jarang yang meminta ayam utuh ini namun peternak harus tahu jika istilah whole chicken digunakan untuk menyebut ayam utuh. Untuk ayam utuh ini banyak digunakan untuk acara tertentu misalnya selamatan, syukuran, dan lain sebagainya. Untuk harganya bervariasi tergantung dengan berat dari ayam tersebut. Semakin berat ayam maka semakin mahal harganya. Whole chicken untuk bagian paha bawah dan juga sayap ayam masih melekat dengan sempurna. Jika bagian paha bawah dan juga sayapnya sudah dipotong maka istilahnya bukan whole chicken lagi.

Halves

Istilah ini digunakan untuk menyebut ayam setengah. Ayam dipotong tepat di bagian tengah punggungnya kemudian terbagi antara sisi kanan dan juga kiri. Banyak masyarakat yang membutuhkan potongan ayam setengah ini. Potongan setengah ini biasanya digunakan untuk ater-ater hajatan pernikahan. Peternak yang akan memotong ayam ini harus simetris tidak boleh ada bagian yang tidak sama.

Seperempat

Selain ada istilah potongan ayam setengah, ada juga istilah potongan seperempat. Untuk mendapatkan jenis potongan ayam ini peternak harus memotong ayam menjadi dua bagian terlebih dahulu barulah nantinya akan dipotong menjadi seperempat.

Breast Quarters

Isilah potongan ini digunakan untuk menyebut potongan seperempat namun hanya khusus untuk bagian dada dan juga sayap.

Boneless

Istilah potongan ini digunakan untuk menyebut daging ayam yang dihilangkan tulangnya. Jenis potongan ini disebut juga dengan ayam fillet sehingga hanya daging saja yang tersisa.

Skinless

Jenis potongan ini digunakan untuk ayam fillet yang sudah dihilangkan kulitnya. Khusus konsumen yang berdiet banyak yang menyukai potongan ayam tanpa kulit ini. Hal itu dikarenakan kulit memiliki banyak lapisan lemak yang mana menjadi pantangan bagi orang yang sedang berdiet.

8 Pieces

Jenis potongan selanjutnya adalah 8 pieces. Potongan jenis ini akan menjadikan ayam utuh dipotong menjadi 8 bagian. 8 bagian ayam tersebut terdiri dari 2 dada, sayap, paha dan juga punggung. Untuk 8 pieces ini potongan ayamnya masih besar dan banyak digunakan dalam lauk nasi box.

Sayap Utuh

Konsumen banyak menyukai potongan ayam jenis ini. Biasanya sayap akan dipotongkan dari ayam utuh sehingga whole chicken hanya diambil pada bagian sayapnya aja. Potongan jenis ini banyak diminati oleh konsumen hal itu dikarenakan cocok untuk lauk nasi box atau bisa juga untuk konsumsi pribadi.

Paha Bawah

Potongan paha bawah disebut juga dengan drumstick. Banyak restoran yang menyediakan berbagai macam olahan drumstick ini. Drumstick cocok untuk dijadikan sebagai lauk di nasi box atau untuk menu prasmanan di acara nikahan. Yang sering menjadi masalah dengan potongan paha bawah ini adalah sering konsumen meminta jumlah drumstick dengan berat tertentu, misalnya menginginkan 12 potongan drumstick dalam satu kilogramnya. Padahal ukuran dan berat drumstick ini berbeda-beda sehingga sulit untuk menjadikan jumlahnya sama.

Whole Chicken Leg

Jenis potongan ini untuk menyebutkan jenis potongan ayam bagian paha atas dan paha bawah. Kedua bagian paha ini menyambung dan tidak terpisah.

Demikianlah beberapa istilah dan juga jenis potongan ayam karkas yang penting diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

More :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *