5 Jenis Pakan Ayam Broiler yang Bernutrisi Tinggi

Jenis Pakan Ayam Broiler

Pakan ayam broiler sangat berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang ayam selama di peternakan. Nantinya pakan yang dimakan oleh ayam akan diubah menjadi daging. Oleh sebab itu produktivitas ayam sangat tergantung dengan jenis pakan yang dimakan. Penting bagi peternak untuk memperhatikan pakan selama di peternakan, jangan membuat ayam asal kenyang namun usahakan agar pakannya bernutrisi tinggi supaya produktivitas ayam menjadi lebih meningkat. Ada beberapa jenis pakan yang bisa diberikan kepada ayam broiler ini. Pakan ini tidak hanya bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas namun juga bisa membuat tubuh ayam broiler menjadi lebih sehat dan kuat. Berikut adalah jenis pakan ayam broiler yang bisa diberikan di peternakan:

Sorgum

Untuk mendapatkan sorgum ini sulit karena hanya di daerah tertentu saja yang memilikinya. Sorgum ini sangat bagus untuk kesehatan pencernaan ayam dikarenakan tinggi serat. Ada berbagai macam sebutan untuk Sorgum ini yaitu tojeng, cantrik, dan centel.

Pollard

Untuk membuat pakan alternatif peternak bisa mempertimbangkan jenis pakan satu ini. Jika diberikan pakan pabrikan secara terus menerus akan membuat biaya operasional di dalam kandang menjadi membengkak. Pollard ini berasal dari olahan gandum yang biasa diubah menjadi tepung terigu. Pakan ini disebut juga sebagai dedak gandum. Kandungan yang ada di dalam Pollard ini sangat bagus untuk kesehatan ayam broiler yang ada di peternakan karena kaya akan lemak, protein, dan juga tinggi serat.  Selain itu kandungan kalorinya cukup tinggi yang mana bisa menyebabkan ayam akan terus lincah dan juga berenergi setiap hari. Meski kaya akan kandungan yang tinggi, pakan ini tidak bisa diberikan setiap hari ke ayam dikarenakan tidak bagus untuk ayam. Berikanlah pakan ini secara selang seling dengan jenis pakan ayam broiler yang lainnya.

Baca juga : 2 Jenis Peternakan Ayam Broiler yang Bisa Dipilih

Dedak Padi

Dedak padi disebut juga dengan bekatul. Jenis pakan ini begitu familiar di kalangan peternak ayam tidak hanya broiler saja namun juga untuk peternak ayam jenis lainnya seperti kampung, layer, dan lain-lain. Kandungan asam aminonya yang tinggi membuat dedak padi ini memiliki kalori yang cukup tinggi. Tidak hanya kalori saja yang terkandung dalam dedak padi ini namun juga kaya akan lemak. Kelemahan dari dedak padi ini adalah mudah menggumpal dan juga berbau tengik. Pakan yang berbau tengik sudah tidak layak untuk diberikan lagi ke ayam karena kualitasnya sudah menurun. Oleh sebab itu jika ingin memberikan dedak padi, jangan membeli dalam skala besar namun dalam jumlah cukup agar tidak mudah berbau tengik jika terlalu lama disimpan di dalam gudang peternakan.

Tepung-tepungan

Salah satu jenis pakan ayam broiler yang tepat untuk DOC adalah jenis tepung-tepungan. Teksturnya yang halus akan membuat ayam DOC mudah untuk mencernanya. Ada beberapa jenis tepung yang bisa diberikan ke ayam broiler ini.  Misalnya saja adalah tepung tulang. Tepung tulang ini bisa didapatkan di pemotongan ayam atau di pemotongan hewan yang lainnya. Tepung tulang ini kaya akan kalsium dan juga fosfor yang bagus untuk tulang dan sendi ayam. Selain tepung tulang, bisa diberikan tepung ikan. Tepung ini dihasilkan dari olahan ikan yang dikeringkan kemudian digiling halus menjadi tepung.

Pelet

Pelet adalah jenis pakan yang paling disukai oleh ayam. Pakan jenis pelet ini lebih hemat dan efisien diberikan kepada ayam karena memiliki nutrisi yang tinggi. Pelet ini lebih hemat dibandingkan dengan tepung-tepungan sehingga cocok bagi yang menginginkan pakan yang hemat namun nilainya lebih ekonomis.

Baca juga : 5 Kesalahan Memberi Pakan Ayam Jenis Broiler

Demikianlah beberapa jenis pakan ayam broiler yang bisa diberikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *