3 Tips Menentukan Ukuran Kandang Ayam Broiler

Tips Menentukan Ukuran Kandang Ayam Broiler

Ukuran kandang ayam broiler sangat berpengaruh dalam peternakan ayam. Oleh sebab itu peternak harus memperhatikan ukuran kandang yang tepat. Hindari ayam berdesak-desakan di dalam kandang karena akan menyebabkan kadar amonia meningkat. Kadar amonia ini sangat tidak bagus untuk kesehatan ayam di dalam kandang karena bisa menyebabkan nafsu makan menjadi menurun. Ukuran kandang ini juga harus disesuaikan dengan jumlah DOC ayam yang akan dipelihara di dalam peternakan. Sebab kandang yang ukurannya sempit tidak mungkin digunakan untuk memelihara sampai ratusan bahkan ribuan DOC ayam.

Menentukan Ukuran Kandang yang Sesuai

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan ukuran kandang ayam broiler yang ideal, yaitu berikut ini:

Tentukan Jumlah DOC

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah tentukan jumlah DOC yang akan dipelihara. Semakin banyak DOC yang dipelihara tentunya ukuran kandang menjadi lebih luas berbeda dengan yang hanya memelihara sedikit DOC. Idealnya dalam lebar 1 m2 hanya bisa diisi dengan 60 ekor DOC. Untuk tinggi yang ideal minimal adalah dua meter. Peternak bisa hitung berapa jumlah DOC yang akan dipelihara kemudian bisa ditemukan berapa luas kandang yang ideal untuk memelihara DOC tersebut.

Baca juga : 5 Kelebihan Daging Ayam Broiler Jika Dikonsumsi

Sesuaikan dengan Luas Lahan

Meski peternak ingin membuat kandang yang luas namun jika lahan peternakannya sempit maka tidak bisa memaksakan hal tersebut. Sebab ukuran kandang juga harus menyesuaikan dengan lahannya. Jika ingin memelihara banyak DOC di lahan peternakan yang sempit peternak bisa mempertimbangkan menggunakan kandang model bertingkat sehingga bisa digunakan menampung lebih banyak ayam.

Usia Ayam

Menentukan ukuran kandang ayam broiler yang ideal tidak hanya terpaku dengan jumlah DOC saja namun juga mempertimbangkan ketika si ayam sudah memasuki fase grower maupun finisher. Saat masuk fase atau periode grower dibutuhkan kandang yang lebih luas dikarenakan tubuh ayam juga akan bertambah dengan pesat. Oleh sebab itu ada baiknya sebagai peternak memikirkan bagaimana jika nanti ayamnya sudah semakin besar apakah ukuran kandang masih tetap ideal atau dibutuhkan kandang tambahan untuk bisa menampung semua ayam yang ada di peternakan tersebut.

Menghadapi hal tersebut ada beberapa peternak yang menyisakan space yang lumayan di kandang mereka untuk mengantisipasi ketika si ayam sudah besar. Namun ada juga peternak yang menambahkan jumlah kandang di peternakan untuk bisa menampung semua ayam tersebut. Saat ayam berumur 7 sampai dengan 12 hari kepadatannya hanya menjadi 40 ekor per m2. Dan jumlah kepadatan tersebut akan terus menurun sampai masa panen tiba.

Baca juga :  4 Kesalahan Budidaya Ayam Broiler yang Wajib Dihindari

One Comment

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *