Memahami Pengertian Karkas Ayam dan Ciri Karkas Ayam yang Sehat

Fahami & Cermati Karkas Ayam yang Baik Untuk Di Konsumsi

Pengertian Karkas Ayam
Pengertian Karkas Ayam

Daging ayam yang biasanya ditemukan di pasaran biasanya sudah berbentuk ayam potong utuh atau dalam potongan-potongan tubuh ayam seperti kepala, kaki, dada, dan paha. Ayam potong dalam keadaan utuh inilah yang disebut dengan karkas ayam. Pengertian karkas ayam itu sendiri adalah ayam yang sudah dibului, dipotong kepala dan kakinya, serta dibersihkan jeroannya. Ayam inilah yang dijual untuk siap diolah menjadi berbagai macam masakan. Daging ayam memang merupakan sumber protein yang bisa didapat dengan mudah sehari-hari. Harga daging ayam yang lebih murah dibanding daging sapi pun membuat daging ayam lebih populer untuk dijadikan lauk-pauk sehari-hari.

Setelah mengetahui pengertian karkas ayam, sebaiknya kita juga mengetahui ciri karkas ayam yang baik untuk dikonsumsi. Ini karena biasanya ada banyak penyimpangan yang terjadi dalam proses pemotongan ayam serta penyimpanan karkas ayam. Permintaan karkas ayam yang besar menyebabkan para penjual karkas ayam biasanya mengawetkan karkas ayam dengan bahan berbahaya atau ayam pedaging dipelihara dengan cara yang tidak baik agar menekan biaya perawatan. Maka dari itu, baiknya kita mengetahui betul tempat pemotongan atau peternakan yang memproduksi karkas ayam. Kita harus benar-benar memastikan daging ayam yang dikonsumsi berasal dari ayam yang dirawat dengan baik, dan karkas ayam pun diolah dengan baik pula.

Ciri Karkas Ayam yang Sehat

  1. Karkas ayam harus berasal dari ayam yang dirawat dengan cara yang baik dan benar
  2. Baiknya pilih karkas ayam yang masih segar agar kualitas kandungan gizi dalam daging tidak menurun atau bahkan rusak karena proses penyimpanan yang terlalu lama
  3. Karkas ayam harus aman, tidak boleh terpapar bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan
  4. Karkas ayam juga tidak boleh dicampur dengan daging hewan lainnya
  5. Bagian karkas ayam harus dalam kondisi utuh serta tidak ada cacat sedikit pun

Selain pengertian karkas ayam dan juga ciri-ciri karkas ayam yang baik, tempat pemotongan dan penjualan ayam pun harus diteliti agar karkas ayam benar-benar bersih dan sehat. Tempat pemotongan dan penjualan karkas ayam haruslah tempat yang bersih dengan air mengalir berkualitas baik untuk pencucian karkas ayam. Tempat pemotongan dan penjualan karkas ayam biasanya juga dilakukan di peternakan ayam pedaging. Proses pemotongan dan pembentukan karkas di peternakan pun harus melalui proses pengendalian mutu yang ketat. Ini demi untuk menjaga kualitas ayam potong yang sehat dan layak untuk dikonsumsi.

Di peternakan dengan pengendalian mutu yang ketat, kualitas ayam tidak hanya ditentukan saat ayam tersebut sudah dalam keadaan karkas. Ini karena untuk mendapatkan karkas ayam dengan daging dan kandungan gizi terbaik, ayam pedaging atau ayam broiler yang diternakan juga harus dirawat dengan pengelolaan yang baik. Ayam pedaging pada peternakan terbaik akan dirawat dengan baik sejak lahir hingga ayam siap untuk dipotong dan dijadikan karkas ayam. Pengertian karkas ayam yang merupakan berat bersih potongan tubuh ayam utuh tanpa bulu, jeroan, kepala, dan kaki, membuat ayam pedaging harus mempunyai daging yang tebal pada bagian yang menjadi karkas. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perawatan seperti pakan yang berkualitas agar ayam memiliki daging yang tebal dan juga dengan gizi yang baik. Daging yang tebal dengan kualitas yang baik akan memengaruhi harga jual karkas ayam di pasaran.

Baca : 5 Strategi Sukses dalam Menjalankan Bisnis Karkas Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *