5 Kelebihan Daging Ayam Broiler Jika Dikonsumsi

Kelebihan Daging Ayam Broiler

Ayam broiler diternakkan untuk diambil dagingnya. Ketika dibudidayakan jenis broiler akan mudah sekali bertambah dagingnya dengan cepat. Oleh sebab itu banyak yang membudidayakan ayam jenis ini untuk bisnis. Tidak hanya dari segi bisnisnya saja yang menguntungkan, namun dari segi dagingnya pun juga menguntungkan buat kesehatan. Jika dikonsumsi tidak berlebihan maka ayam tersebut akan memberikan keuntungan bagi kesehatan. Banyaknya kandungan nutrisi pada daging ayam tersebut akan membuat tubuh menjadi sehat dan ternutrisi.

Meski ada beberapa yang anti dengan ayam, namun di dalam daging ayam ini memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga tubuh akan merasakan manfaat dari nutrisi daging ayam tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat atau keuntungan mengonsumsi daging ayam broiler yang harus diketahui:

Nutrisi 4 Sehat 5 Sempurna

Tentunya Anda pernah mendengar makanan yang baik adalah yang nutrisinya 4 sehat 5 sempurna. Salah satu makanan yang membuat nutrisi tersebut menjadi baik adalah daging ayam. Daging ayam ini mengandung lemak hewani yang dibutuhkan tubuh. Fungsi dari lemak hewani tersebut berguna sebagai cadangan makanan, dan penambah energi. Tidak hanya itu saja, lemak hewani ini juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Saat cuaca dingin, tubuh akan tetap merasakan hangat.

Baca juga : Pemilihan Breeder Ayam Broiler yang Tepat

Meningkatkan Sistem Imun

Salah satu manfaat mengonsumsi daging ayam broiler yang tidak boleh Anda lupakan adalah bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Saat cuaca sedang ekstrem, dan iklim juga tidak bagus daging ini akan meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang meningkat tidak hanya didapatkan dari mengonsumsi vitamin saja. Namun pola makan yang bagus juga bisa membuat sistem imun menjadi meningkat. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi sebagai peningkat sistem imun adalah daging ayam. Kandungan daging ayam tersebut bisa  membuat sistem imun menjadi lebih stabil jika pengolahannya benar, selain itu daging ayam ini harus dicampurkan dengan sayuran yang kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral sehingga nutrisinya menjadi lebih seimbang.

Menghindari Anemia

Daging broiler ini memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Fungsi dari zat besi tersebut adalah mencegah anemia karena mampu mengikat hemoglobin dengan baik sehingga sel darah merah bisa tercipta dengan baik.  Kekurangan sel darah merah ini tidak bagus untuk kesehatan karena bisa menyebabkan menjadi kurang produktif akibat rasa lemah, letih, lesu, pusing dan lain sebagainya.

Baca juga : 5 Tips Mendirikan Peternakan Ayam Broiler yang Baik dan Benar

Menghilangkan Stress

Manfaat mengonsumsi daging ayam broiler adalah bisa sebagai penghilang stress. Seperti yang kita ketahui bahwa stress yang tidak diatasi dengan bagus akan menyebabkan menjadi depresi. Jika sudah depresi membutuhkan jasa psikiater untuk menghilangkannya. Kabar baiknya adalah daging ini memiliki kandungan B5 yang bisa digunakan untuk menghilangkan stress, sehingga mengonsumsi daging ayam membuat pikiran yang stress menjadi tenang kembali.

Pengolahan Daging Ayam yang Tepat

Meski memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, pengolahan daging ayam ini harus tepat. Hal itu dikarenakan jika pengolahannya tidak sesuai bisa mengakibatkan nutrisi pada daging ayam tersebut menjadi hilang sehingga sebanyak apapun mengonsumsinya tidak akan mendapatkan manfaat dari nutrisi daging ayam  tersebut. Untuk bisa mengolah daging ayam secara sehat bisa dengan menghilangkan bagian kulitnya, terutama bagi yang tidak ingin terlihat gemuk.  Selain itu daging ayam tidak perlu di cuci dengan air cukup di marinasi dan proses memasaknya jangan terlalu lama.

Baca juga : 7 Cara Menghasilkan DOC Ayam Broiler Berkualitas Tinggi

Demikianlah beberapa kelebihan daging ayam broiler dan cara mengolahnya yang tepat, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *