Pemilihan Breeder Ayam Broiler yang Tepat

Breeder Ayam Broiler

Untuk mendapatkan ayam broiler yang berkualitas, diperlukan pemeliharaan secara lengkap dan menyeluruh sejak ayam masih DOC hingga ayam siap untuk dipotong atau dipanen. Hal ini sangat memengaruhi keberhasilan ternak ayam dan juga kualitas daging ayam. Dalam memilih DOC ayam, lebih baik pilih atau beli langsung dari breeder yang terpercaya karena lebih akan menjamin kualitas dari DOC ayam. DOC ayam broiler yang berkualitas tinggi biasanya dihasilkan dari pembibitan milik breeder sendiri. Pemeliharaan ayam broiler juga dipelihara dengan tingkat perhatian yang tinggi dengan pakan yang teruji untuk meningkatkan pertumbuhan yang maksimal.

Pemilihan Breeder yang Tepat

Pemeliharaan ayam broiler yang benar-benar dilakukan dengan teliti sejak DOC hingga ayam siap potong akan menghasilkan kualitas berat dan ukuran ayam yang seragam. Kualitas berat dan ukuran ayam yang seragam akan menghasilkan karkas ayam yang berkualitas tinggi dan terjamin pula kesehatannya. Pada breeder yang sudah terpercaya dan terjamin kualitasnya, biasanya kita bisa memilih ayam broiler dengan preferensi berat ayam yang berbeda-beda. Jadi kita bisa memesan dan memanen ayam dengan kelayakan berat dan ukuran yang diinginkan.

Baca juga : 5 Tips Mendirikan Peternakan Ayam Broiler yang Baik dan Benar

Sifat Ayam Broiler

Ayam broiler mudah terkena infeksi, jadi pastikan memilih ayam dengan keadaan kandang bersih dan sehat agar ayam yang dipilih terjamin kesehatannya. Pastikan kepada peternak bahwa ayam yang Anda pilih rutin memberikan vaksin pada ayam. Selain itu, pangan juga harus benar-benar diperhatikan karena ayam boiler mudah berkembang pesta dan menyerap nutrisi dengan cepat. Pakan yang disajikan haruslah pakan yang memenuhi kebutuhan gizi ayam broiler agar ayam tumbuh dengan kualitas daging dengan kesehatan yang baik. Ayam broiler juga sulit beradaptasi di lingkungan kandang apalagi jika lingkungan kandangnya baru. Maka dari itulah, para peternak harus mengendalikan tingkat stress ayam agar nafsu makan ayam tidak menurun dan dapat berpengaruh pada kualitas kesehatan ayam broiler.

Kualitas Daging Ayam Broiler

Ayam broiler yang sudah siap dipasarkan atau yang sudah berbentuk karkas memiliki berat maksimal 2 kilogram, dengan berat minimal 1.5 kilogram. Saat masa panen, berat badan ayam broiler harus benar-benar ditimbang dan diperhatikan kesehatannya agar mendapatkan kualitas daging ayam potong yang terbaik. Dari segi tekstur daging, daging ayam broiler tentunya berbeda daging ayam kampung. Karakteristik umum dari daging ayam broiler adalah tektur dagingnya yang lebih empuk dan lembut dari pada daging ayam kampung.

Saat memilih untuk membeli atau memesan ayam broiler sebaiknya perhatikan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas. Pilih DOC ayam yang berasal dari breeder terpercaya agar kualitas daging ayam terjamin kesehatannya. Selain itu, ketahui juga sifat ayam broiler agar dapat memastikan jika ayam diternak dengan pemeliharaan yang sesuai dengan karakteristiknya. Pada masa panen juga periksa kembali keadaan ayam mulai dari berat badan hingga kondisi kesehatannya agar kualitas ayam broiler benar-benar terjamin sempurna sejak DOC ayam hingga masa panen.

Baca juga : 7 Cara Menghasilkan DOC Ayam Broiler Berkualitas Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *