4 Penyebab Kegagalan DOC Ayam Broiler Saat Dipelihara

Penyebab Kegagalan DOC

DOC berperan penting dalam kesuksesan ternak ayam.  Jika Anda tidak tahu bagaimana caranya memelihara DOC ayam dengan baik dan benar bisa menyebabkan kerugian pada peternakan Anda. DOC banyak yang mati menyebabkan kerugian dikarenakan hanya sedikit ayam yang bisa dipanen nantinya. Padahal ayam yang dipanen berefek pada peternakan Anda. Semakin banyak ayam yang dipanen maka akan semakin besar keuntungan Anda. Hasil panenan pun harus berkualitas, buat apa panen melimpah tapi hasilnya tidak berkualitas.

Keberhasilan peternakan ayam broiler bisa diketahui dari berat badan ayam yang normal ketika dipanen, sedangkan tanda peternakan broiler mengalami kerugian adalah ayam yang dipanen hanya sedikit dan berat badannya kurang maksimal. Untuk menghindari jumlah ayam yang dipanen sedikit ini bisa dengan memelihara DOC ayam dengan baik dan benar.

Baca juga : 4 Cara Membuat Kandang Ayam DOC yang Tepat

Kegagalan Pemeliharaan DOC Ayam Broiler

Kegagalan dalam memelihara DOC ayam harus Anda hindari tujuannya agar semakin banyak DOC yang bisa bertahan hidup sampai masa panen tiba. Ada beberapa penyebab yang membuat DOC ini tidak bisa bertahan hidup atau mengalami kematian dini. Berikut ini adalah penyebab kegagalan pemeliharaan DOC ayam broiler yang harus diwaspadai:

Kandang Terlalu Padat

Hal pertama yang bisa menyebabkan DOC mengalami kematian dini adalah kandang yang terlalu padat. Memang kandang DOC ini tidak boleh terlalu luas namun juga tidak boleh terlalu padat. DOC akan terus berada di kandang tersebut sampai fase starter selesai. Setiap kandang DOC memiliki jumlah idealnya masing-masing, sehingga jika terlalu berlebihan dalam memasukkan DOC di dalam kandang bisa membuat berdesakan yang mana tidak bagus untuk tumbuh kembang DOC.

Tidak Diberikan Vitamin

Kesalahan atau kegagalan dalam memelihara DOC adalah tidak diberikannya vitamin. Vitamin adalah cara memelihara DOC ayam dengan baik dan benar. Fungsi dari vitamin adalah membuat sistem imun DOC menjadi lebih meningkat.  Vitamin ini bisa dicampurkan dengan air minum. Berikanlah vitamin secara teratur agar DOC bisa terhindar dari berbagai macam penyakit akibat sistem imun yang lemah.

Baca juga : 6 Cara Membesarkan DOC Ayam Petelur

Tidak Diberikan Cairan Glukosa

Penyebab kematian DOC yang sering terjadi adalah tidak diberikan cairan glukosa. Cairan glukosa bermanfaat untuk menambah energi pada tubuh DOC tersebut. Kekurangan glukosa akan menyebabkan tubuh DOC menjadi lemas tak bertenaga.

Banyaknya Amonia

Penyebab kegagalan DOC ayam broiler dipelihara adalah banyaknya amonia. Kandang DOC yang tidak sering dibersihkan akan membuatnya mudah terkena dampak amonia. Amonia adalah gas yang berasal dari kotoran hewan. Jika terlalu banyak menghirup gas amonia akibatnya adalah akan menjadi lemas dan terkena penyakit.   Ciri ayam yang menghirup banyak gas amonia adalah mata terus berair, ayam tidak nafsu makan dan lesu.

Ciri DOC yang Sehat

Setelah Anda merawat DOC ayam broiler dengan baik, penting bagi Anda untuk mengetahui seperti apa kondisi DOC yang sehat selama di peternakan. Bisa aja Anda membeli DOC yang berkualitas, namun setelah dirawat di peternakan dengan cara yang salah bisa saja kualitas ayam menjadi menurun dan sakit. Berikut ini adalah ciri-ciri DOC ayam yang sehat yang patut untuk Anda perhatikan:

  1. Mata bersinar jernih. Dari mata pula Anda bisa tahu apakah DOC penyakitan atau tidak. Mata yang berair adalah ciri DOC yang tidak sehat.
  2. Lincah dan berlarian dengan gesit.
  3. Sayap simetris tidak turun ke bawah.
  4. Berjalan dengan lancar atau tidak pincang.
  5. Bulu mengkilap.

Demikianlah beberapa penyebab kegagalan pemeliharaan DOC ayam broiler yang harus diwaspadai, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga : 6 Cara Memilih DOC Ayam Berkualitas Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *