4 Cara Membuat Kandang Ayam DOC yang Tepat

Pemilihan DOC ayam kampung
Pemilihan DOC ayam kampung

Kandang ayam DOC berbeda dengan yang sudah dewasa. Pembuatan kandang untuk DOC ini harus tepat dan benar. Alasannya adalah DOC tersebut benar-benar membutuhkan kandang yang aman dan nyaman. Daya tahan tubuhnya yang masih lemah dan rentan terhadap suhu dingin membuat DOC tersebut akan mudah mati. Ketika banyak DOC yang mati, peternak akan mengalami kerugian. Oleh sebab itulah di fase-fase awal peternak harus benar-benar tahu bagaimana cara merawat DOC termasuk membuat kandang yang efektif. Selain memberikan pakan yang bernutrisi, kandang ayam yang tepat bisa membuat DOC tersebut memiliki daya tahan tubuh yang lebih stabil. Mental DOC tersebut pun lebih bagus dibandingkan dengan yang nutrisinya maupun kandangnya tidak layak. Agar DOC ayam bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, simak cara membuat kandang ayam DOC yang tepat berikut ini:

Baca juga :  Pentingnya Memberikan Pakan Ayam Broiler Yang Berkualitas

Luas Kandang

Luas kandang harus disesuaikan dengan jumlah ayam DOC yang dibeli. Jika terlalu banyak nantinya DOC tersebut akan saling berdesakan. Untuk bentuk kandang bisa berbentuk litter. Litter adalah kandang untuk DOC yang efektif. Barulah nanti kalau ayam tersebut sudah tumbuh, berkembang dan usianya sudah memasuki fase selanjutnya dipindah di bagian kandang khusus dewasa.

Sebelum dimasukkan ke kandang DOC, Anda harus menimbangnya terlebih dahulu. Hal tersebut berguna sebagai pengecekan berapa berat rata-rata DOC tersebut. Tujuannya agar tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh peternak yang menjual DOC tersebut. Persiapan pemasukan DOC ke kandang ini juga diperlukan dimana DOC setelah sampai di lokasi peternakan yang baru harus diistirahatkan kemudian diberikan larutan gula merah. Fungsi larutan gula tersebut berguna untuk memberi energi yang cukup kepada DOC ayam. Barulah setelah semua meminum larutan gula tersebut DOC siap untuk dimasukkan ke kandang.

Kandang yang Rapat

Cara membuat kandang ayam DOC yang harus diperhatikan adalah jangan sampai ada kandang yang terbuka. Usahakan baik siang maupun malam hari harus tertutup. DOC ayam ini tidak bisa bertahan dengan udara yang terlalu dingin sebab bisa menyebabkan DOC tersebut sakit kemudian mati.

Lampu

Saat malam hari, sangat disarankan Anda untuk memberikan bohlam lampu di kandang tersebut. Tujuannya agar DOC ayam tetap hangat dan bisa melihat di sekelilingnya. Bohlam lampu tersebut juga berguna untuk menghindarkan DOC dari berbagai macam serangan dari hewan lain seperti tikus. Tikus sangat suka untuk menyerang DOC terutama di malam hari sehingga penerangan yang bagus diharapkan bisa menghindarkan DOC dari hal yang tidak diinginkan.

Brooder

Brooder adalah penghangat kandang yang bisa membuat tubuh DOC menjadi lebih hangat. Jika tidak ditambahkan brooder ayam akan mudah sekali kedinginan terutama di saat musim penghujan dan suhu udara sedang ekstrem.  Aturlah suhu dengan tepat yang mana ayam DOC tersebut tidak akan kedinginan dan juga tidak kepanasan. Anda bisa bertanya kepada peternak yang sudah terbiasa menggunakan brooder tersebut bagaimana cara mengatur suhu yang benar. Lihatlah dari perilaku DOC tersebut jika bergerombol di bawah brooder tandanya suhu belum cukup hangat namun jika DOC tersebut menjauh dari brooder tandanya suhu terlalu panas.

Baca juga : Ternak Ayam Kampung Yang Berkualitas dan Sehat

Meski Anda membeli DOC ayam yang berkualitas namun jika tidak tahu bagaimana cara pemeliharaanya dengan baik dan benar bisa mengakibatkan  DOC menjadi  kurang berkualitas. Perawatan yang baik bisa dilakukan dengan memberikan pakan yang bernutrisi, pemberian vaksin, vitamin dan pembuatan kandang ayam DOC yang ideal.

One Comment

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *