Pentingnya Memberikan Pakan Ayam Broiler Yang Berkualitas

Pakan Ayam Broiler

Pakan Ayam Broiler
Pakan Ayam Broiler

Para peternak ayam tentu sudah mengetahui bahwa pakan ayam broiler memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil panen. Memberikan pakan yang berkualitas merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam beternak ayam broiler. Selain memberikan pakan yang berkualitas, peternak juga perlu mengetahui pakan apa yang sesuai dengan usia dan kebutuhan ternaknya.

Sama halnya dengan ternak lainnya, ayam potong atau ayam broiler memerlukan pakan yang berkualitas untuk meningkatkan pertumbuhan berat badan serta daya tahan tubuhnya. Selain berkualitas, kuantitas pakan ayam broiler juga memberikan andil yang cukup besar dalam pertumbuhan ternak. Bagi semua makhluk hidup, pakan memiliki peranan yang sangat penting dalam sumber energi untuk pemeliharaan tubuh, pertumbuhan, dan perkembangbiakan.

Dalam usaha peternakan ayam broiler, dapat dikatakan bahwa porsi terbesar biaya ditempati oleh pakan ayam broiler yang dapat mencapai 70% dari keseluruhan biaya. Meskipun memiliki porsi yang besar dalam biaya keseluruhan, pemberian pakan yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap hasil panen. Hal inilah yang membuat peternak selalu mengusahakan untuk memberikan pakan ayam broiler yang terbaik untuk ternak ayam yang dipelihara.

Pakan yang diberikan pada ayam broiler merupakan pakan ternak dengan rasio yang lengkap. Pakan ayam broiler pada umumnya diberikan dalam bentuk crumble untuk fase starter dan pellet untuk periode pertumbuhan (grower). Pakan ayam broiler yang diberikan sebaiknya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga pertambahan berat badan perhari (Average Daily Gain/ ADG) tinggi.  Apabila peternak memilih untuk memberikan pakan ayam broiler buatan pabrik, peternak harus memastikan secara teliti bahwa pabrik pembuat pakan ayam broiler tersebut benar-benar memberikan pakan ayam yang berkualitas. Hal ini disebabkan karena kualitas pakan yang diberikan kepada ternak dapat menentukan kualitas ternak itu sendiri.

Baca Juga : Cara Membedakan Daging Ternak Ayam Broiler Terbaik

Pemberian pakan ayam broiler yang sesuai dengan kebutuhan akan lebih efektif dan efisien sehingga menghasilkan ayam broiler yang berkualitas. Ayam broiler dapat dikatan sehat dan berkualitas apabila memiliki kondisi sebagai berikut:

–┬á┬á┬á gerakan ayam termasuk lincah dan aktif

–┬á┬á┬á memiliki nafsu makan dan minum yang baik

–┬á┬á┬á mata dan muka ayam cerah (tidak terlihat mengantuk)

–┬á┬á┬á sayap tidak jatuh dan posisi kepala terangkat dengan baik

–┬á┬á┬á memiliki bulu cerah berminyak, tidak kusam, dan tidak berdiri

–┬á┬á┬á ayam dapat berdiri dengan tegak, memiliki kaki yang kokoh, serta bentuk tubuh yang proporsional

–┬á┬á┬á berat badan sesuai dengan standar atau usia

Ayam yang sehat ini akan menghasilkan daging potong yang sehat dan berkualitas untuk dapat dikonsumsi masyarakat. Daging potong yang sehat, segar, dan berkualitas akan memberikan kebutuhan gizi masyarakat. Beberapa manfaat yang didapat dari mengonsumsi daging ayam yang sehat antara lain sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun, menjaga keseimbangan kolesterol, memperkuat tulang dan menambah massa otot, meningkatkan nafsu makan, menghilangkan stress, meningkatkan metabolisme tubuh, dan masih banyak lagi. Manfaat daging ayam sehat ini dapat diperoleh dengan dukungan dari faktor selama dalam masa peternakan yaitu dalam segi pakan.

Baca Juga : Sumber Protein Tubuh Didapat dari Hasil Panen Peternakan Ayam Broiler

Apabila peternak dapat menghasilkan daging potong atau broiler yang sehat, hal ini dapat memberikan efek baik yaitu kepercayaan konsumen terhadap kualitas daging ayam yang dikonsumsi. Dengan kepercayaan tersebut bukan hal yang mustahil apabila permintaan akan pasokan daging ayam semakin meningkat di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.