Sumber Protein Tubuh Didapat dari Hasil Panen Peternakan Ayam Broiler

Peternakan Ayam Broiler

peternakan ayam broiler
peternakan ayam broiler

Peternakan ayam broiler dapat dibilang penyumbang kebutuhan protein bagi manusia karena dapat menghasilkan ratusan hingga ribuan daging putih yang merupakan ayam potong setiap harinya. Ayam merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh dan cenderung mudah didapat dan mudah untuk diolah. Mengapa daging ayam menjadi salah satu protein yang baik bagi tubuh?

Protein merupakan salah satu kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh. Mengapa tubuh kita memerlukan protein? Protein merupakan zat pembangun dan pendorong metabolisme pada tubuh manusia. Atas dasar inilah manusia memerlukan protein yang tidak bisa diproduksi sendiri dari tubuh. Kebutuhan protein ini dapat dipenuhi dengan mengonsumi makanan yang mengandung protein seperti protein hewani atau nabati.

Protein nabati bisa diperoleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang almond, kacang hijau, kacang merah, dan masih banyak lagi. Sedangkan protein hewani dapat diperoleh melalui daging-dagingan seperti daging merah dan putih. Daging merah didapat dari sapi atau kambing, sedangkan daging putih merupakan sumber protein yang dapat diperoleh dari hasil peternakan ayam broiler.

Mendukung Metabolisme

Proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh manusia membutuhkan dukungan yang cukup kuat dari protein. Metabolisme yang baik akan membentuk tubuh yang sehat karena semua proses pencernaan, penyerapan nutrisi, pengolahan berbagai macam zat yang masuk ke dalam organ tubuh lainnya dapat dilakukan dan disalurkan dengan baik dan sempurna.

Membangun dan Memperbaiki Otot

Daging ayam yang dihasilkan oleh peternakan ayam broiler penting untuk tubuh karena dapat membangun otot tubuh manusia menjadi lebih kuat. Tak hanya membangun otot tubuh, protein juga merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh karena dapat memperbaiki otot yang rusak.

Baca juga : Memilih Ayam Segar Hasil Budidaya Ayam Broiler untuk Dikonsumsi

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Protein dari daging hasil peternakan ayam broiler dapat memberikan manfaat lain bagi tubuh yaitu untuk menjaga kesehatan tulang. Sebuah penelitian di Jepang menyebutkan bahwa manula di Jepang yang mengonsumsi lebih banyak protein dinyatakan memiliki tulang yang lebih padat dan kuat serta lebih sehat dibandingkan mereka yang kurang mengonsumsi protein.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh atau kekebalan imun seseorang dapat ditingkatkan dengan banyak mengonsumsi protein. Sistem imunitas tubuh ini didapatkan dengan dukungan dari berbagai jenis organ tubuh yang sehat, yaitu tubuh yang mampu melindungi dari serangan kuman, bakteri, dan parasit. Tak hanya sistem kekebalan imun, protein yang didapat dari daging hasil peternakan ayam broiler juga dapat membantu meningkatkan kemampuan sistem saraf.

Beberapa poin di atas adalah manfaat protein bagi tubuh yang bisa didapat dari daging hasil peternakan ayam broiler. Lantas, apa jadinya jika seseorang kekurangan protein? Tanpa kita sadari, tubuh bisa kekurangan protein. Kadang, kita banyak mengonsumsi makanan yang tidak seimbang sehingga menyebabkan tubuh mengalami kekurangan protein. Seseorang kekurangan protein, pada umumnya akan lebih mudah terserang penyakit dan tubuh menjadi kurang nyaman digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Tanda-tanda seseorang kekurangan asupan protein dapat dilihat apabila keinginan untuk mengonsumsi makanan manis bertambah, menjadi lebih kurang fokus, kerontokan pada rambut, tubuh mudah terasa lemas, dan masih banyak lagi. Untuk dapat menghindari terjadinya kekurangan protein dalam tubuh, seseorang bisa mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti daging hasil peternakan ayam broiler sebagai contohnya.

Baca Juga : Cara Membedakan Daging Ternak Ayam Broiler Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *