6 Cara Memilih DOC Ayam Berkualitas Tinggi

DOC Ayam Berkualitas

DOC Ayam memerlukan perhatian khusus. Berhasil atau tidaknya peternakan yang digeluti tergantung dengan kemampuan dalam merawat DOC tersebut. Produktif atau tidaknya peternakan tergantung dengan keberhasilan dalam merawat DOC tersebut. Jika gagal dalam perawatan DOC akan membuat peternak merugi. Merawat DOC tidak mudah sehingga diperlukan perawatan yang benar. Selain memperhatikan cara perawatannya, harus bisa memilih DOC yang berkualitas. Semakin berkualitas DOC yang dipilih akan bermanfaat bagi peternakan. DOC tersebut akan memiliki mental dan kekebalan tubuh yang lebih baik. Selain itu DOC yang berkualitas tersebut juga mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga tidak mudah terkena stress. Oleh sebab itu bagi pemula atau peternak yang ingin membeli DOC, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih yang berkualitas.

Baca juga : 7 Cara Merawat DOC ayam broiler Paling Tepat

Cara Memilih DOC Ayam

DOC yang berkualitas tidak lahir begitu saja, namun dihasilkan dari cara yang berkualitas pula. Oleh sebab itu harga DOC yang berkualitas lebih mahal dibandingkan yang biasa. Khusus pemula disarankan untuk membeli DOC terlebih dahulu, barulah setelah peternakan sudah berkembang bisa membudidayakannya sendiri. Berikut ini adalah cara memilih DOC ayam yang berkualitas:

Beli dari Peternakan Terpercaya

Peternakan yang skalanya sudah besar tidak akan menjual ayam saja namun juga menjual DOCnya. DOC yang dihasilkan dari peternakan yang skalanya sudah besar tersebut banyak yang berkualitas sehingga menjadi tujuan pembelian DOC bagi peternak pemula atau yang skalanya masih kecil. Anda bisa meminta rekomendasi dari teman yang menggeluti bisnis yang sama. Oleh sebab itu sangat disarankan sekali bagi Anda untuk bergabung dengan komunitas peternak sehingga bisa sharing ilmu dan berbagai macam informasi. Semakin banyak informasi justru semakin bagus untuk Anda.

Berat Badan

DOC yang berkualitas juga harus memiliki berat badan yang normal. Berat badan tersebut tidak boleh kurang dari 35 gram. Bahkan DOC dengan kualitas super berat badannya bisa mencapai lebih dari 35 gram. Oleh sebab itu Anda bisa minta kepada penjual DOC tersebut untuk menimbangnya terlebih dahulu.

Mata yang Cerah

DOC yang berkualitas akan memiliki mata yang cerah dan juga jernih. Sehingga jika ada DOC yang matanya buram dan mengeluarkan air mata terus-terusan sebaiknya jangan dipilih sebab DOC tersebut sudah terkena infeksi. Biasanya peternakan akan menjual DOC dengan sistem box. Cek DOC yang ada di dalam Box satu per satu untuk mengetahui adakah yang kondisinya tidak sehat dan tidak sesuai dengan harapan.

Baca juga : 5 Cara Ternak Ayam Birma yang Baik dan Benar

Sehat dan Tidak Cacat

Cara memilih DOC yang berkualitas adalah yang sehat dan tidak cacat. Cacat bawaan akan membuat hasil peternakan menjadi tidak berkualitas. Hal itu dikarenakan ayam akan menjadi kurang produktif dalam menghasilkan daging atau telur. Ciri ayam yang cacat adalah sayapnya tidak simetris seperti terjuntai ke bawah, badan tidak kokoh, kaki tidak mampu menopang tubuh, berjalan dengan pincang, mata tidak sempurna dan lain sebagainya.

Suara Nyaring

Ciri DOC ayam yang berkualitas adalah yang memiliki suara nyaring. Dengarkanlah suaranya jika ada yang kurang nyaring atau tidak bisa bersuara sama sekali sebaiknya jangan dipilih.

Lincah dan Gesit

DOC yang berkualitas akan lincah dan juga gesit. Dia bisa bergerak bebas ke sana kemari sedangkan yang tidak berkualitas akan merasa lemas dan lesu. Anda juga harus melihat fisik dari DOC tersebut, yang berkualitas memiliki kulit putih dan kekuningan, paruh atau kaki warnanya kuning cerah selain itu bulunya mengkilap.

Semakin berkualitas DOC tersebut maka harganya semakin mahal. DOC ini terbagi menjadi beberapa grade dan harganya pun bervariasi, sehingga disarankan untuk memilih DOC ayam yang berkualitas namun sesuai dengan budget Anda.

Baca juga : 4 Cara Budidaya Ayam Broiler Khusus Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *