5 Cara Ternak Ayam Birma yang Baik dan Benar

Ternak Ayam Birma

Image by : blogayambangkok

Ternak ayam bisa menjadi bisnis yang potensial. Di saat permintaan daging ayam meningkat seperti saat ini peluang bisnis peternakan ayam sangat menjanjikan. Untuk acara tertentu peluang bisnis ayam ini akan memberikan keuntungan dua kali lipat. Oleh sebab itu bagi yang menginginkan penghasilan tambahan bisa melirik bisnis ini. Setiap ayam memiliki teknik perawatan yang berbeda seperti ayam kampung perawatannya berbeda dengan ayam petelur dan lain sebagainya.

Yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana cara merawat ayam birma. Tentu bagi pecinta ayam sudah tidak asing lagi dengan ayam ini. Ayam birma bukan untuk dikonsumsi namun dipelihara untuk bertarung. Badan ayam yang kokoh dan kuat menjadikan ayam ini sangat hebat ketika ditandingkan. Berikut ini adalah cara ternak ayam birma agar kuat berikut ini:

Baca juga : 6 Cara Ternak Ayam Potong agar Mendapatkan Hasil Maximal

Indukan Jantan yang Berkualitas

Selama ini ayam yang sering ditarungkan dan sering menang adalah indukan yang tepat. Agar ayam birma menjadi hebat indukannya pun harus hebat. Pilihlah indukan ayam jantan yang berkualitas agar bisa menghasilkan telur yang berkualitas. Jika Anda menginginkan bibitnya bisa memilih di peternakan ayam birma yang berkualitas. Di peternakan ayam tersebut Anda harus memilih bibit ayam yang sehat dan juga berkualitas. Pilih bibit ayam yang kokoh dan tidak ada kecacatan di dalam fisik ayam tersebut.

Indukan Betina yang Berkualitas

Bisnis peternakan ayam akan sukses jika Anda tepat dalam memilih indukannya. Jika pejantannya tangguh dan selalu menang saat bertarung, bagaimana dengan indukan betina yang berkualitas?. Untuk memilihnya bisa dilihat dari fisiknya. Fisik ayam tersebut kokoh, tidak cacat dan cekatan ketika bergerak. Ciri fisik lainnya adalah ayam tersebut memiliki bulu yang tebal terutama di bagian sayapnya.

Setelah itu lihatlah jari kakinya. Indukan berkualitas memiliki jari yang lebih panjang. Jari kaki tersebut membuat indukan ayam betina bisa berdiri dengan kokoh dengan sorot mata yang tajam. Ciri fisik khusus yang harus Anda ketahui dari ayam birma jantan maupun betina adalah memiliki titik putih di dekat telinganya. Titik putih tersebut berguna untuk membedakan ayam birma dengan ayam lainnya.

Jaga Kebersihan Kandang

Kandang adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan ketika ternak ayam birma ini. Meski ayam ini tidak untuk dikonsumsi kebersihan kandang harus selalu Anda perhatikan.  Kandang yang terjaga kebersihannya akan terbebas dari virus dan bakteri yang bisa menyebabkan ayam menjadi sakit. Ayam yang kuat adalah ayam yang sehat, sehingga jangan harap ayam akan menjadi kuat jika kesehatannya tidak diperhatikan dengan baik.

Menjaga Asupan Makanan

Ayam yang sehat didukung dari pemberian makanan yang bergizi. Oleh sebab itu perhatikan gizi ayam tersebut jangan hanya asal kenyang saja. Untuk bisa mendapatkan ayam yang sehat berikanlah gizi yang seimbang seperti energi, protein, lemak, air dan lain sebagainya. Jika Anda hanya ingin menjadikan ayam birma sebagal koleksi tidak perlu di vaksin, namun jika ayam digunakan sebagai aduan maka perlu untuk dilakukan vaksin.

Umbaran Area

Agar semakin lincah jangan biarkan ayam berada di dalam kandang terus menerus, oleh sebab itu dibutuhkan area umbaran yang bisa membuat ayam lebih lincah dan gesit. Area umbaran tersebut sebaiknya juga terpapar dengan sinar matahari terutama saat pagi hari sehingga tulang ayam akan menjadi lebih kuat karena selalu mendapatkan vitamin D.

Baca juga : 4 Cara Ternak Ayam Bangkok Khusus Pemula

Demikianlah cara ternak ayam birma yang baik dan benar, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *