4 Cara Ternak Ayam Bangkok Khusus Pemula

Ternak Ayam Bangkok
Ternak Ayam Bangkok

Ternak Ayam bisa menjadi pilihan bisnis yang menggiurkan. Saat ini banyak pebisnis yang sukses dengan usaha peternakan ayam yang digelutinya. Ayam yang diternakkan pun macam-macam, ada ayam petelur, broiler, layer, ayam kampung dan juga ayam bangkok. Untuk bisa menghasilkan ayam yang berkualitas dibutuhkan teknik dan cara yang tepat. Pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana cara beternak ayam bangkok yang baik dan benar. Mengapa ayam bangkok?, hal itu dikarenakan ayam ini sangat populer, tubuhnya yang kekar dan perkasa sering dicari oleh orang yang hobi mengoleksi ayam. Bagi masyarakat tertentu ayam bangkok ini juga bisa digunakan sebagai ayam petarung.  Agar bisnis ternak ayam bangkok berjalan dengan lancar, simak caranya yang benar berikut ini:

Baca juga :  Ternak Ayam Kampung Yang Berkualitas dan Sehat

Bibit Unggul

Cara yang pertama adalah dengan memilih bibit yang unggul. Tidak hanya khusus ayam bangkok saja namun ayam yang lainnya pun memerlukan bibit yang unggul. Bibit unggul ini berguna untuk menghasilkan ayam bangkok yang berkualitas bagus pula. Untuk bisa mendapatkan bibit ayam bangkok yang berkualitas bisa dengan cara melihat ciri fisiknya. Bibit yang berkualitas kepalanya mirip dengan buah pinang, sedangkan bibit yang sehat untuk betina adalah kepalanya mirip dengan ular. Selain itu bibit yang sehat memiliki sayap yang bagus, dapat berdiri dengan kokoh, dan mata yang jernih. Jika Anda ingin memiliki ayam bangkok untuk ditarungkan, pilihlah bibit ayam bangkok dari petarung yang unggul dan juga betina yang juara.

Kandang yang Bersih

Kandang menjadi faktor keberhasilan ternak ayam bangkok yang harus Anda perhatikan.  Hal itu dikarenakan kandang ayam yang tidak terawat menjadi sarang kuman dan bakteri sehingga membahayakan bagi kesehatan ayam-ayam Anda. Yang tidak boleh Anda lupakan adalah untuk selalu menjaga kebersihan kandang, wadah untuk makan dan minum, serta teknik pembuatan kandang yang tepat. Kandang ayam harus disesuaikan dengan karakteristik ayam tersebut.

Misalnya saja adalah kandang ayam bangkok yang tepat adalah yang memiliki petakan dimana setiap petakan disediakan tempat untuk bertengger. Ayam bangkok suka sekali bertengger sehingga tanpa tenggeran ayam akan mudah sekali stress. Selain itu buatlah kandang yang tinggi dikarenakan ayam bangkok memiliki postur yang tinggi jika terlalu pendek akan membuatnya susah bergerak.

Baca juga : 4 Tips Manajemen Kandang Ayam Broiler yang Tepat

Pemilihan Pakan

Cara untuk ternak ayam bangkok selanjutnya adalah pemilihan pakannya. Agar berhasil dalam menggeluti bisnis peternakan ayam tentu saja tidak boleh memberikan makanan yang asal. Anda harus memperhatikan makanan yang dimakan oleh ayam bangkok tersebut. Makanan yang tepat untuk ayam bangkok adalah beras merah. Nantinya jumlah pakan yang diberikan harus disesuaikan dengan umur ayam dan frekuensinya juga harus disesuaikan dengan umurnya.

Jemur Ayam

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan. Hal itu dikarenakan mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya manusia saja yang bisa merasakan manfaat dari sinar matahari itu, tapi ayam kampung dan bangkok pun akan memiliki kesehatan yang bagus jika sering dijemur saat pagi hari. Anda bisa mengeluarkan ayam bangkok Anda dari kandang mulai jam 6 pagi sampai dengan 8 pagi. Untuk lama penjemurannya maksimal 30 menit. Jangan lebih dari jam 8 pagi karena sinar matahari setelah itu justru tidak bagus untuk kesehatan ayam bangkok.

Baca juga : Kualitas Telur Ayam Semakin Baik dari Tahun ke Tahun

Ayam yang berasal dari Thailand ini dari waktu ke waktu semakin diminati dan dicari masyarakat. Dibandingkan dengan jenis ayam kampung lainnya, ayam bangkok memiliki kualitas yang lebih unggul. Jika Anda sedang melirik bisnis ternak ayam bangkok, lakukanlah beberapa cara yang telah disebutkan diatas agar bisnis Anda berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *