Kualitas Telur Ayam Semakin Baik dari Tahun ke Tahun

Tahukah Anda? Kualitas telur ayam yang dihasilkan oleh ternak ayam petelur pada saat ini jauh lebih baik dan lebih sehat dibandingkan dengan kualitas produksi telur sekitar 30 (tiga puluh) tahun yang lalu. Perubahan kualitas yang semakin membaik ini disebabkan oleh faktor kualitas pakan ayam yang diberikan di ternak ayam petelur yang semakin baik dari tahun ke tahun. Adanya perubahan kualitas pakan ternak ayam petelur inilah yang menjadikan produksi telur ayam semakin baik dari sisi kualitas maupun dari sisi kuantitas.

Dalam hal nutrisi, telur merupakan bahan makanan yang sulit untuk ditandingi oleh bahan makanan yang lain. Inilah mengapa telur dikategorikan sebagai superfood atau makanan super karena dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh sebagai sumber protein tinggi dan dapat meningkatkan fungsi otak. Dengan semakin baiknya kualitas produksi ternak ayam petelur saat ini diharapkan akan memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian dilakukan terhadap kualitas produksi ternak ayam petelur dan hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kualitas pakan telur merupakan salah satu penyebab adanya perubahan kualitas telur. Ternak ayam petelur yang diberikan pakan dengan kualitas baik dan unggul akan menghasilkan telur dengan kualitas tinggi yang rendah lemak dan kolesterol jenuh. Hal ini disebabkan karena pakan ternak ayam petelur yang berkualitas yang ada saat ini dapat membantu ayam petelur menyerap vitamin D dan nutrisi penting lainnya lebih cepat.

Baca juga : Hasil Ternak Ayam yang Sehat & Layak untuk Dikonsumsi

Kualitas produksi ternak ayam petelur pada tahun 1980-an dapat dikatakan tidak lebih baik dari kualitas telur saat ini karena pada umumnya peternak hanya memberikan ternak mereka dengan pakan yang terbuat dari campuran dedak dan gandum. Berbeda dengan ternak ayam petelur saat ini yang pakan ternaknya memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi sehingga kualitas telur yang dihasilkan pun semakin baik dan sehat untuk dikonsumsi. Kebutuhan akan pakan ternak ayam petelur ini juga semakin lebih mudah didapatkan dengan tersedianya pakan ternak hasil industri yang selalu menjaga kualitas produksi pakan mereka.

Baca juga : http://www.thehappychickencoop.com/10-breeds-of-chicken-that-will-lay-lots-of-eggs-for-you/

Penelitian di Inggris menemukan bahwa kandungan lemak jenuh yang terdapat di telur ayam saat ini rata-rata memiliki hampir 25 persen yang lebih sedikit dibandingkan dengan kualitas ternak ayam petelur yang dijual pada tahun 1980-an. Lemak jenuh yang ada dalam telur ayam ini memiliki kaitan erat dengan kesehatan jantung manusia. Tak hanya dinyatakan memiliki kandungan rendah lemak jenuh, kandungan nutrisi yang ada dalam telur saat ini lebih baik dengan adanya kandungan vitamin D yang lebih banyak serta rendahnya kandungan lemak, kolesterol, dan kalori. Kolesterol dalam jumlah besar dapat mengganggu fungsi organ karena dapat menyumbat arteri. Eratnya kaitan dengan kesehatan manusia inilah yang mendasari perubahan kualitas pakan ternak ayam petelur.

Produsen pakan ternak ayam petelur semakin berinvoasi dari tahun ke tahun untuk terus meningkatkan kualitas pakan ternak yang mereka hasilkan. Dengan mencampurkan berbagai macam vitamin dan nutrisi penting lainnya dalam pakan ternak ayam petelur diharapkan dapat memberikan hasil telur yang lebih sehat, bergizi, dan bernutri tinggi serta menghasilkan telur dengan kuantitas yang baik juga.

Baca juga : Ternak Ayam Kampung Yang Berkualitas dan Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *