Hasil Ternak Ayam yang Sehat & Layak untuk Dikonsumsi

Hasil Ternak Ayam

Dengan semakin berkembangnya ilmu dan teknologi, masyarakat kini mulai menyadari tentang pentingnya kesehatan. Memiliki tubuh yang sehat adalah idaman banyak orang dan salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan sehat. Sumber makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi ini salah salah satunya didapatkan dari hasil ternak ayam.

Ternak ayam menghasilkan lebih dari ratusan bahkan ribuan ayam potong yang sehat dengan kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein serta nutrisi baik lainnya yang ada dalam ayam ini dibutuhkan oleh tubuh. Masyarakat memilih mengonsumsi daging ayam karena harganya relatif terjangkau dan mudah untuk didapatkan.

Meskipun ayam hasil ternak ayam merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, masyarakat harus lebih berhati-hati dalam memilih daging yang layak untuk dikonsumsi. Daging potong hasil ternak ayam yang sehat dan layak untuk dikonsumsi adalah ayam yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Memiliki Warna Kulit dan Daging yang Segar

Ternak ayam yang baik akan menghasilkan daging potong dengan warna putih kekuningan yang cerah dan tidak pucat. Selain itu, kulit ayam juga memiliki putih kekuningan yang cerah, mengkilat, dan bersih.

Baca juga : Pengaruh Cara Ternak Ayam Potong terhadap Kualitas

Memiliki Aroma Segar

Ternak ayam yang menghasilkan ayam yang sehat saat sudah dipotong, dagingnya memiliki aroma yang segar dengan tidak memiliki bau yang menyengat dan busuk. Perhatikan pula bahwa ada hasil ternak ayam yang memiliki aroma seperti obat. Daging ayam ini lebih baik tidak dipilih daripada menimbulkan penyakit di kemudian hari.

Memiliki Tampilan Daging Yang Baik

Hasil ternak ayam yang sehat dan layak untuk dikonsumsi tidak akan memiliki kulit dengan bercak-bercak merah yang lama kelamaan berubah menjadi kebiruan. Hasil ternak ayam kampung atau broiler yang segar dan baik untuk dikonsumsi akan memiliki tampilan warna kulit yang putih mengkilat tanpa memar.

Terdapat Lalat di Sekitar Daging Potong

Meskipun terlihat menjijikkan, tetapi lalat merupakan indikator baik menentukan hasil ternak ayam yang dijual di pasaran termasuk layak untuk dikonsumsi atau tidak. Apabila lalat enggan hinggap di daging ayam yang dijual di pasaran, Anda perlu mewaspadai hal tersebut karena bisa saja daging ayam yang dijual tersebut tidak segar dan mengandung bahan pengawet atau formalin yang dapat membahayakan kesehatan.

Masyarakat perlu mewaspadai beredarnya daging busuk atau daging berformalin yang ada di pasaran karena apabila sampai dikonsumsi hal itu bisa menimbulkan penyakit. Untuk itu, selalu perhatikan ciri-ciri hasil ternak ayam yang baik dan layak untuk dikonsumsi agar dapat tehindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Baca juga : Peluang Bisnis Ternak Ayam Yang Menguntungkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *