5 Sifat Ayam Broiler yang Penting Untuk Anda Perhatikan

Sifat Ayam Broiler
Sifat Ayam Broiler

Ayam Broiler disebut juga dengan ayam pedaging. Sama dengan namanya, ayam pedaging itu dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Ayam pedaging ini dihasilkan dari perkawinan silang dari ayam yang memiliki tingkat produktivitas yang tinggi terutama dalam produksi daging ayam. Dari segi mutu ayam pedaging ini memiliki mutu genetik yang baik sehingga akan tetap terjaga mutunya jika lingkungan ayam tersebut baik. Yang mendukung tumbuh dan kembang ayam pedaging jenis broiler ini juga dipengaruhi dengan perawatan kesehatan dan juga pencegahan terhadap berbagai macam penyakit.

Khusus pebisnis pemula, bisa membudidayakan ayam jenis ini dikarenakan ekonomis dan pertambahan dagingnya lebih cepat dibandingkan dengan jenis ayam pedaging yang lainnya. Sebelum berbisnis ayam jenis ini penting bagi Anda untuk mengetahui sifat ayam broiler tersebut.

Baca juga : Apakah Perbedaan Daging Ayam Kampung & Daging Ayam Broiler?

Sifat Ayam Broiler

Mengapa penting untuk mengetahui sifat ayam ini?, hal itu dikarenakan sebelum Anda memelihara ternak maupun hewan peliharaan Anda harus memahami sifatnya. Dengan memahami sifat ayam tersebut Anda bisa memeliharanya dengan baik dan tercipta hubungan yang baik antara Anda dan ayam. Berikut ini adalah sifat dari ayam pedaging jenis broiler yang penting untuk Anda ketahui:

Memiliki Daging Empuk

Dibandingkan dengan ayam pedaging jenis lainnya, ayam ini memiliki daging yang empuk sehingga proses pematangannya lebih sebentar dibandingkan dengan ayam lainnya. Tekstur dari daging ayam jenis broiler adalah kulit dagingnya licin dan dagingnya empuk. Istimewanya adalah tulang rawan pada bagian dada belum belum terbentuk dengan keras sehingga akan  lebih kriuk dan lembut saat dimakan.

Mudah Bertambah Berat

Keuntungan ternak ayam broiler adalah ayam tersebut akan mudah bertambah dengan besar sehingga dagingnya bisa bertambah dengan cepat. Dalam waktu 5 minggu saja ayam ini bisa memiliki berat hampir 2 kilogram sehingga masa panen ayam ini tidak lama. Masa panen paling cepat adalah 4 minggu sehingga jika dalam waktu tersebut ayam sudah memiliki berat yang sesuai maka bisa dipanen dalam waktu 4 minggu saja.

Baca juga : Manfaat Mengonsumsi Daging Hasil Budidaya Ayam Broiler

Berkembang dengan Pesat

Sifat yang mengagumkan selanjutnya adalah ayam jenis broiler mudah sekali berkembang dengan pesat. Maksudnya di sini adalah badan ayam tersebut mudah besar, dadanya juga lebar, tubuhnya lebih padat dan berisi.  Dibandingkan dengan ayam pedaging jenis buras ayam ini bisa memiliki perkembangan tubuh yang lebih pesat.

Memproses Makanan dengan Cepat

Sifat ayam jenis broiler selanjutnya adalah ayam ini bisa mengubah makanan dengan cepat. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuhnya bisa diubah menjadi daging dengan cepat. Bisa dikatakan tubuh ayam jenis ini memiliki efisiensi terhadap makanan sangat tinggi. Setiap ayam pedaging memiliki tingkat efisiensi makanan masing-masing, ada yang rendah, sedang dan tinggi. Karena memiliki efisiensi yang tinggi sehingga tidak mengherankan jika bobot dan tubuh ayam ini bisa bertambah besar dalam waktu yang singkat.

Mudah Terkena Infeksi

Sifat dari ayam broiler yang harus Anda waspadai adalah mudah sekali terkena infeksi. Meski memiliki pertumbuhan yang pesat Anda harus mewaspadai berbagai macam infeksi yang bisa saja membuat tumbuh kembang ayam tersebut menjadi lambat. Selain infeksi, ayam ini juga lebih mudah terkena penyakit oleh sebab itu memberikan vaksinasi yang lengkap sangat disarankan untuk membuat ayam ini sehat dan kebal dari berbagai macam penyakit.

Baca juga :Pentingnya Memberikan Pakan Ayam Broiler Yang Berkualitas

Setiap ayam yang dibudidayakan memang memiliki sifat dan karakteristiknya masing-masing. Sehingga agar ternak ayam broiler yang Anda lakukan ini berhasil, pahami sifat dan karakteristiknya terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *