6 Cara Ternak Ayam Potong agar Mendapatkan Hasil Maximal

Cara Ternak Ayam Potong
Cara Ternak Ayam Potong

Berbisnis ayam potong adalah salah satu bisnis yang menjanjikan.  Hal itu dikarenakan ayam potong ini memiliki permintaan yang meningkat. Kandungan gizinya yang banyak dan dibutuhkan oleh tubuh sehingga membuat banyak masyarakat yang mengonsumsinya. Di saat tertentu permintaan ayam potong akan terus meningkat sebanyak 100% misalnya di saat Ramadhan, Idul Fitri dan di bulan baik untuk menikah. Saat bulan baik tersebut banyak masyarakat yang membutuhkan daging ayam untuk memberikan punjungan makanan atau makanan catering untuk tamu. Oleh sebab itu tidak ada salahnya Anda berbisnis ayam potong ini karena peluangnya sangat besar. Agar sukses dalam berbisnis ayam potong, simak cara ternak ayam potong berikut ini:

Baca juga :  4 Risiko Ternak Ayam Petelur yang Patut Diwaspadai

Kandang yang Ideal

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ternak ayam potong adalah Anda harus menciptakan kandang yang ideal. Kandang yang ideal antara ayam satu dengan yang lainnya ini berbeda. Untuk kandang ayam potong ini yang ideal adalah jauh dari pemukiman penduduk. Hal itu dikarenakan kandang ayam potong akan menghasilkan bau yang kurang sedap. Selain itu buatlah kandang yang efektif dimana ayam mudah menjangkau makanan dan minumannya dengan mudah.

Sirkulasi Udara yang Baik

Selain memperhatikan letak dan bentuk kandang yang ideal, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat sirkulasi udara di dalam kandang menjadi lebih bagus. Yang harus Anda lakukan di sini adalah jangan membuat kandang menjadi pengap sebab jika hal itu Anda lakukan maka ayam petelur akan menjadi menurun nafsu makannya karena sirkulasi udara yang kurang bagus. Tidak hanya sampai di situ saja, namun sebaiknya suhu udara di dalam kandang pun harus terjaga dengan baik terutama malam hari. Buatlah kandang  memiliki suhu hangat di malam hari.

Bibit

Cara ternak ayam potong selanjutnya adalah pilihlah bibit yang berkualitas baik. Bibit tersebut harus sehat agar memiliki kekebalan tubuh yang bagus. Pembelian bibit pun harus Anda sesuaikan dengan luas kandang yang dibangun. Jika bibit yang Anda beli terlalu banyak nantinya kandang akan terasa penuh sesak sehingga pasokan oksigen menjadi sedikit. Hal tersebut membuat kandang menjadi pengap dan tidak bagus untuk kesehatan ayam.

Baca juga : 4 Cara Ternak Ayam Bangkok Khusus Pemula

Pemberian Pakan

Salah satu cara ternak ayam potong yang harus Anda perhatikan adalah pemberian pakannya. Pakan yang harus diberikan ke ayam haruslah yang kaya akan nutrisi tujuannya agar ayam tersebut mampu tumbuh dan berkembang dengan baik. Pemberian pakan bisa setiap pagi sampai dengan sore hari, selain itu usahakan untuk tempat minuman tersebut selalu terisi dengan air hal itu dikarenakan ayam potong suka lebih banyak minum air. Berikanlah pakan ayam potong yang disesuaikan dengan umur ayam tersebut dimana tahap starter berbeda dengan yang finisher.

Vaksinasi

Cara untuk menjaga kebersihan ayam potong Anda adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi ini bisa membuat ayam terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi ayam. Jika ayam mengalami penyakit maka ayam lainnya akan mudah sekali tertular. Begitu pula jika ada ayam yang mati maka ayam lainnya akan rentan sekali untuk mengalami hal serupa. Oleh sebab itu mencegah lebih baik dibandingkan mengobati.

Vitamin

Agar bisa sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang bagus, ayam potong Anda harus diberikan vitamin.  Vitamin ini akan membuat ayam Anda menjadi lebih lincah dan menjadi lebih sehat. Selain di vaksinasi, vitamin ini juga bisa membuat ayam bisa terhindar dari berbagai macam penyakit karena kekebalan tubuh yang bagus.

Baca juga : 5 Sifat Ayam Broiler yang Penting Untuk Anda Perhatikan

Demikianlah beberapa cara ternak ayam potong yang harus diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *