4 Kendala Peternakan Ayam Broiler yang Harus Diperhatikan

Kendala Peternakan Ayam Broiler
Kendala Peternakan Ayam Broiler

Peternakan ayam broiler sangat menguntungkan. Alasannya dikarenakan peternakan tersebut akan menghasilkan daging ayam yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Kebutuhan akan daging ayam semakin meningkat terutama di saat-saat tertentu seperti bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Oleh sebab itu jika Anda ingin melirik bisnis yang menguntungkan, Anda bisa mendirikan peternakan ayam ini. Yang namanya bisnis tidak ada yang mudah, namun Anda harus melalui hambatan dan juga kendala. Bisnis yang maju dan sudah berkembang dengan pesat tentunya pernah menghadapi berbagai macam masalah dan hambatan. Begitu pula dengan bisnis peternakan ayam yang akan Anda bangun nanti. Ada beberapa kendala atau hambatan peternakan ayam broiler yang harus Anda hadapi yaitu berikut ini:

Baca juga : 4 Cara Budidaya Ayam Broiler Agar Menguntungkan

Penyakit Ayam

Ketika Anda mendirikan peternakan ayam broiler akan berhubungan langsung dengan ayam yang Anda pelihara. Setiap ayam yang Anda pelihara tersebut berpotensi untuk mengalami penyakit. Ayam broiler adalah salah satu jenis ayam yang mudah sekali terkena penyakit seperti infeksi sehingga angka kematian ayam ini cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Ayam broiler mudah stress dan nafsu makan menjadi mudah menurun, saat itu ayam akan mudah sekali terkena berbagai macam penyakit dan infeksi. Untuk mengatasi masalah penyakit yang bisa muncul kepada ayam broiler Anda bisa memberikannya vaksin dan juga vitamin ayam secara teratur agar ayam tersebut bisa memiliki kekebalan tubuh yang bagus dan stabil.

Permintaan Pasar Menurun

Kendala dalam peternakan ayam broiler selanjutnya permintaan pasar yang menjadi menurun. Memang selama ini daging ayam menjadi makanan favorit bagi setiap masyarakat terutama bagi anak-anak. Namun hambatan yang bisa terjadi ketika Anda mendirikan ternak ayam broiler ini adalah permintaan pasar yang menurun dikarenakan harga daging ayam yang meningkat dengan tajam. Penyebab harga daging ayam meningkat dikarenakan harga untuk proses produksi yang mahal seperti pakan ayam yang mahal, ayam banyak yang mengalami kematian dan lain sebagainya. Di saat harga daging ayam mahal justru permintaannya akan menjadi menurun.

Baca juga : 7 Cara Ternak Ayam Broiler yang Efektif dan Efisien

Harga Pakan Naik

Di saat-saat tertentu di saat BBM menjadi langka dan mahal, maka hal tersebut akan berdampak ke ayam tersebut. BBM yang mengalami kelangkaan dan harga yang mahal bisa berdampak ke bahan makanan pokok manusia dan makhluk hidup menjadi semakin mahal. Di saat harga pakan menjadi mahal maka daging ayam pun akan menjadi mahal dan meningkat. Anda harus waspada dengan kendala yang satu ini, sebab kapan pun hal ini bisa terjadi menimpa bisnis Anda. Untuk mengatasinya Anda bisa menyimpan stok pakan yang berlebih dibandingkan waktu sebelumnya. Selain menyimpan di saat harga BBM naik, Anda juga perlu mewaspadai iklim yang ekstrem dikarenakan iklim yang ekstrem bisa membuat harga pakan ayam menjadi naik.

Lingkungan Masyarakat

Untuk bisa mendirikan peternakan ayam jenis broiler Anda haris memperhatikan lingkungan masyarakat yang ada di sekitar Anda. Hal itu dikarenakan untuk bisa membuat bisnis Anda menjadi legal harus melibatkan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan peternakan. Jika Anda bermasalah dengan masyarakat yang ada di lingkungan peternakan atau kandang maka risiko untuk mendapatkan izin mereka menjadi nihil. Oleh sebab itu sebelum mendirikan peternakan Anda harus berdiskusi dengan mereka terlebih dahulu. Kebanyakan masyarakat akan keberatan dengan limbah peternakan oleh sebab itu berikanlah solusi mengatasi limbah yang baik dan yakinkan kepada mereka bahwa Anda bisa mengelola limbah dengan baik.

Baca juga :  4 Strategis Bisnis Karkas Ayam Agar Berkembang Pesat

Setiap bisnis ada kendalanya masing-masing, begitu pula dengan peternakan ayam tersebut. Dengan memahami kendala dalam mendirikan peternakan ayam broiler seperti yang disebutkan diatas, diharapkan Anda lebih bersemangat dalam menjalani bisnis ternak ayam Anda tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *