4 Tips Membuat Potongan Karkas Ayam Lebih Mudah

Membuat Potongan Karkas Ayam
Membuat Potongan Karkas Ayam

Ketika Anda berbelanja karkas ayam utuh di pasar tradisional atau supermarket kadang merasa kesulitan ketika akan memotong ayam tersebut. Bagi yang belum terbiasa, memotong karkas ayam ini harus menggunakan tips tertentu. Meski terlihat mudah, Anda harus tahu bagaimana cara memotong karkas ayam dengan baik dan benar agar serat tidak rusak. Memotong ayam sendiri di rumah memiliki kelebihan tersendiri, yang pertama adalah Anda bisa membagi daging ayam tersebut menjadi beberapa bagian misalnya saja dipotong menjadi potongan utuh, lalu sebagian lagi dibuat ayam fillet, sedangkan tulangnya bisa digunakan untuk membuat air rebusan kaldu ayam yang segar dan gurih. Berikut ini adalah tips membuat potongan karkas ayam terpotong dengan mudah dan sempurna:

Baca juga : 4 Strategis Bisnis Karkas Ayam Agar Berkembang Pesat

Menyiapkan Ayam yang Akan Dipotong

Jika Anda membeli karkas ayam di pasar tradisional atau supermarket, keluarkanlah ayam tersebut dari kemasannya. Anda bisa memeriksa fisik ayam mulai dari serat ayam, lemak ayam, dan lain-lainnya. Ayam yang memiliki daging yang kondisinya masih bagus akan memiliki serat yang utuh, warna daging yang kuning dan tidak putih pucat, lemak yang elastis serta bau ayam yang amis. Kondisi daging ayam yang sudah tidak bagus baunya sudah anyir meskipun sudah diberikan pengawet bau ayam tetap tidak bisa disembunyikan. Sebelum di potong cuci ayam dengan air dingin kemudian keringkan ayam menggunakan tisu.

Potong Paha Ayam

Potongan karkas ayam yang pertama adalah paha ayam. Biasanya pedagang ayam akan memotong bagian paha terlebih dahulu baru memotong bagian ayam yang lainnya. Cara memotong paha ayam ini sangat mudah sekali yaitu dengan meletakkan ayam utuh tersebut di atas talenan. Bagian dada ayam biarkan menghadap ke atas setelah itu gunakan tangan kiri untuk memegang karkas ayam tersebut. Tarik berawanan paha ayam dari badannya, hal ini bertujuan untuk mengetahui letak otot penghubung antara kaki dengan tulang punggung, setelah itu Anda bisa memotong bagian tuang rawan yang membuat pinggul dan tulang kaki menjadi bertemu. Saat akan memotong paha ayam ini Anda harus memotong tulang awan sebab bisa menghasilkan potongan yang mulus sehingga tulang yang lainnya tidak akan terpotong. Lakukan cara ini pada bagian paha yang lainnya.

Baca juga : 4 Cara Ternak Ayam Bangkok Khusus Pemula

Memisahkan Paha atas dan Paha Bawah

Untuk bisa membuat potongan karkas ayam menjadi mulus tanpa membuat daging ayam hancur karena salah potong Anda harus tahu tipsnya. Peganglah kedua sisi paha ayam tersebut menggunakan tangan kanan, Anda bisa membengkokkan paha ayam bagian atas ke arah belakang, membengkokkan ke arah yang berlawanan. Pembengkokan ini berguna untuk menemukan bagian sambungan antara paha atas dan juga paha bawah. Untuk bisa memotongnya Anda harus menemukan garis lemaknya kemudian potong di sepanjang garis lemak tersebut.  Ciri garis lemak adalah putih tipis membentang di antara paha atas dengan paha bawah.

Potongan Sayap Ayam

Selain tahu cara memotong paha, Anda harus tahu bagaimana cara memotong sayap ayam. Potongan yang benar akan menghasilkan daging ayam yang utuh dan seratnya masih dalam kondisi bagus. Berbeda dengan yang tidak tahu teknik memotong karkas ayam yang benar membuat seratnya menjadi hancur dan daging terbagi menjadi bagian yang lebih kecil.  Cara memotong sayap yang benar ini adalah dengan menemukan sambungan antara bahu ayam dengan sayap ayam. Agar lebih mudah bisa menggunakan carving knife, dan potonglah tulang rawan yang ada di sambungan tersebut. Ulangi proses tersebut pada sayap ayam yang satunya.

Baca juga : 7 Cara Ternak Ayam Broiler yang Efektif dan Efisien

Demikianlah tips membuat potongan karkas ayam dengan mudah dan benar, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *