4 Sistem Kandang Ayam Broiler yang Membuatnya Lebih Produktif

Sistem Kandang Ayam Broiler

Kandang ayam broiler memegang peranan yang penting dalam peternakan. Jika salah dalam membuat kandang ayam maka hasil peternakan tidak maksimal. Ayam broiler setiap harinya akan menghabiskan waktunya di dalam kandang berbeda dengan ayam kampung yang mana sebagian besar waktunya berada di area umbaran. Ada beberapa aspek yang harus Anda ketahui dalam sistem pembuatan kandang khusus broiler ini dimana jika semua sistem tersebut dipenuhi bisa membuat hasil peternakan menjadi lebih maksimal.

Sistem Kandang yang Ideal

Agar bisa meningkatkan bobot ayam dan produktivitas penting untuk mengetahui seperti apa sistem kandang yang baik dan ideal. Berikut ini adalah sistem kandang ayam broiler yang harus Anda penuhi:

Model Kandang

Dalam sistem kandang ayam broiler Anda akan menemukan berbagai macam model yang berbeda. Namun pada umumnya kandang ayam ini modelnya mirip dengan gudang yaitu kotak persegi dengan atap yang menyamping. Namun temuan baru-baru ini mengatakan jika kandang yang ideal untuk peternakan ayam adalah yang closed house yang mana semua kandang menjadi tertutup. Jika kandang sistemnya masih open house ketika hujan seperti saat ini akan banyak penyakit yang bisa menyerang ayam, sedangkan closed house akan melindungi ayam dari berbagai macam penyakit. Sayangnya ada kerugian yang bisa didapatkan dengan sistem kandang closed house ini yaitu biaya pembuatan kandang yang mahal, listrik yang boros dan membutuhkan generator listrik.

Baca juga : Cara Memilih Jenis Pakan Ayam Broilers yang Tepat

Bahan Pembuatan Kandang

Kandang ayam ini juga harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.  Jangan terlalu memaksakan diri jika memang budgetnya terbatas, Anda bisa membuat bahan untuk membuat kandang ayam yang tidak terlalu menguras kocek. Anda bisa menyerahkan tukang yang sudah ahli dalam pembuatan kandang ini agar bisa mendapatkan bahan yang sesuai dengan budget namun berkualitas tinggi.

Atap

Atap kandang ayam penting untuk diperhatikan. Sama seperti dengan rumah untuk manusia yang mana atapnya tidak boleh menghantarkan panas. Jika atap mampu menghantarkan panas maka ayam akan tidak tahan berada di dalam kandang dikarenakan suhu yang terlalu panas di dalam kandang. Oleh sebab itulah pilihlah kandang yang bisa memberikan rasa aman dimana tidak mudah bocor, atap tahan lama, refleksi panas matahari yang bagus dan lain sebagainya.

Mengatur Tinggi Kandang

Meski terlihat sepele, sistem pembuatan kandang ini memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah tinggi kandang. Anda harus tau jika nantinya ayam tersebut akan bisa tumbuh dan berkembang dengan pesat sehingga kandang yang terlalu pendek akan membuat ayam tidak bebas bergerak. Buatlah kandang yang tingginya melebihi dari badan ayam, sedangkan lebar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan jumlah ayam yang dipelihara.

Pentingnya Kandang Khusus untuk DOC

Ketika merencanakan sistem pembuatan kandang yang baik dan benar, yang tidak boleh Anda lupakan adalah DOC ayam. DOC ini harus mendapatkan perhatian khusus dari Anda yang mana keberhasilan kandang tergantung dengan pemeliharaan DOC ini.  Untuk bisa memelihara DOC ayam dengan baik Anda harus bisa membuat kandang DOC ayam yang sesuai.  Kandang DOC bisa diletakkan di dalam kotak box atau kandang mini dimana tidak banyak angin yang masuk, hangat dan terbebas dari serangan hewan yang lain. Agar hangat Anda tidak boleh melupakan brooder yang bisa membuat tubuh DOC menjadi hangat.

Baca juga : 5 Manajemen Pakan Ayam Broilers Agar Lebih Produktif

Proses tidak akan mengkhianati hasil, sehingga jika Anda sudah melakukan cara beternak ayam DOC yang baik maka hasilnya pun maksimal. Produktivitas ayam ini sangat tergantung dengan pemeliharaannya selama di peternakan baik itu kandang, DOC, pakan dan lain-lain. Oleh sebab itu untuk bisa membuat ayam produktif Anda harus memperhatikan sistem kandang ayam broiler yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *