7 Cara Menghasilkan DOC Ayam Broiler Berkualitas Tinggi

DOC Ayam Broiler Berkualitas Tinggi

DOC Ayam Broiler memiliki perkembangan yang pesat. Minusnya DOC tersebut akan mudah terkena stress yang mana bisa menyebabkan berbagai macam penyakit menjadi muncul. Oleh sebab itu ketahanan tubuh dari DOC tersebut sangat tergantung dengan kualitasnya. Semakin berkualitas DOC maka ketahanannya lebih tinggi. Anda bisa mendapatkan DOC ini dari peternak yang sudah berpengalaman dalam menghasilkan DOC atau bisa menghasilkannya sendiri. Khusus pemula lebih disarankan untuk membelinya ke peternak yang sudah berpengalaman, sedangkan bagi Anda yang sudah menggeluti bisnis ini cukup lama boleh menghasilkan DOC ayam tersebut di peternakan sendiri. Menghasilkan DOC broiler yang berkualitas sendiri bisa membuat biaya operasional menjadi tidak membengkak asalkan Anda sudah tahu caranya. Bagi yang ingin menghasilkan DOC ayam broiler yang berkualitas, simak caranya berikut ini:

Indukan Berumur Muda

Salah satu cara menghasilkan DOC ayam broiler yang berkualitas adalah dengan memilih indukan yang umurnya masih muda.  Umur yang masih mudah akan bisa menghasilkan telur DOC yang berkualitas sehingga nantinya bisa menjadi bibit yang unggul. Semakin tua umur indukannya maka telur yang dihasilkan bisa berukuran kecil bahkan tidak normal dan tidak bagus jika dijadikan sebagai bibit.

Memilih Telur

Tidak semua telur bisa ditetaskan menjadi DOC, oleh sebab itu diperlukan penyeleksian yang tepat. Cara melakukan seleksi ini bisa dengan cara menyisihkan telur yang kotor, cangkang mengalami retak dan beratnya tidak memenuhi standar. Anda juga bisa melihat dari kuning telur tersebut. Kuning telur yang dobel besar kemungkinannya untuk tidak bisa menetas karena tidak normal.

Baca juga : 4 Tips Manajemen Kandang Ayam Broiler yang Tepat

Fumigasi

Fungsinya adalah menghilangkan bakteri maupun jamur yang melekat pada cangkang telur. Tujuannya agar bakteri dan jamur tersebut tidak bisa masuk ke dalam telur yang mana bisa menyebabkan bibit yang menetas menjadi penyakitan dan tidak bagus untuk diternakkan. Jangan menyimpan telur tanpa dilakukan tindakan ini sebelumnya.

Penyimpanan yang Benar

Setelah dilakukan fumigasi, Anda bisa melakukan penyimpanan. Penyimpanan yang benar sangat diperlukan untuk membuat telur bisa menetas tepat pada waktunya. DOC yang berkualitas adalah yang menetas tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat. Oleh sebab itu penting sekali untuk memastikan lama penyimpanannya.

Suhu

Ketika disimpan, telur membutuhkan kehangatan. Kehangatan tersebut bisa didapatkan dari lampu atau juga brooder selain itu letakkan telur di tempat yang tertutup agar terhindar dari serangan tikus dan juga kucing. Sesuaikanlah suhunya yang mana suhu di awal penyimpanan berbeda dengan waktu akhir penyimpanan.

Posisi Telur

Agar bisa menetaskan DOC ayam yang berkualitas Anda harus meletakkan posisi telur dengan benar. Menyimpan telur dengan baik dan benar akan menghindarkan struktur telur dari kerusakan sehingga kualitas menjadi menurun. Cara menyimpan telur yang benar adalah meletakkan bagian yang runcing di atas dan yang sedikit bulat di bawah.

Menjadwal Waktu Menetas

Agar bisa tahu mana telur yang disimpan atau di inkubasi terlebih dahulu, Anda bisa memberikan nomor pada telur. Anda juga bisa menjadwal waktu yang tepat untuk menetaskan telur tersebut. Jika ada telur tersebut yang masa tetasnya tidak sesuai dengan jadwal maka Anda bisa menunggunya sampai dengan beberapa hari, namun DOC tersebut kualitasnya akan menurun.

Harga DOC ayam pedaging berubah-ubah, di saat langka maka harganya akan melambung tinggi. Tentu saja jika harganya menjadi tinggi akan berpengaruh terhadap peternakan Anda dimana biayanya akan menjadi membengkak, belum lagi untuk biaya pakan yang mana juga sama besarnya. Oleh sebab itu Anda bisa mengakalinya dengan menghasilkan DOC ayam sendiri. Lakukanlah beberapa tips yang disebutkan di atas untuk menghasilkan DOC ayam broiler yang berkualitas tinggi.

Baca juga : Kualitas Telur Ayam Semakin Baik dari Tahun ke Tahun

2 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *