6 Tips Menghasilkan DOC Ayam Kampung Berkualitas

Tips Menghasilkan DOC Ayam

Ayam kampung paling mudah untuk diternakkan alasannya adalah memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi dibandingkan yang lainnya. Meski memiliki kekebalan tubuh yang tinggi, tentu saja Anda harus memperhatikan beberapa faktor yang lainnya supaya ayam tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu faktor pendukung keberhasilan peternakan ayam adalah DOC ayam yang berkualitas. Untuk DOC ini bisa Anda dapatkan dari peternak yang sudah berpengalaman, atau juga bisa menghasilkannya sendiri. Memang biaya untuk membeli DOC tidak murah, semakin bagus kualitasnya maka harganya semakin mahal. Agar biaya operasional tidak membengkak, Anda bisa menghasilkan DOC tersebut sendiri. Berikut ini adalah tips menciptakan DOC ayam kampung yang berkualitas:

Induk yang Berkualitas

Kualitas bibit tergantung dengan induknya, oleh sebab itulah banyak orang yang rela mengeluarkan budget yang mahal untuk bisa mendapatkan indukan yang berkualitas. Tidak hanya ayam saja, namun hal tersebut berlaku untuk hewan peliharaan yang lainnya seperti kucing, kuda, kambing dan lain sebagainya. Dari induk yang berkualitas akan didapatkan bibit yang berkualitas. Oleh sebab itu jika Anda menginginkan bibit ayam kampung yang berkualitas pilihlah indukan yang sudah berkualitas. Anda bisa mendapatkannya di peternakan ayam kampung milik warga atau yang di peternakan yang sudah dikelola secara komersial.

Baca juga : 3 Cara Menghasilkan DOC Ayam Kampung Berkualitas

Pakan yang Berkualitas

Cara menciptakan DOC ayam kampung yang berkualitas adalah memberikan pakan yang berkualitas. Meskipun ayam kampung ini paling mudah pemberian pakannya, namun jangan asal memberikan pakan. Sebab nantinya pakan tersebut bisa digunakan agar menghasilkan telur tetas yang berkualitas. Anda bisa memberikan pakan yang tinggi energi dan juga protein, jangan pernah memberikan sisa pakan yang basi sebab bisa menyebabkan masalah pencernaan bagi ayam.

Kandang yang Ideal

Ayam ini nantinya akan bertelur, dan Anda perlu membuat kandang yang ideal untuknya. Kandang ayam kampung khusus petelur harus hangat, harus rapat dan kokoh agar tidak mudah kehujanan dan lain sebagainya. Yan terpenting adalah di dalam kandang tersebut harus ada jerami yang hangat. Tanpa jerami kandang ini tidak akan menjadi ideal.

Bertelur di Kandang

Ayam kampung membutuhkan tempat umbaran yang mana berguna bagi ayam untuk melenturkan ototnya dan membuatnya lebih sehat. Area umbaran sangat bagus untuk kesehatan ayam. Sayangnya ada saja ayam yang lepas keluar dari kandang. Yang lebih merugikan lagi jika ayam tersebut tidak kembali ke kandang dan bertelur di sebarang tempat, maka Anda akan kehilangan telur dan ayam tersebut. Oleh sebab itu biasakanlah agar ayam tersebut bertelur di dalam kandang.

Memperlakukan Telur dengan Baik

Setelah bertelur, Anda perlu memperlakukan telur tersebut dengan baik dan benar. Perlakuan yang buruk bisa menyebabkan kualitasnya menjadi menurun.  Setelah ayam bertelur, segera ambil telur tersebut agar tidak terinjak kaki ayam.  Bahkan ada ayam yang sehabis bertelur menjadi stress kemudian merusak telurnya sendiri dengan menggunakan paruhnya.

Lakukan Penyeleksian

Anda bisa mengumpulkan telur tersebut di kandang litter. Bersihkanlah litter tersebut setiap pagi dan sore hari agar tidak banyak kuman dan bakteri di dalam kandang tersebut. Agar tidak busuk, telur yang sudah dikumpulkan tersebut membutuhkan tindakan khusus agar bisa menetas pada waktu yang tepat. Setelah itu lakukanlah penyeleksian, mana telur yang berkualitas dan yang tidak.

Menghasilkan DOC yang berkualitas memang tidak mudah sebab harus melakukan beberapa tindakan khusus yang bertujuan agar telur tersebut terjaga kualitasnya. Semakin berkualitas DOC tersebut maka keberhasilan peternakan semakin di depan mata. Lakukanlah beberapa cara yang telah dijelaskan di atas untuk bisa menghasilkan DOC ayam kampung yang berkualitas super.

Baca juga : 6 Cara Membuat Kandang Doc yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *