3 Cara Menghasilkan DOC Ayam Kampung Berkualitas

DOC Ayam Kampung Berkualitas
DOC Ayam Kampung Berkualitas

Tidak hanya ayam broiler dan layer saja yang diternakkan, namun ayam kampung pun banyak diternakkan. Saat ini kebutuhan akan ayam kampung semakin meningkat mengingat banyak makanan yang dibuat  menggunakan daging ayam kampung ini misalnya bakmi jawa, ayam goreng kremes dan masih banyak lagi lainnya. Banyak yang meyakini jika ayam kampung lebih sehat dibandingkan dengan ayam potong, selain itu cara beternaknya pun lebih mudah dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Citarasanya yang gurih dan empuk membuat ayam kampung akan selalu diminati. Agar ternak ayam kampung Anda sukses dan berhasil, harus diawali dengan DOC yang berkualitas dan sehat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan DOC ayam kampung yang berkualitas:

Baca juga : 4 Tips Membuat Potongan Karkas Ayam Lebih Mudah

Litter Sering Diganti

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan telur ayam kampung yang berkualitas adalah mengganti litter secara kontinyu. Anda juga harus rajin dalam membersihkan litter tersebut sebab berhubungan langsung dengan kesehatan ayam tersebut. Litter yang jarang diganti membuat ayam meminum air bersama dengan kotorannya sendiri, sedangkan litter yang tidak pernah diganti bisa menjadi sarang bakteri dan juga sarang nyamuk. Ayam akan mudah terkena penyakit jika litter tidak pernah diganti. Yang harus Anda ingat di sini adalah DOC yang berkualitas hanya dihasilkan dari indukan yang berkualitas pula, sehingga usahakan setiap indukan ayam kampung tersebut memiliki kualitas yang prima dan kesehatan yang stabil.

Mengambil Telur

Setelah induk tersebut bertelur dan sudah siap ditetaskan sebaiknya Anda segera mengambil telur tersebut. Tujuannya agar telur tidak menjadi kotor dan terhindar dari terinjak ayam yang lainnya. Jika telur tersebut retak atau pecah maka kualitasnya menjadi menurun. Semua telur yang siap ditetaskan menjadi DOC tersebut dikumpulkan menjadi satu kemudian harus dilakukan fumigasi yang mana bisa dilakukan dengan bahan tertentu. Tindakan tersebut harus dilakukan secepat mungkin agar telur tetas tidak menjadi busuk.

Menyeleksi Telur

Yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah tidak semua telur yang siap menetas tersebut bisa menjadi DOC ayam kampung yang berkualitas. Mungkin hanya sebagian saja yang bisa menetas dan berkualitas super. Untuk mengetahui mana telur yang akan menjadi DOC berkualitas, Anda bisa melakukan penyeleksian seperti berikut ini:

Baca juga : 7 Cara Ternak Ayam Broiler yang Efektif dan Efisien

Berat

Hal pertama yang harus Anda seleksi adalah berat telur.  Untuk memilih telur agar menghasilkan DOC yang berkualitas Anda bisa memilih telur yang memiliki berat lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya. Telur yang berat akan menghasilkan DOC yang berat juga. Oleh sebab itulah indukan yang bisa menghasilkan telur dengan ukuran besar disebut sebagai indukan berkualitas prima.

Bentuk Telur

Setelah melihat berat telur, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melihat bentuk telur tersebut. Dari bentuk telurnya Anda bisa mengetahui bagaimana kualitas telur tersebut. Untuk ditetaskan menjadi DOC yang berkualitas Anda harus memilih yang bentuknya lonjong atau oval. Hindari bentuk telur yang bulat sempurna sebab bentuk seperti itu akan kurang bagus jika ditetaskan.

Kulit Telur

Untuk menjadikannya sebagai DOC yang berkualitas Anda harus memilih telur yang cangkangnya jangan terlalu tebal atau tipis, pilih cangkang yang normal. Raba kulit cangkang tersebut, jika memiliki kulit yang halus dan tidak ada keretakan maka telur tersebut cocok dijadikan sebagai calon DOC berkualitas.

Baca juga : 6 Cara Ternak Ayam Potong agar Mendapatkan Hasil Maximal

Mendapatkan DOC yang berkualitas tidak harus dari peternakan ayam milik orang lain. Anda bisa mendapatkannya dari peternakan ayam Anda sendiri. Lakukanlah beberapa cara diatas untuk mendapatkan DOC Ayam kampung berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *