6 Cara Membuat Kandang Doc yang Baik dan Benar

Cara Membuat Kandang

DOC memerlukan kandang yang berbeda dengan fase grower, alasannya tubuh DOC yang masih kecil membutuhkan perlakukan khusus dan juga kandang yang khusus. DOC ayam tersebut tidak akan bisa bertahan hidup jika kandang dan pakannya tidak disesuaikan dengan kebutuhannya. Oleh sebab itu sebagai peternak Anda harus tahu bagaimana cara membuat kandang ayam yang baik untuk ditempati DOC ayam tersebut. Sebelum memelihara DOC Anda harus tahu bagaimana caranya membuat kandang ayam tersebut yang benar. Berikut ini adalah beberapa cara membuat kandang DOC yang harus Anda perhatikan:

Baca juga : 5 Sifat Ayam Broiler yang Penting Untuk Anda Perhatikan

Jauh dari Pemukiman Penduduk

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika akan membuat kandang khusus DOC ini adalah jauh dari pemukiman penduduk. Banyak penduduk yang merasa keberatan jika ada peternakan ayam di dekat mereka, alasannya adalah limbah ayam tersebut akan mencemari lingkungan dan membuat sekitar rumah menjadi bau. Oleh sebab itu Anda bisa membuat kandang DOC ini jauh dari pemukiman penduduk. Kalau perlu sebelum Anda mendirikan peternakan ayam meminta izin kepada penduduk sekitar bagaimana tanggapan mereka jika Anda mendirikan peternakan ayam tersebut. Nantinya Anda membutuhkan persetujuan masyarakat di sekitar terutama untuk legalitas peternakan yang Anda dirikan tersebut. Jika sudah legal, bisnis Anda tersebut tidak akan ada yang bisa menutupnya secara paksa.

Keamanan Kandang

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah segi keamanan kandang. Jangan sampai kandang yang Anda gunakan untuk DOC tersebut bocor sehingga di dalam  kandang banyak genangan air yang mana bisa membuat DOC menjadi kedinginan. Jika sudah kedinginan ayam tersebut mudah sakit dan terkena penyakit. Perhatikan apakah atapnya bocor atau ada celah yang bisa membuat air menjadi tergenang dan lain sebagainya.

Kandang Panggung

Cara membuat kandang DOC yang bagus dan benar adalah membuat kandang panggung yang mana tingginya lebih dari tanah. Tujuannya adalah membuat kandang DOC tersebut tetap kering dan tidak mudah lembap oleh tanah.

Baca juga : 4 Keuntungan Bisnis Peternakan Ayam Broiler Paling Menggiurkan

Gunakan Bahan Murah Meriah

Cara membuat kandang yang patut untuk Anda perhatikan selanjutnya terbuat dari bahan yang murah merah. Hal ini penting untuk Anda lakukan dikarenakan jika ada bagian kandang yang rusak Anda bisa langsung menggantinya tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Kandang ayam DOC ini hanya bersifat sementara saja sebab ketika periodenya sudah berubah akan dipindah ke kandang yang lebih besar.

Kandang Diberikan Alas

Cara membuat kandang ayam selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bagian alas kandang harus Anda berikan alas yang bisa terbuat dari koran maupun dari serbuk gergaji. Tujuannya adalah agar kotoran dari anak ayam tersebut mudah kering. Ketika kotoran ayam mudah kering maka bau amonianya tidak akan terlalu menyengat. Alas koran atau serbuk gergaji yang sudah basah atau sudah terlalu banyak kotorannya bisa Anda ganti dengan yang baru agar kandang terbebas dari berbagai macam penyakit termasuk bakteri.

Atur Suhu

Suhu adalah hal yang penting untuk Anda perhatikan sebab kandang yang terlalu dingin akan membuat DOC ayam menjadi mudah terkena penyakit. Kedinginan juga bisa membuat DOC ayam menjadi mudah mati. Oleh sebab itu pastikan suhu di dalam kandang tetap hangat, tidak terlalu dingin dan jangan terlalu panas. Anda bisa memberikan bohlam lampu di dalam kandang DOC tersebut.

Baca juga : Mengapa Penting Mendapatkan DOC Ayam dari Peternakan Berkualitas?

Kandang khusus ayam DOC adalah salah satu faktor pendukung keberhasilan peternakan ayam yang Anda dirikan atau bangun. Jika kandangnya  tidak memenuhi standar maka peternakan ayam yang Anda dirikan akan bermasalah bahkan merugi dikarenakan pemeliharaan yang tidak benar. Salah satu cara agar DOC ayam terpelihara dengan baik buatlah kandang ayam DOC yang aman, dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *