4 Keuntungan Bisnis Peternakan Ayam Broiler Paling Menggiurkan

Bisnis Peternakan Ayam Broiler
Bisnis Peternakan Ayam Broiler

Bisnis peternakan ayam broiler memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan itulah yang menggiurkan dan menarik masyarakat untuk menggelutinya. Meski menggiurkan, usaha ayam broiler tersebut tidak bisa asal. Jika Anda belum tahu bagaimana cara beternak ayam broiler ini Anda bisa mencari informasi tentang bagaimana cara beternak ayam broiler yang baik dan benar. Tidak ada salahnya juga jika Anda bertanya kepada peternak ayam broiler secara langsung sebelum memulai usaha ini. Pengetahuan yang cukup, keterampilan dan ketelatenan sangat diperlukan untuk menggeluti bisnis  peternakan ayam broiler ini.

Baca juga : Daging Ayam Broiler Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Keuntungan Ternak Ayam Broiler

Salah satu alasan mengapa bisnis ini sangat disukai oleh masyarakat dikarenakan menawarkan berbagai macam keuntungan bagi peternaknya. Hasilnya yang menjanjikan dan menggiurkan membuat banyak masyarakat yang menggeluti bisnis ini. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggeluti bisnis ternak ayam broiler:

Permintaan yang Terus Meningkat

Peternakan ayam broiler menguntungkan dikarenakan saat ini permintaan daging ayam akan terus meningkat. Selain bisa digunakan sebagai konsumsi pribadi, daging ayam ini banyak digunakan dalam sajian pesta. Menu olahan dari ayam sampai saat ini disebut sebagai makanan yang lezat dan menggiurkan, selain itu disebut sebagai menu yang masih mewah dikarenakan masyarakat bawah tidak bisa mengonsumsinya setiap hari.

Lebih Cepat Dipanen

Ayam broiler ini lebih cepat dipanen dibandingkan dengan kambing, sapi dan kerbau. Oleh sebab itu Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk memanen hasil dari jerih payah Anda. Selama memiliki kualitas tinggi, ayam Anda tersebut akan banyak dicari dan dibutuhkan oleh konsumen. Masa panen ayam broiler kurang lebih 35 hari, sehingga Anda hanya perlu bersabar dan telaten merawat ayam tersebut selama 35 hari. Untuk sapi, kambing dan beberapa hewan ternak lainnya harus menunggu waktu lama untuk bisa dijual kembali.

Baca juga : Peternakan Ayam : Pentingnya Menjaga Kebersihan Kandang Ayam

Pemasaran yang Mudah

Kentungan peternakan ayam broiler selanjutnya adalah mudah untuk dipasarkan. Saat ini banyak sekali yang membutuhkan ayam ini, sehingga bukan Anda yang mencari pasar namun justru konsumen yang akan datang kepada Anda. Pangsa pasar yang luas membuat Anda akan mudah memasarkan daging ayam broiler yang Anda kembang biakkan. Semua yang berasal dari unggas berkualitas akan mudah sekali laku mengingat saat ini banyak usaha kuliner berbahan dasar unggas yang mulai bermunculan.

Harga yang Meningkat

Ayam broiler memiliki harga yang stabil bahkan nilainya bisa naik berkali-kali lipat di saat tertentu. Saat harga ayam tersebut naik maka peternak ayam akan mendapatkan keuntungan. Harga ayam akan meningkat di saat menjelang ramadhan, saat idul fitri, saat idul adha dan pesta pernikahan banyak diselenggarakan. Harga ayam pada saat itu bisa meningkat sampai dengan 25% dikarenakan banyak yang membutuhkannya dan mengonsumsinya.

Pentingnya Menjaga Kualitas Ayam Broiler Selama di Peternakan

Kualitas daging ayam yang Anda hasilkan akan sesuai dengan cara ternak Anda. Jika Anda bisa beternak ayam broiler dengan baik dan benar, keuntungan dari bisnis ayam potong atau broiler akan mudah sekali Anda dapatkan. Namun sebaliknya jika Anda asal dalam beternak ayam justru kerugian akan Anda dapatkan seperti ayam akan mudah mati akibat bakteri dan virus serta berat ayam tidak maksimal dikarenakan pemberian pakan yang tidak efektif dan efisien. Setiap konsumen akan memilih daging ayam yang berkualitas, oleh sebab itu jika Anda ingin sukses dalam beternak ayam ini maka Anda harus memperhatikan cara beternak ayam yang baik dan benar.

Baca juga : Kesuksesan Peternak Ayam Broiler Hasilkan Kualitas Daging Terbaik

Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggeluti bisnis peternakan ayam broiler, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *