4 Syarat Membuat Kandang Ayam Sesuai Standar Internasional

Syarat Membuat Kandang Ayam
Syarat Membuat Kandang Ayam

Salah satu syarat agar peternakan ayam broiler yang Anda lakukan adalah membuat kandang ayam yang pas. Mengapa kandang ayam ini menjadi syarat penting untuk keberhasilan ternak ayam yang Anda lakukan?, hal itu dikarenakan ayam broiler akan menghabiskan banyak waktunya di dalam kandang. Kandang ayam juga menjadi penyokong terbesar penyakit yang datang kepada ayam.  Jika kebersihan kandang ayam terjaga maka ayam akan sehat sebab virus dan bakteri tidak banyak berkembang biak di dalam kandang. Berikut ini adalah syarat kandang ayam broiler yang harus Anda penuhi:

Baca juga : 4 Penyakit DOC Ayam Broiler Akibat Virus yang Harus Diwaspadai

Lingkungan Masyarakat

Syarat pembuatan kandang ayam broiler yang pertama adalah Anda harus memperhatikan lingkungan masyarakat yang ada. Yang dimaksud di sini adalah masyarakat yang ada di sekitar kandang tersebut akan didirikan. Syarat ini menjadi hal yang penting dan tidak boleh diabaikan. Sebab kegiatan bermasyarakat akan menjadi kurang harmonis akibat ketidak setujuan masyarakat untuk pendirian kandang tersebut. Banyak kasus percekcokan terjadi antara pebisnis dengan masyarakat yang ada di sekitar lokasi bisnisnya akibat masyarakat terganggu dengan pendirian kandang tersebut.

Lingkungan masyarakat yang tidak kondusif membuat bisnis Anda akan menjadi terhambat. Sebaiknya Anda memperhatikan faktor apa saja yang bisa menyebabkan masyarakat tersebut menjadi tidak setuju misalnya adalah limbah ayam yang sangat mengganggu. Agar disetujui oleh masyarakat Anda harus memiliki pengelolaan limbah kotoran ayam yang baik dan benar. Caranya adalah dengan membersihkan kandang secara teratur dan tidak sembarangan membuang limbahnya.

Lokasi Pendirian Kandang

Syarat selanjutnya adalah Anda harus memperhatikan aspek lokasi pendirian kandang. Lokasi yang memenuhi syarat berguna untuk melancarkan budidaya ayam broiler Anda nantinya. Kandang yang kurang memenuhi syarat bisa membuat budidaya ayam menjadi terhambat. Empat syarat budidaya yang harus dipenuhi adalah jauh dari pemukiman penduduk, selain itu di sekitar kandang memiliki sumber air yang bisa digunakan sebagai sarana makan dan minum ayam tersebut. Kandang ayam broiler yang Anda dirikan juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik, memiliki akses menuju jalan yang mudah, bisa dijangkau dengan mudah oleh mobil atau kendaraan roda empat lainnya, memiliki sumber listrik yang memadai.

Baca juga : 7 Cara Ternak Ayam Broiler yang Efektif dan Efisien

Aman

Agar bisa berjalan sesuai dengan harapan Anda, perhatikanlah keamanan kandang. Pastikan kandang yang dibuat bisa menjamin keamanan ayam-ayam Anda. Misalnya saja adalah aman dari gangguan seperti hama yang suka memangsa ayam, maupun dari gangguan kriminal dari orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk bisa menjamin keamanan ayam yang Anda ternakkan sebaiknya menyewa jasa satpam atau orang yang mau menjaga ayam-ayam Anda setiap hari terutama di saat malam hari.

Izin

Agar tidak menimbulkan masalah ke depannya sebaiknya Anda mengurus perizinan untuk mendirikan usaha tersebut. Setiap usaha yang ilegal akan menimbulkan masalah ke depannya. Tidak hanya peternakan saja namun semua usaha yang didirikan di Indonesia harus memiliki izin. Mengurus izin tersebut bisa dimulai dengan meminta persetujuan masyarakat yang lokasinya ada di sekitar kandang disertai dengan bukti tertulis di atas materai. Mengurus izin prinsip yang dikeluarkan dari pemerintah kabupaten, AMDAL, SIU, izin mendirikan usaha dan juga surat izin gangguan. Jika semua syarat tersebut sudah Anda penuhi maka izin Anda sudah disebut bisnis yang legal dan tidak ada yang bisa menutupnya secara paksa. Oleh sebab itulah sebelum mendirikan bisnis penting untuk melibatkan masyarakat yang ada di sekitar kandang hal itu dikarenakan Anda membutuhkan persetujuan mereka ketika akan mengurus perizinan usaha maupun pendirian kandang.

Baca juga : 4 Kendala Peternakan Ayam Broiler yang Harus Diperhatikan

Demikianlah syarat pendirian kandang ayam broiler yang harus diperhatikan dengan baik, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *