6 Tips Pemberian Pakan Ayam Layer yang Tepat

Tips Pemberian Pakan Ayam Layer

Pakan ayam layer penting untuk Anda perhatikan. Hal itu dikarenakan pakan tersebut berpengaruh terhadap produktivitas ayam petelur. Untuk bisa meningkatkan produktivitas ayam tersebut Anda harus memenuhi nutrisinya dengan baik. Nutrisi yang baik tersebut membantu tumbuh dan kembang ayam dengan baik sehingga bisa menghasilkan telur yang berkualitas. Jika ayam tidak berkualitas maka bisa menyebabkan produktivitas menjadi menurun, misalnya jumlah telur yang diproduksi menurun dan ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran normal.

Banyak peternak yang menganggap jika ayam yang makan banyak akan memiliki produktivitas yang tinggi, padahal kenyataannya tidak demikian. Ayam yang memiliki produktivitas tinggi adalah yang sehat dan nutrisinya terjaga dengan baik. Berikut ini adalah cara memberikan pakan ayam layer yang tepat dan penting untuk Anda lakukan:

Sesuaikan dengan Umurnya

Cara memberikan pakan ayam layer yang pertama adalah harus Anda sesuaikan dengan umurnya. Ayam periode starter berbeda dengan periode selanjutnya, oleh sebab itu Anda harus tahu berapa takaran yang pas untuk ayam ini. Makanan yang berlebihan justru akan membuat makanan menjadi sisa dan hal tersebut akan merugikan Anda.

Baca juga : Kualitas Telur Ayam Semakin Baik dari Tahun ke Tahun

Tekstur

Untuk bisa memberikan pakan ayam secara maksimal Anda harus memperhatikan teksturnya. Misalnya saja adalah untuk ayam jenis DOC ini jangan diberikan pakan yang kasar sebab pencernaan ayam belum maksimal. Sedangkan untuk yang periodenya sudah diatas starter bisa berupa pakan yang campuran hal itu dikarenakan pencernaan ayam sudah lebih baik dibandingkan dengan starter atau DOC.

Pemberian Probiotik

Dalam memberikan pakan ayam, Anda bisa memberikan probiotik. Probiotik ini sangat bermanfaat untuk menghindarkan ayam dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Probiotik adalah bakteri baik yang akan bermanfaat bagi organ pencernaan ayam. Masalah pencernaan bisa menyebabkan ayam menjadi kurang nafsu dalam memakan pakannya. Oleh sebab itu agar terhindar dari masalah pencernaan Anda bisa memberikan probiotik kepada ayam.

Tepat Waktu

Meskipun Anda sudah memberikan pakan yang bernutrisi, tata cara pemberian makannya pun harus tepat. Salah satu cara agar ayam bisa meningkatkan produktivitasnya adalah dengan memberikan pakan yang tepat waktu. Anda bisa membuat jadwal atau mematenkan jam pemberian pakan, kemudian lakukanlah secara teratur. Membuat jadwal pemberian pakan yang teratur akan membuat ayam ingat jam makannya sehingga hal tersebut bisa membuat nafsu makan ayam menjadi stabil. Pemberian pakan yang tidak teratur bisa menyebabkan nafsu makan menjadi menurun atau meningkat dibandingkan biasanya. Nafsu makan yang stabil lebih baik dibandingkan dengan yang naik atau turun secara tiba-tiba.

Sesuai dengan Jenis

Untuk bisa memberikan pakan ayam yang ideal Anda harus menyesuaikan dengan jenisnya. Untuk ayam jenis jantan memiliki takaran yang lebih banyak dibandingkan dengan betina sehingga Anda tidak bisa menyamakan takaran tersebut. Anda juga diwajibkan untuk memisahkan ayam jenis jantan dengan betina agar pemberian pakannya menjadi lebih efektif.

Berkelanjutan

Memberikan pakan dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu sekaligus bisa menyebabkan masalah bagi ayam.  Masalah yang muncul seperti makanan banyak yang sisa, membuat ayam jenuh dan lain sebagainya. Pemberian pakan ayam ini harus berkelanjutan seperti diberikan pagi, siang dan sore hari dengan jam yang tepat. Dengan begitu produktivitas ayam pun bisa menjadi lebih meningkat.

Pakan menjadi faktor penting dalam peternakan ayam. Pemberian pakan ini jangan asal kenyang namun harus tahu tata caranya. Dengan melakukan beberapa tips memberikan pakan ayam layer yang sudah dijelaskan diatas diharapkan produktivitas ayam menjadi meningkat.

Baca juga : Cara Memilih Jenis Pakan Ayam Broilers yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *