5 Tips Mendirikan Peternakan Ayam Broiler yang Baik dan Benar

Tips Mendirikan Peternakan Ayam

Mendirikan peternakan ayam broiler menjadi bisnis yang menggiurkan. Hal itu dikarenakan kebutuhan akan ayam broiler tersebut meningkat dari waktu ke waktu, tidak hanya itu saja masa ternak yang singkat membuat peternakan ayam menjadi begitu menguntungkan. Dibandingkan dengan ayam kampung, ternak ayam broiler ini masa panennya lebih cepat dibandingkan dengan yang ayam kampung, meski harganya lebih rendah. Beternak ayam atau makhluk hidup ini susah-susah gampang, sebab ada berbagai macam risiko yang harus ditanggung seperti kematian yang diakibatkan oleh penyakit atau karena serangan hewan lain, ayam pun lebih rentan terkena infeksi virus flu burung yang tentu saja akan membahayakan bagi kesehatan Anda. Agar peternakan ayam broiler yang Anda dirikan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses, simak tipsnya berikut ini:

Urus Perizinannya

Hal pertama yang harus dipikirkan ketika mendirikan peternakan adalah perizinan. Jika izin tidak di urus akibatnya adalah peternakan yang Anda dirikan tersebut akan bermasalah. Jika mendirikan kandang atau peternakan di tengah-tengah pemukiman penduduk harus mengurus perizinan terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan warga yang ada di sekitar akan merasa terganggu dengan limbah peternakan yang di dirikan.

Mengetahui Cara Perawatan yang Baik

Agar peternakan ayam broiler yang didirikan bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan profit, Anda harus tahu bagaimana cara merawat dan memelihara ayam dengan baik. Tanpa ilmu dan wawasan yang cukup maka peternakan tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah ilmu atau wawasan tentang ternak ayam broiler ini bisa dengan mengikuti komunitas, seminar atau bertanya kepada peternak yang sudah sukses dengan usaha atau bisnis ini. Jangan sampai ingin menggeluti bisnis tertentu namun masih awam dengan bisnis tersebut.

Baca juga : 5 Sifat Ayam Broiler yang Penting Untuk Anda Perhatikan

Sarana dan Prasarana yang Memadai

Selanjutnya yang harus diketahui adalah membuat sarana dan prasarana yang memadai. Misalnya saja adalah membuat kandang yang ideal untuk peternakan ayam tersebut, membuat akses jalan yang mudah untuk menuju peternakan dan masih banyak lagi lainnya. Kandang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan peternakan ini, sehingga harus tahu bagaimana cara membuat kandang yang ideal tersebut. Tidak hanya kandang saja, namun juga harus memperhatikan aspek yang lainnya seperti listrik dan juga air yang memadai. Peternakan harus dilengkapi dengan listrik dikarenakan saat malam hari hewan seperti tikus maupun kucing siap memangsa ternak jika tidak dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup.

Sesuaikan dengan Modal

Ketika memutuskan untuk mendirikan peternakan ayam jenis broiler, Anda bisa menyesuaikan dengan modal. Modal adalah hal yang penting ketika menggeluti bisnis ini.  Kekurangan modal bisa membuat bisnis berhenti di tengah jalan. Anda bisa menganalisanya dengan cara berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli DOC, pembangunan kandang, vitamin dan lain sebagainya. Ketika merinci semua itu maka bisa didapatkan berapa modal yang harus di keluarkan.

Paham Harga Pasar

Cara membangun peternakan selanjutnya adalah harus paham dengan harga pasar. Jangan sampai harga yang Anda tawarkan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Untuk bisa mengetahui harga pasar ini bisa dengan melakukan survey ke pasar atau minimarket. Saat-saat tertentu harga daging akan mengalami peningkatan, misalnya ketika lebaran, saat bulan Ramadhan, libur nasional dan lain sebagainya.

Berbisnis tidak mudah namun juga tidak susah, asalkan tahu caranya dan mencari ilmu atau informasi sebanyak-banyaknya maka Anda bisa menggeluti bisnis tersebut dengan baik dan lancar. Untuk mendirikan peternakan ayam broiler, Anda harus memperhatikan poin-poin yang sudah dijelaskan di atas agar bisnis yang di geluti menghasilkan profit.

Baca juga :5 Nutrisi Pakan Ayam Broiler yang Penting Dipenuhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *