6 Tips Pembuatan Kandang Ayam DOC yang Ideal

Tips Pembuatan Kandang Ayam

Selain memilih bibit yang berkualitas penting bagi peternak untuk membuat kandang khusus DOC yang ideal. Kandang DOC dengan yang sudah dewasa ini berbeda sehingga dibutuhkan perhatian khusus. Salah satu cara untuk memelihara DOC ayam yang benar adalah dengan membuat kandang DOC yang ideal yang mana memerlukan ilmu yang cukup dan wawasan yang luas. Jika salah dalam pemeliharaan DOC ayam, maka akan banyak yang mati dan hal itu adalah awal kegagalan dalam peternakan Anda. Agar tidak salah dalam pembuatan kandang ayam DOC, simak cara pembuatan yang ideal berikut ini:

Sesuaikan dengan Jumlahnya

Kandang ayam DOC yang dibuat harus disesuaikan dengan jumlah DOC yang akan Anda pelihara. Semakin banyak DOC yang akan dipelihara maka semakin luas kandang yang Anda butuhkan. Jangan sampai kandang ayam yang Anda dirikan tersebut membuat DOC ayam menjadi berdesak-desakan. DOC membutuhkan kandang yang luas agar mampu bergerak dengan lincah dan gesit. Selain itu kandang yang luas akan menghindari dari kadar karbondioksida yang terlalu banyak yang mana tidak bagus untuk kesehatan DOC.

Arah

Kandang ayam DOC yang baik dan ideal adalah yang arahnya tepat. Untuk kandang ayam ini sebaiknya didirikan dari arah barat ke timur jangan dari arah utara ke selatan. Kandang dengan arah ini dipercaya akan membuat peternakan menjadi lebih produktif dibandingkan dengan yang arahnya dari utara ke selatan.

Letak Kandang

Baik itu kandang DOC maupun kandang ayam dewasa jangan sampai letaknya dekat dengan perkampungan penduduk. Jika letak kandang terlalu dekat dengan rumah penduduk akibatnya bisa mendatangkan masalah baru dimana banyak yang mengeluh dengan limbah peternakan ayam tersebut.

Baca juga : 6 Cara Membuat Kandang Doc yang Baik dan Benar

Kandang yang Hangat dan Tertutup

Untuk ayam jenis DOC kandang yang ideal adalah yang hangat dan tertutup. Untuk periode grower, ayam tersebut bisa diletakkan di kandang yang terbuka, namun tidak dengan jenis ayam DOC ini. Suhu yang dingin akan menyebabkan kesehatan DOC menjadi menurun kesehatannya, dan ada beberapa penyakit yang bisa menyerang ayam seperti influenza, dan lain sebagainya. Mengatur suhu di dalam kandang pun menjadi syarat wajib bagi peternak yang akan memelihara DOC ayam ini. Aturlah cahaya dan suhu di dalam kandang dengan baik agar DOC terhindar dari serangan hewan karnivora lainnya seperti tikus dan juga kucing. Tambahkan brooder agar suhu di dalam kandang bisa diatur menjadi lebih hangat.

Tempat Makan dan Minum

Kandang DOC yang ideal adalah yang mana bisa memudahkan DOC tersebut untuk mengakses makanan dan minuman. Agar tidak sulit dalam menjangkaunya, letakkan tempat makan dan minum di dalam satu tempat. Tujuannya agar DOC ayam tersebut bisa dengan mudah melihat mana pakan dan minumnya.

Waspadai Amonia

Kandang adalah tempat munculnya amonia. Amonia adalah senyawa berwujud gas yang mana memiliki bau yang tajam. Penyebabnya adalah kotoran DOC yang menumpuk dan jarang dibersihkan. Akibatnya zat amonia yang menumpuk ini bisa merusak kesehatan bibit ayam yang Anda pelihara. Ciri bibit yang banyak menghirup gas amonia berlebihan adalah matanya terus berair, nafsu makan berkurang dan lain sebagainya. Agar terhindar dari bau amonia sebaiknya rutin membersihkan kandang pada pagi dan sore hari.

Kandang, pakan dan bibit adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga jika ketiga kesatuan tersebut tidak diperhatikan dengan baik, peternakan yang didirikan tidak bisa berjalan dengan mulus. Salah satu kesatuan yang sering disepelekan adalah kandang. Kandang ayam DOC yang tidak ideal bisa membuat tumbuh kembang DOC tidak menjadi maksimal.

Baca juga : 6 Cara Membesarkan DOC Ayam Petelur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *