Cara Pengolahannya Daging Karkas Frozen yang Benar

Daging Karkas Frozen

Daging karkas adalah pilihan bagi ibu rumah tangga karena lebih praktis. Selain itu daging karkas memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang kiloan, oleh sebab itulah banyak yang memilih membeli daging karkas dibandingkan dengan yang potongan. Agar bisa menghasilkan olahan dengan rasa yang lezat dan bernutrisi tinggi Anda harus memilih daging karkas yang masih segar dan berkualitas. Jangan memilih daging karkas yang sudah tidak berkualitas atau tiren sebab akan membuat nutrisi menjadi berkurang bahkan berbahaya untuk dikonsumsi. Sebelum Anda mengetahui informasi lainnya tentang karkas ayam yang lainnya, Anda harus tahu pengertian karkas ayam terlebih dahulu.

Pengertian Karkas Ayam

Pengertian karkas ayam secara mendetail belum banyak diketahui oleh masyaraka. Meskipun sering menjumpai bentuk karkas ayam namun hanya sedikit yang mengetahui apa itu karkas ayam. Karkas ayam adalah daging ayam yang bentuknya masih utuh, kemudian jeroan ayam tersebut sudah dikeluarkan seperti usus, hati dan ampelanya. Selain itu pada bagian ceker ayam juga sudah dihilangkan. Oleh sebab itulah Anda akan sering menemukan ceker ayam, usus, maupun hati dan ampela dijual secara terpisah dengan daging ayam.

Baca juga : 5 Tips Memilih Karkas Ayam Murah & Segar

Cara Mengolah Daging Karkas Frozen

Pengolahan daging ayam membutuhkan teknik yang tepat, terutama yang disimpan dalam bentuk frozen. Setelah Anda mengetahui pengertian karkas ayam penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara mengolah daging frozen. Selama ini masih banyak yang salah dalam pengolahan daging frozen ini sehingga nutrisinya banyak yang berkurang. Simak cara mengolah daging karkas frozen berikut ini:

Diamkan di Suhu Ruang

Cara pertama mengolah daging karkas dalam bentuk frozen adalah dengan mendiamkannya di suhu ruang. Fungsinya adalah agar es yang menyelimuti daging karkas tersebut mencair dan ayam bisa dengan mudah diolah. Jika tidak ingin mendiamkan daging tersebut di suhu ruang, Anda bisa meletakkannya di lemari es di bagian bawah freezer. Diamkanlah selama semalaman agar es tersebut menjadi mencair dan siap diolah.

Potong Daging Karkas

Agar mudah dalam pengolahan, Anda bisa memotong daging karkas utuh tersebut menjadi beberapa bagian. Untuk pemotongannya harus menggunakan pisau yang tajam agar tidak ada serat daging yang rusak akibat pemotongan yang salah. Daging yang sudah mencair memang seharusnya harus dimasak semuanya agar tidak ada bakteri yang menempel pada daging tersebut.

Baca juga : 4 Strategis Bisnis Karkas Ayam Agar Berkembang Pesat

Marinasi

Agar pengolahan daging karkas ayam menjadi sempurna Anda bisa melakukan marinasi. Marinasi adalah proses perendaman daging ayam menggunakan bumbu tertentu sesuai dengan pengolahan ayam. Jika ingin dijadikan ayam goreng bisa di marinasi menggunakan bumbu ayam goreng. Lamanya marinasi ini tergantung dengan berapa jumlah ayam yang akan di marinasi. Biasanya ayam akan di marinasi mulai dari 15 menit bahkan ada juga yang dua jam. Tujuannya agar bumbu tersebut mampu meresap ke dalam daging ayam. Setelah di marinasi ayam tidak perlu di cuci dengan air bersih. Masih banyak ibu rumah tangga sehabis dari freezer, daging dicuci atau direndam menggunakan air. Tindakan tersebut adalah cara yang salah sebab akan menyebabkan bakteri menempel pada daging ayam.

Dimasak

Setelah melalui proses marinasi daging ayam bisa dimasak sesuai dengan bumbunya. Proses memasak daging ayam terutama broiler tidak boleh terlalu lama agar tekstur daging tidak keras atau justru menjadi lembek karena over cook.

Baca juga :6 Faktor Penyebab Perhitungan Daging Karkas Ayam Berubah

Daging karkas tidak akan berubah nutrisinya ataupun teksturnya jika saat disimpan kondisinya bagus dan berkualitas, selain itu pengolahan pun harus benar. Oleh sebab itu selain mengetahui pengertian karkas ayam, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara pengolahan yang benar terutama jika kondisi daging adalah frozen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *