DOC Ayam Dehidrasi? Atasi Segera dengan Cara Ini!

DOC Ayam Dehidrasi

DOC ayam adalah salah satu kunci kesuksesan peternakan ayam. Jika banyak DOC yang mati jangan harap peternakan akan profit sebab semakin sedikit ayam yang bisa dipanen. Selain itu harga DOC tidak sedikit sehingga membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk membelinya. Oleh sebab itu jangan biarkan ayam DOC mati dengan sia-sia, rawatlah dan pelihara DOC dengan baik sampai masa panen tersebut tiba.

Selain penyakit, salah satu hal yang bisa menyebabkan kesehatan DOC menjadi terganggu atau menurun adalah dehidrasi. Kepanasan, kedinginan, keracunan gas amonia, dan kelaparan juga akan menyebabkannya mudah mati.

Mengatasi DOC Ayam Dehidrasi

Ada beberapa cara mengatasi DOC yang dehidrasi dengan efektif seperti berikut ini:

Mengeluarkan Ayam yang Dehidrasi

Cara pertama mengatasi dehidrasi adalah dengan mengeluarkannya dari kandang. Tujuannya agar mendapatkan space yang lebih luas untuk mengambil oksigen. Setelah itu periksalah kondisi DOC tersebut apakah masih hidup, pingsan atau lemas. Jika masih hidup Anda bisa memberikan pertolongan selanjutnya.

Baca juga : 5 Kesalahan Pemeliharaan DOC Ayam

Memberikan Minum Sesegera Mungkin

Pertolongan selanjutnya untuk DOC yang dehidrasi bisa dengan memberikan minum sesegera mungkin. Minuman adalah sumber kehidupan bagi hewan dan semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Setiap hari harus melakukan jadwal pengontrolan terhadap pakan dan minuman ayam untuk mencegah DOC menjadi dehidrasi atau kelaparan. Jika DOC dalam kondisi pingsan, pemberian minum ini bisa dengan bantuan pipet yang mana bisa membuat air bisa masuk ke dalam tubuh dengan baik.

Perhatikan Tanda Dehidrasi

Agar menjadi cepat tanggap terhadap apa yang terjadi pada DOC disarankan bagi peternak untuk mengetahui tanda-tanda dehidrasi. DOC ayam yang dehidrasi akan bermuka pucat, lemah dan lesu.  Selain itu mata tampak cekung dan kusam serta kulit mata tidak segar atau mengerut. Sebelum DOC tidak sadar, jika menemukan tanda seperti itu segera jauhkan ayam dari hal-hal yang bisa membuatnya tambah dehidrasi kemudian berikan minuman sesegera mungkin.

Madu

Jika kesulitan untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh DOC, bisa mencampurkan air dengan madu yang bisa membuat cairan melewati tenggorokan dengan mudah. Madu ini juga banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi fit tidak hanya untuk manusia namun juga makhluk hidup.

Rendam dengan Air Bersih

Jika DOC dehidrasi sampai pingsan bisa direndam di dalam wadah yang berisi dengan air bersih. Perendaman tersebut untuk membuat tubuh DOC menjadi segar kembali. Setelah di rendam beberapa menit, berikanlah air minum yang sudah dicampurkan dengan madu.

Penyebab Dehidrasi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan DOC ayam menjadi dehidrasi. Penyebab utama DOC mengalami dehidrasi adalah kurangnya cairan yang masuk di dalam tubuh sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Diperlukan pengecekan rutin terhadap tempat minum ayam. Jika sudah kosong segeralah isi dengan minuman yang baru. Lapar bisa ditahan beberapa jam, namun tidak dengan rasa haus.

Selain disebabkan oleh kurangnya mengonsumsi air, dehidrasi bisa disebabkan oleh suhu di dalam kandang yang terlalu panas. Brooder memang bisa membuat suhu tubuh ayam maupun kandang menjadi hangat, namun jika terlalu panas justru DOC yang di dalam kandang tersebut menjadi mengalami dehidrasi. Penyebab selanjutnya adalah distribusi yang terlalu jauh sehingga memakan waktu yang lama di perjalanan.

Baca juga : 6 Tips Pembuatan Kandang Ayam DOC yang Ideal

Dehidrasi tidak boleh disepelekan hal itu dikarenakan bisa menyebabkan dampak yang fatal bagi DOC bahkan bisa sampai mengalami kematian. Jika menemukan tanda-tanda DOC ayam dehidrasi segera atasi sesegera mungkin agar kematian tidak terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *