3 Penyebab Kematian DOC Ayam Kampung Secara Dini

day old chicken

Ayam kampung diunggulkan karena tidak mudah sakit dan pemeliharaannya yang mudah. Berbeda dengan jenis broiler dimana mudah stress dan terkena berbagai macam penyakit. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa DOC ini sangat berperan penting terhadap kesuksesan peternakan. Jangan mengharapkan kesuksesan jika Anda tidak tahu bagaimana caranya merawat DOC ayam dengan baik. Setiap DOC memiliki tipe perawatannya masing-masing, misalnya broiler dengan ayam kampung ini memiliki perawatan yang berbeda.

Salah satu hal yang dihindari oleh peternak adalah kematian ayam. Semakin banyak DOC yang mati maka semakin sedikit ayam yang bisa dipanen. Jika hal tersebut terjadi terus menerus bukan tidak mungkin jika peternakan Anda akan mengalami kerugian. Cara untuk menghindari kematian DOC adalah menghindari penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab DOC ayam kampung mati yang harus Anda hindari:

Infeksi

Penyebab pertama adalah infeksi. Infeksi ini bisa disebabkan oleh cuaca yang ekstrem, bisa juga disebabkan oleh sanitasi kandang yang kurang bagus. Kandang yang kotor dan tidak pernah dibersihkan menjadi sarang kuman dan bakteri. Saat musim penghujan, ayam di kandang open house sangat rentan sekali untuk terkena virus dan bakteri. Ayam yang terkena infeksi ini kekebalan tubuhnya akan menurun, dan tidak akan nafsu makan. Anda patut waspada terhadap beberapa gejala infeksi ini seperti demam, lesu, tidak nafsu makan, mata ayam selalu terpejam dan lain-lain. DOC yang terkena infeksi juga malas untuk bergerak berbeda dengan yang sehat dimana akan lincah dan gesit.

Baca juga : 5 Kesalahan Pemeliharaan DOC Ayam

Untuk mengatasi demam ini yang pertama jemurlah ayam di pagi hari. Sinar matahari pagi sangat bagus untuk membuat ayam berkeringat dan demam akan mereda. Anda juga bisa memberikan penurun panas pada ayam yang bisa didapatkan di toko hewan. Mencegah lebih baik dibandingkan mengobati. Pencegahannya bisa dengan menjaga sanitasi kandang dengan baik, general cleaning pada kandang setiap satu minggu sekali, memberikan vitamin pada DOC secara rutin, dan jauhkan DOC yang sehat dari yang sakit.

Distribusi yang Memakan Waktu

Penyebab kematian terbanyak pada DOC ayam kampung adalah distribusi yang banyak memakan waktu. Misalnya Anda membeli DOC di kota B padahal Anda berada di kota A, hal tersebut akan membuat DOC menjadi stress selama di perjalanan. Boleh saja Anda membeli bibit ayam kampung di kota yang berbeda namun yang harus memperhatikan perawatan DOC selama di perjalanan. Jangan membuat DOC ayam menjadi stress akibat banyaknya guncangan di jalan. Pastikan DOC di dalam kendaraan aman dari guncangan, seperti menaruhnya di box yang aman dan juga empuk. Lebih baik ketika membeli DOC dengan kendaraan di peternakan dibandingkan dengan jasa pengiriman yang belum tahu bagaimana pelayanannya.

Seting Brooder yang Salah

Kematian DOC secara dini disebabkan oleh setting brooder yang tidak tepat. Suhu brooder di setting terlalu panas, atau terlalu dingin sehingga DOC ayam kampung menjadi kepanasan atau kedinginan. Anda bisa mengetahui apakah setting brooder ini sudah tepat dengan cara melihat gerak-gerik DOC, jika mereka berkumpul di bawah brooder maka suhunya masih dingin namun DOC yang menjauhi brooder tanda suhunya terlalu panas. Cara mengatasinya dengan menyeting suhu dengan tepat dan mengontrolnya secara teratur. Brooder ini juga harus memiliki jarak yang tepat dengan kandang DOC, jangan terlalu jauh atau dekat.

DOC ayam masih rentan untuk terkena berbagai macam penyakit atau infeksi yang bisa membahayakan kesehatannya. Agar tidak berujung pada kematian, Anda harus menghindari berbagai macam penyebab kematian DOC ayam kampung seperti yang sudah dijelaskan di atas dengan cara melakukan pencegahan.

Baca juga : 4 Cara Membuat Kandang Ayam DOC yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *