4 Cara Ternak Ayam Potong Paling Efisien

Cara Ternak Ayam Potong

Ayam potong dimanfaatkan untuk diambil dagingnya, sehingga ciri khasnya adalah daging bisa tumbuh dan berkembang dengan pesat. Ayam potong memiliki masa panen yang lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya, selain itu pangsa pasarnya pun cukup luas dimana banyak yang membutuhkan daging ayam potong tersebut untuk konsumsi pribadi atau sebagai bisnis. Saat ini banyak sekali usaha kuliner yang menggunakan daging ayam misalnya ayam geprek, bento ayam, steak ayam dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itulah permintaan daging ayam potong akan selalu tinggi.

Tips Ternak Ayam Potong yang Efektif

Ada beberapa tips ternak ayam potong yang harus Anda pahami dimana tekniknya berbeda dengan beternak ayam kampung. Beternak ayam jenis broiler atau potong ini lebih susah jika dibandingkan dengan ayam kampung. Agar tidak mengalami kerugian simak cara ternak ayam potong yang efisien berikut ini:

Baca juga : 6 Cara Ternak Ayam Potong agar Mendapatkan Hasil Maximal

Kandang

Kandang adalah poin penting dalam peternakan ayam. Baik itu ayam jenis broiler, layer dan ayam ternak lainnya memiliki kandang idealnya masing-masing. Agar bisa memberikan hasil yang maksimal dalam peternakan ayam Anda harus tahu seperti apa pembuatan kandang yang baik dan benar. Berikut ini adalah kandang yang ideal untuk ayam broiler yang harus Anda ketahui:

  • Letak kandang harus mendapatkan izin, terutama tetangga sekitar yang dekat dengan lokasi kandang ayam tersebut. Jarak kandang dengan pemukiman penduduk minimal 100 meter. Oleh sebab itu jika Anda ingin mendirikan peternakan ayam, pilihlah lahan yang minimal jaraknya 100 meter dari pemukiman penduduk.
  • Kandang dekat sumber air sehingga bisa mencukupi kebutuhan ayam sehari-hari dengan baik.
  • Posisi kandang juga harus tepat, yaitu membujur dari timur ke barat.
  • Di dalam kandang harus ada cahaya dan cukup hangat agar ayam tidak menggigil kedinginan ketika berada di dalam kandang.

Bibit Ayam

Cara ternak ayam potong selanjutnya adalah pemilihan bibit. Semakin berkualitas bibit yang Anda pelihara maka angka bertahan hidupnya semakin tinggi dibandingkan dengan yang tidak berkualitas. Oleh sebab itu Anda harus memilih bibit ayam yang berkualitas tersebut.

Vaksin

Ayam potong atau broiler mudah sekali terkena infeksi. Oleh sebab itu vaksin bagi ayam broiler adalah poin penting untuk menghindarkan ayam dari berbagai penyakit. Vaksin adalah pencegahan terhadap penyakit ayam yang paling efektif. Untuk bisa menjaga kualitasnya  Anda bisa menyimpan vaksin tersebut di dalam refrigerator, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jika lokasi pembelian vaksin dengan peternakan ini jauh, Anda harus menyimpannya di dalam termos yang sudah diberikan es batu.

Pentingnya Pakan dalam Peternakan Ayam Potong

Faktor keberhasilan ternak ayam potong tergantung dengan pakan yang diberikan. Hampir sebagian besar modal yang Anda keluarkan untuk pembelian pakan ini. Pakan bernutrisi akan membuat ayam Anda jauh lebih sehat dan mencapai berat badan yang ideal. Anda bisa memberikan vitamin, mineral, karbohidrat dan lemak dalam ransum pakan ayam potong. Berikut ini adalah tahapan pemberian pakan yang penting diperhatikan:

Pembesaran

Pada tahap ini ayam membutuhkan kadar protein lebih tinggi dibandingkan dengan yang penggemukan. Saat tahap ini ayam akan tumbuh dengan cepat selama pakannya dicukupi dengan baik.

Penggemukan

Pada tahap ini ayam membutuhkan protein yang lebih sedikit, sedangkan nutrisi lain yang diperlukan adalah lemak, mineral, vitamin yang mana bisa membuat berat badannya menjadi meningkat.

Baca juga : 4 Risiko Ternak Ayam Petelur yang Patut Diwaspadai

Khusus pemula penting sekali untuk tahu bagaimana cara memelihara ayam potong yang baik dan benar. Tumbuh dan kembang ayam potong ini sangat tergantung dengan pemeliharaan selama di peternakan. Jika berat badan ayam tidak maksimal, diperlukan evaluasi apakah cara ternak ayam potong yang dilakukannya selama ini sudah benar supaya ke depannya ayam bisa tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *