5 Kesalahan Pemeliharaan DOC Ayam

Pemeliharaan DOC Ayam
Pemeliharaan DOC Ayam

Keberhasilan peternakan ayam tergantung dengan bagaimana Anda merawat DOC atau ayam periode starter ini. Biasanya peternak pemula belum tahu bagaimana memperlakukan ayam DOC tersebut dengan baik, akibatnya kegagalan tersebut terletak pada pemeliharaannya yang salah. Agar menjadi peternak yang sukses, penting bagi Anda untuk memiliki skill yang mumpuni. Salah satu skill yang harus dimiliki tersebut adalah pemeliharaan DOC yang baik. Jika skill tersebut Anda kuasai maka peternakan ayam akan sukses dan mendatangkan profit. Agar sukses dalam memelihara DOC ayam, hindari beberapa kesalahan berikut ini:

Baca juga : 6 Cara Membuat Kandang Doc yang Baik dan Benar

Tidak Diberikan Larutan Gula

Saat masih DOC, membutuhkan energi yang lebih banyak dibandingkan dengan periode grower, maupun finisher. Energi ini dibutuhkan DOC untuk membuat tubuhnya menjadi lebih berenergi dan tidak lemas. Mencukupi energi ini bisa dilakukan dengan memberikan larutan gula. Ketika DOC ayam sudah sampai di peternakan, berikanlah larutan gula tersebut agar energi DOC menjadi lebih stabil. Kesalahan yang sering dilakukan oleh peternak pemula adalah tidak memberikan DOC tersebut larutan gula sehingga akan membuatnya lemas dan tidak berenergi.

Kandang yang Tidak Sesuai

Kesalahan dalam pemeliharaan DOC adalah dengan menempatkannya di kandang yang tidak sesuai. Kandang DOC ini berbeda dengan ayam pada periode grower maupun finisher sehingga dibutuhkan kandang khusus yang mana membuatnya aman dan nyaman. Kandang DOC yang sesuai adalah yang tertutup pada bagian sekelilingnya namun terbuka di bagian atasnya. Membuatnya tertutup bermanfaat untuk meminimalisir angin yang masuk ke dalam kandang tersebut terutama malam hari. Cuaca dan udara yang dingin sangat tidak bagus untuk DOC sebab bisa menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah.

Baca juga : 6 Cara Memilih DOC Ayam Berkualitas Tinggi

Tidak Diberikan Penghangat

Kesalahan pemeliharaan ayam dalam periode starter ini adalah tidak adanya penghangat. DOC ayam bulunya tidak selebat dengan periode grower maupun finisher sehingga masih membutuhkan penghangat yang mana bisa menghangatkan tubuhnya terutama saat di malam hari. Untuk bisa memberikan rasa hangat kepada DOC bisa dengan memberikan brooder di bagian tengah kandang, aturlah suhunya supaya tidak terlalu panas dan dingin. Anda bisa melihat dari gerak-gerik DOC tersebut, jika mereka menjauhi brooder maka suhunya terlalu panas namun jika berpencar maka suhu ayam tersebut hangat.

Tidak Adanya Rasa Aman

Kesalahan dalam pemeliharaan DOC ini adalah tidak adanya rasa aman. Oleh sebab itu harus sering mengawasi DOC Anda. Hewan karnivora seperti kucing akan membahayakan keselamatan DOC tersebut. Tidak hanya itu saja, DOC bisa saling melukai menggunakan paruh mereka yang tajam sehingga bisa menyebabkan kematian atau DOC menjadi berdarah.

Baca juga : 3 Cara Mendapatkan DOC Ayam Petelur dan Perawatannya

DOC adalah bibit yang harus Anda rawat dengan baik. Jika bibit tersebut bisa tumbuh dengan baik maka hal tersebut akan menguntungkan Anda karena lebih produktif. Hindarilah beberapa kesalahan pemeliharaan DOC ayam yang disebutkan di atas agar Anda tidak merugi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *