3 Cara Mendapatkan DOC Ayam Petelur dan Perawatannya

Peternakan ayam petelur atau yang biasa disebut juga dengan ayam layer akan menguntungkan bagi Anda jika bisa berjalan dengan lancar dan produktif. Tidak semua ayam yang diternakkan bisa produktif dalam menghasilkan telur oleh sebab itu perencanaan yang tepat sangat dibutuhkan di sini. Salah satu perencanaan peternakan ayam yang harus Anda perhatikan adalah memilih bibit ayam yang berkualitas. DOC ayam yang berkualitas bisa menyukseskan peternakan yang Anda kembangkan. Alasannya adalah DOC tersebut lebih kebal terhadap penyakit dibandingkan dengan yang kualitasnya rendah sehingga angka kematian DOC bisa ditekan. Berikut ini adalah cara mendapatkan DOC ayam petelur berkualitas dan perawatannya:

Baca juga : 4 Kendala Peternakan Ayam Broiler yang Harus Diperhatikan

Cara Mendapatkan DOC Ayam Petelur

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara merawat DOC ayam jenis petelur ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana cara mendapatkannya. Tidak semua peternakan ayam menghasilkan DOC ayam yang berkualitas, sehingga untuk mendapatkan bibit ayam tersebut harus menggunakan tips tertentu. Berikut ini adalah tips mendapatkan DOC Ayam petelur yang harus Anda perhatikan:

Rekomendasi Teman

Untuk bisa mendapatkan DOC ayam jenis petelur yang berkualitas Anda bisa bertanya kepada teman Anda yang juga menekuni bisnis peternakan ayam petelur tersebut. Semakin banyak koneksi yang Anda miliki akan menguntungkan sebab Anda bisa bertanya tentang bagaimana cara beternak ayam dengan benar salah satunya adalah dimana Anda bisa mendapatkan DOC ayam yang berkualitas.

Peternakan Ayam Terpercaya

Untuk bisa mendapatkan DOC ayam yang berkualitas Anda bisa survey langsung di peternakan yang terpercaya. Biasanya selain beternak ayam, peternak tersebut juga menjual bibit DOC yang berkualitas terutama yang peternakannya sudah skala besar. Di peternakan tersebut Anda bisa memilih bibit DOC secara langsung. Setiap peternakan menjual DOC dengan harga per ekor dengan batas minimal pembelian misalnya membeli satu box dengan isi bibit ayam 80 ekor.  Sayangnya DOC ayam yang dijual oleh peternak kadang mengalami kenaikan, sehingga untuk pembelian bibitnya sendiri harus mengeluarkan biaya yang besar.

Baca juga : 7 Cara Ternak Ayam Broiler yang Efektif dan Efisien

Beternak Sendiri

Untuk mengantisipasi harga ayam DOC yang meningkat dengan tajam Anda bisa beternak sendiri. Untuk pemula sebaiknya Anda tidak melakukan cara ini sebab kegagalan rentan terjadi kepada Anda. Namun bagi yang sudah berpengalaman bisa menghasilkan DOC ayam sendiri. Jika DOC yang Anda hasilkan tersebut berkualitas bisa digunakan untuk peternakan ayam Anda sendiri dan dijual kepada orang lain.

Perawatan DOC Ayam Petelur

Setelah Anda tahu bagaimana cara mendapatkan DOC ayam tersebut kini Anda harus tahu bagaimana cara merawat yang benar. Berikut ini adalah perawatan DOC ayam jenis petelur yang benar:

  1. Mencukupi makanan dan juga air setelah Anda meletakkan DOC ayam jenis petelur tersebut di dalam kandang. Dalam periode ini ayam banyak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membuat kekebalan menjadi meningkat. Anda juga perlu mengenalkan kepada DOC tersebut mana pakan ayam dan juga mana airnya.
  2. Letakkanlah tempat makan dan minumannya secara berdekatan hal tersebut bertujuan agar ayam DOC bisa mudah menjangkaunya.
  3. Lihat bagaimana ayam tersebut memakan makanannya. Jika ada DOC ayam yang belum makan sama sekali Anda bisa membantunya dengan mendekatkan tempat pakan tersebut ke arahnya kalau perlu Anda bisa membantunya makan dengan telapak tangan Anda.
  4. Periksalah tempat makan dan minum ayam tersebut setiap hari, sebab penyakit dan bakteri bisa ditularkan dari tempat pakan yang kotor.

Baca juga : 3 Cara Menghasilkan DOC Ayam Kampung Berkualitas

Demikianlah cara mendapatkan DOC ayam petelur berkualitas dan cara perawatannya, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *