6 Cara Menghasilkan Potongan Ayam (Karkas) yang Tepat

Potongan Ayam

Potongan Ayam  ( Karkas Ayam)

Potongan ayam adalah bagian penting dalam bisnis karkas.  Banyak peternak ayam broiler yang tidak menguasai teknik pemotongan daging karkas yang benar. Oleh sebab itulah ada konsumen yang mengeluhkan dimana potongan daging tersebut menjadi tidak sama atau besar sebelah sehingga membuat konsumen kecewa. Jika hanya menyuplai ayam potong hidup mungkin tidak perlu tahu ilmu cara memotong ayam karkas tidak masalah. Namun jika peternak sambil menggeluti bisnis karkas, maka penting untuk mengetahui bagaimana memotong karkas ayam yang baik dan benar agar tidak mengecewakan konsumen. Berikut ini adalah cara membuat potongan ayam yang tepat:

Baca juga : 4 Cara Membuat Kandang Ayam Layer yang Ideal

Pisau Khusus

Untuk bisa memotong karkas ayam ini tidak bisa menggunakan pisau dapur biasa, karena bentuknya utuh maka dibutuhkan pisau pemotong daging. Kelebihan pisau pemotong daging tersebut adalah bisa memotong tulang ayam dengan mudah. Selain bisa memotong tulang daging dengan mudah, pisau  ini bisa membuat serat daging tetap utuh dan tidak rusak. Pastikan pisau tersebut juga tajam agar mampu memotong tulang ayam tersebut dengan baik dan benar. Pisau yang tumpul akan membuat Anda kesulitan dalam memotong tulang ayam tersebut.

Talenan

Agar bisa membuat potongan ayam menjadi sempurna, Anda butuh bantuan talenan untuk bisa memotong daging karkas dengan benar. Anda bisa menyiapkan daging karkas yang akan dipotong tersebut di atas talenan, posisinya adalah bagian dada menghadap ke atas. Untuk pebisnis daging karkas pemula mungkin akan kesulitan dalam memotong daging karkas di atas talenan namun jika terus menerus dilakukan akan menjadi terbiasa.

Memegang Menggunakan Tangan Kiri

Untuk bisa membuat potongan daging karkas terbagi menjadi sempurna, Anda bisa memegang daging dengan tangan kiri. Kebersihan akan membuat konsumen menjadi puas membeli daging di peternakan Anda, oleh sebab itu peganglah daging karkas menggunakan tangan yang sudah diberikan sarung tangan. Jangan menggenggam daging ayam secara langsung sebab akan membuat bakteri di tangan berpindah ke daging tersebut. Sedangkan tangan yang memegang pisau adalah kanan.

Baca juga : 5 Manajemen Pakan Ayam Broilers Agar Lebih Produktif

Potong Bagian Paha

Bagian daging karkas yang dipotong pertama kali adalah paha ayam. Agar tidak bergerak ketika Anda memotong paha bisa menggunakan bantuan garpu. Setelah hampir semua urat di bagian paha terputus, tariklah paha tersebut agar terlepas dari daging karkas. Perlakuan yang sama bisa Anda lakukan pada kedua bagian sayap ayam.

Memotong Dada dan Punggung

Setelah bagian paha ayam sudah bisa terpisah dengan baik, Anda bisa melanjutkan dengan memotong di bagian dada dan juga punggung. Dada dan punggung ini letaknya di tulang iga dimana warnanya putih dan juga menonjol pada bagian badannya. Agar bisa memotong dengan benar, bisa mulai dari bagian belakang menuju depan. Bisa juga Anda memotong daging karkas menjadi dua bagian yang mana bisa terbagi secara sempurna.

Memotong Perut

Setelah itu Anda bisa melanjutkannya pada bagian perut ayam. Bagian perut ini lebih mudah untuk Anda potong. Pemotongannya pun bebas bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen. Meski begitu pemotongannya harus sama besar jangan kecil sebelah.

Baca juga : 5 Tips Budidaya Ayam Broiler Paling Tepat

Pemotongan daging karkas ini memang membutuhkan cara tersendiri. Banyak konsumen yang mengeluhkan dimana pemotongan daging karkas tersebut tidak sesuai dengan keinginannya yang tidak sama besar. Jika dikonsumsi secara pribadi, tidak masalah mengonsumsi daging dengan ukuran yang tidak sama, namun yang menjadi masalah jika daging ayam tersebut untuk sajian di acara tertentu. Agar bisa menghasilkan potongan karkas ayam yang tepat, lakukanlah beberapa cara yang telah dijelaskan di atas dengan prosedur yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *