5 Cara Merawat Doc Ayam Kampung Agar Hasilnya Berkualitas

DOC Ayam Kampung Jakarta

Mengenai cara merawat doc ayam kampung harus Anda lakukan sejak hari pertama penetasan hingga umurnya mencapai seminggu. Fase ini merupakan tahapan penting untuk menentukan kelanjutan doc ayam kampung menjadi tumbuh dewasa. Oleh karena itu, pada fase ini Anda harus melakukan semua tahap pemeliharaan doc ayam kampung dengan telaten.

Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk merawat doc ayam kampung. Cara tersebut biasanya berkaitan dengan aspek kandang, pakan dan vitamin (vaksin). Ketiga faktor inilah yang akan menunjang pertumbuhan doc ayam kampung menjadi dewasa. Jadi, apabila ketiga aspek di atas bisa Anda urus dengan baik maka kualitas doc ayam kampung yang dihasilkan akan mengikuti. Berikut ini adalah 5 cara merawat anak ayam kampung agar hasilnya berkualitas.

Perhatikan Kepadatan Kandang

Dalam merawat doc ayam kampung, kepadatan juga harus selalu Anda perhatikan disamping kebersihan kandang. Kondisi kandang yang terlalu padat akan mempengaruhi pertumbuhan doc ayam kampung karena sirkulasi udara menjadi terganggu. Akibatnya, doc ayam kampung yang ada di dalam kandang sulit untuk memperoleh segar. Selain sirkulasi udara yang terhambat, kepadatan juga dapat membuat doc ayam kampung saling serang hingga berujung kematian.

Perhatikan Kehangatan Kandang

Cara merawat doc ayam kampung yang kedua yaitu mengatur suhu kandang agar hangat. Biasanya, doc ayam kampung yang baru menetas membutuhkan ruangan dengan suhu udara relatif hangat. Oleh karena itu, tempat yang digunakan sebagai kandang haruslah terjaga kerapatannya. Selain itu, doc ayam kampung yang baru menetas sebaiknya dipisahkan dengan indukannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyebaran penyakit. Meskipun ruangan didesain rapat, tetapi Anda harus membuat lubang untuk mengatur sirkulasi udara segar.

Baca Juga : 7 Kesalahan Perawatan DOC Ayam yang Penting Diketahui Pemula

Jaga Kebersihan Kandang

Selain kehangatan dan kepadatan, kebersihan kandang juga harus selalu Anda jaga. Jangan biarkan kandang dipenuhi dengan kotoran-kotoran ayam maupun sisa pakan. Kondisi ini tentu saja akan menyebabkan doc ayam kampung yang Anda pelihara mudah terserang penyakit. Idealnya, Anda harus menjaga kebersihan kandang secara rutin dan membuatnya tetap kering tidak lembab. Terjaga kebersihan kandang tidak hanya bermanfaat untuk doc ayam tetapi juga untuk diri Anda sendiri dan keluarga.

Berikan Pakan Secara Teratur

Pemberian pakan pada doc ayam kampung harus Anda lakukan dengan teratur. Tidak hanya itu, jenis pakan yang Anda berikan hendaknya disesuaikan dengan usia doc ayam kampung. Misalnya: Anda harus memberikan pakan dengan tekstur halus untuk doc ayam kampung yang berusia 1-7 hari. Hal ini dikarenakan doc ayam kampung pada usia tersebut belum bisa mengkonsumsi pakan yang bertekstur kasar. Cara merawat doc ayam kampung yang satu ini akan membuatnya tumbuh normal.

Pemberian Vaksin Secara Berkala

Doc ayam kampung terkadang sangat rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Penyakit yang biasanya menyerang doc ayam kampung adalah tetelo dan flu burung. Oleh karena itu, pemberian vaksin wajib Anda lakukan secara berkala agar kondisi tubuh doc ayam kampung tetap sehat. Vaksin dapat Anda berikan pada doc ayam kampung yang sudah berumur 4 hari, 4 minggu dan 4 bulan.

Cara merawat doc ayam kampung yang baik dan benar akan menghasilkan kualitas terbaik dalam daging dan telurnya ketika sudah dewasa. Biasanya daging dan telur ayam yang berkualitas tinggi banyak dicari oleh masyarakat untuk dikonsumsi sehari-hari. Hal ini dikarenakan daging maupun telur ayam yang berkualitas akan membuat tubuh menjadi sehat.

Baca Juga : 7 Cara menghasilkan DOC Ayam Berkualitas Tinggi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *