7 Cara Menghasilkan Doc Ayam Broiler Berkualitas Tinggi 

Memilih DOC Ayam Broiler
Memilih DOC Ayam Broiler

Salah satu keuntungan memelihara doc ayam broiler adalah pertumbuhannya yang pesat. Dengan demikian, waktu pemeliharaan yang dibutuhkan relatif singkat apabila dibandingkan jenis lainnya. Akan tetapi, sayangnya doc ayam broiler sangat rentan terkena stress sehingga dapat terkena berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu, dalam memelihara doc ayam broiler harus Anda lakukan dengan telaten agar tidak penyakitan dan hasilnya maksimal. Menghasilkan doc ayam broiler berkualitas sendiri tidak akan membuat biaya operasional membengkak asalkan caranya tepat. Berikut ini adalah tujuh cara menghasilkan ayam broiler berkualitas yang dapat Anda terapkan.

Pilih Indukan yang Berumur Muda

Cara yang paling efektif untuk menghasilkan doc ayam broiler berkualitas adalah dengan memilih indukan berusia muda. Indukan yang berusia muda umumnya akan menghasilkan telur doc kualitas terbaik  yang nantinya dapat digunakan sebagai bibit unggul. Sebaliknya, jika indukan yang Anda pilih berumur tua, maka telurnya cenderung kecil bahkan tidak normal sehingga kurang cocok dijadikan bibit unggul.

Baca Juga : Kesalahan Perawatan Doc Ayam yang Penting Diketahui Pemula

Memilih Telur yang Tepat

Tidak semua telur ayam broiler dapat ditetaskan menjadi doc. Oleh karena itu, pemilihan telur yang berkualitas perlu Anda lakukan. Cara menghasilkan doc ayam broiler berkualitas adalah dengan memisahkan telur yang kotor, cangkangnya mengalami retak dan beratnya tidak sesuai. Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan bagian kuning telur. Jika kuning telur dobel maka kemungkinan menetas kecil karena tidak normal.

Fumigasi

Sebelum menyimpan telur, maka Anda wajib terlebih dahulu melakukan fumigasi. Fumigasi adalah menghilangkan bakteri atau jamur yang melekat pada cangkang telur. Tujuan dilakukannya fumigasi adalah agar bakteri atau jamur tidak bisa masuk ke dalam cangkang telur. Apabila fumigasi tidak dilakukan maka bakteri atau jamur dapat menyebabkan bibit lahir dalam kondisi pesakitan.

Posisi Telur

Meletakkan telur ternyata tidak boleh Anda lakukan dengan sembarangan. Apabila telur ditaruh dalam posisi yang salah maka akan menyebabkan strukturnya rusak sehingga kualitasnya menurun. Cara terbaik untuk meletakkan telur dengan benar adalah menaruh bagian yang runcing di atas. Sebaliknya, taruhlah bagian yang berbentuk bulat di bawah.

Suhu

Memperhatikan tingkat tinggi dan rendahnya suhu adalah salah satu cara menghasilkan doc ayam broiler berkualitas. Ketika menyimpan telur pastikan suhu kandang hangat dan tertutup untuk menghindari gangguan tikus dan kucing. Suhu kandang yang hangat dapat Anda peroleh dari lampu atau brooder. Selain itu, Anda harus membedakan suhu awal dan akhir penyimpanan telur.

Menyimpan Telur dengan Benar

Setelah melakukan fumigasi dan mengatur suhu kandang, Anda dapat menyimpan telur tersebut. Penyimpanan telur harus dilakukan dengan benar agar menetas tepat pada waktunya. Doc ayam broiler yang berkualitas akan menetas tepat waktu tidak terlalu cepat maupun lambat. Mengingat pentingnya penyimpanan telur, maka Anda tidak boleh mengabaikan aspek ini.

Menjadwal Waktu Menetasnya Telur

Cara terakhir untuk menghasilkan doc ayam yang berkualitas adalah dengan menjadwal menetasnya telur. Cara ini dapat Anda lakukan dengan memberikan nomor urut pada telur. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui telur mana yang diinkubasi terlebih dahulu. Apabila waktu menetasnya telur tidak sesuai maka Anda dapat menunggunya beberapa hari namun jangan kaget jika kualitasnya menurun.

Cara menghasilkan doc ayam berkualitas memang tidak mudah untuk dipraktekkan sebab semuanya harus dilakukan dengan telaten. Akan tetapi, semua akan menjadi mudah untuk dilakukan asalkan Anda terbiasa dan juga didasari niat. Harga doc ayam broiler di pasaran sangatlah fluktuatif oleh karena itu jika Anda mampu memproduksi sendiri maka tentu lebih hemat.

Baca Juga : DOC Ayam Dehidrasi? Atasi Dengan Cara Ini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *