Cara Memastikan Kebutuhan Nutrisi Ayam Layer yang Efektif

Nutrisi untuk Ayam itu Sangat Penting

Kebutuhan nutrisi ayam layer
Nutrisi Ayam Layer

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari telur menjadi sumber protein yang mudah didapat. Selain itu, telur juga mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis olahan masakan. Namun, memilih telur dengan gizi yang masih terjaga dengan baik juga perlu dilakukan agar semua gizi baik yang ada dalam telur dapat diserap tubuh. Untuk bisa mendapatkan telur dengan kualitas baik, semuanya berawal dari peternakan ayam layer atau ayam petelur yang memenuhi kebutuhan nutrisi ayam layer serta merawat ayam layer dengan baik. Perawatan ayam layer haruslah dilakukan melalui proses pengendalian mutu yang ketat agar ayam layer maupun telur yang dihasilkan berkualitas tinggi. Ayam layer dengan kualitas terbaik pun harus dirawat dengan baik pula agar ayam tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Inilah mengapa kualitas peternakan terbaik penting diketahui sebelum memilih bahan makanan seperti telur dan daging ayam. Di peternakan dengan kualitas perawatan terbaik, ayam layer penghasil telur sangat diperhatikan kualitasnya sejak ayam masih bibit sampai ayam menghasilkan telur. Ayam layer dengan kualitas terbaik dikembangbiakkan dan dirawat dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ayam layer agar menghasilkan telur dengan kualitas baik. Selain kualitas ayam layer, perawatan pun ikut menentukan kualitas telur yang dihasilkan. Perawatan ayam layer yang ikut menentukan kualitas telur adalah pemberian makan ayam layer. Pakan ayam layer haruslah memenuhi kebutuhan nutrisi ayam layer sehingga produktivitas ayam layer tinggi. Nutrisi yang ada pada pakan ayam layer harus dikhususkan untuk proses pembentukan telur dan jumlah telur yang dihasilkan.

Pemberian kebutuhan nutrisi ayam layer haruslah diberikan sesuai dengan umur ayam layer. ini dikarenakan beda umur ayam layer, berbeda pula kebutuhan nutrisinya. Nutrisi ayam layer yang baru lahir biasanya untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan untuk mempercepat kenaikan berat badan setiap minggunya. Sedangkan untuk ayam layer yang memasuki masa reproduksi biasanya nutrisi ayam layer yang diperlukan adalah untuk mendukung perkembangan organ reproduksi. Pakan ayam layer yang berkualitas tinggi juga akan mencukupi kebutuhan nutrisi ayam layer dewasa karena turut menjaga produksi telur tetap stabil. Oleh karena itu, sangat penting bagi peternakan untuk membagi pakan ayam layer sesuai dengan nutrisi ayam layer berdasarkan umur ayam.

Selain pakan ayam layer, jumlah wadah pakan dan minum pun harus sesuai dengan jumlah populasi ayam layer dan harus tersebar ke seluruh kandang agar tidak terjadi penumpukan ayam saat jam pemberian pakan. Ini bertujuan agar ayam layer mendapatkan porsi makan yang sesuai setiap harinya, sehingga kebutuhan nutrisi ayam layer dapat terpenuhi. Kebersihan wadah pakan dan minum juga harus terjaga agar kebutuhan nutrisi ayam layer tetap terpenuhi. Wadah pakan dan minum bisa secara rutin dicuci untuk menghilangkan bakteri dan virus yang mungkin menempel di wadah tersebut. Paling tidak, wadah pakan dan minum dicuci 2x sehari dan diberikan desinfektan setiap 3 – 4 hari sekali.

Baca : Benarkah Kualitas Kandang Ayam Layer Memengaruhi Kualitas Telur?

Pemberian pakan yang dilakukan secara rutin setiap harinya juga akan mempengaruhi kebutuhan nutrisi ayam layer setiap harinya. Kebutuhan nutrisi ayam layer juga harus disesuaikan berdasarkan umur ayam layer agar nutrisi dalam pakan bisa terserap sepenuhnya dan nutrisi tersebut bisa digunakan untuk mendukung pertumbuhan sesuai dengan umur ayam layer. Kebutuhan nutrisi ayam layer yang terpenuhi dengan baik akan mendukung pertumbuhan ayam layer serta proses produksi telur yang tetap stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *