Memahami Perhitungan Karkas Ayam Utuh

Memahami Perhitungan Karkas Ayam
Memahami Perhitungan Karkas Ayam

Memahami perhitungan karkas ayam biasanya dipengaruhi juga oleh umur ayam yang dipotong dan juga pemberian pakan dan minum saat pemeliharaan ayam pedaging. Jika ayam yang dijadikan karkas adalah ayam yang belum cukup umur, biasanya karkas ayamnya lebih kecil dibandingkan ayam yang sudah siap potong. Karkas ayam itu sendiri adalah dalam bentuk 1 potongan utuh adalah ayam yang sudah dipotong kepala dan kakinya, dibului, dan dibersihkan jeroannya. Karkas ayam biasanya diperoleh dari ayam broiler yang dipelihara sampai berumur ┬álebih kurang 4 ÔÇô 5 minggu. Perhitungan karkas ayam umumnya berasal dari ayam broiler atau ayam pedaging yang siap panen dengan rata-rata bobot sebesar 1,5 kg. Pada proses pengolahan ayam menjadi karkas ayam, bobot tubuh ayam akan berkurang 1/3 karena bulu, kaki, cakar, leher, kepala, dan jeroan ayam sudah dipisahkan dari daging.

Perhitungan karkas ayam bisa dibedakan berdasarkan jenis kelamin ayam potong. Biasanya karkas ayam betina lebih besar dibanding karkas ayam jantan. diambil dari bagian-bagian karkas yang bisa dijual dan cenderung mempunyai peningkatan permintaan seperti paha, sayap, betis, dan dada yang memiliki perhitungan karkas ayam sendiri. Bagian ÔÇô bagian inilah yang pada umumnya banyak diperdagangkan adalah bagian yang banyak memiliki daging seperti bagian dada, paha atas, dan paha bawah. Bagian karkas ayam yang biasanya juga diperdagangkan tetapi lebih banyak tulang meliputi bagian punggung, leher, dan sayap, lalu kemudian ada jeroan ayam yang meliputi hati, jantung, dan ampela. Bagian jeroan ini biasa disebut juga bagian non karkas yang dijual terpisah dari karkas ayam

Baca juga : Kesuksesan Peternak Ayam Broiler Hasilkan Kualitas Daging Terbaik

Selain faktor jenis kelamin, faktor-faktor lain yang memengaruhi bobot karkas adalah jumlah pakan dan air pada saluran pencernaan ayam ternak. Perhitungan karkas ayam akan memiliki persentasi yang rendah jika jumlah pakan dan air pada saluran pencernaan ayam ternak cukup banyak. Perhitungan karkas ayam juga dipengaruhi oleh umur ayam, kulit ayam yang besar dan tebal, serta bentuk tubuh dan derajat kegemukan. Biasanya karkas ayam diambil dari ayam pedaging dengan rata-rata bobot sekitar 1,5 ÔÇô 2,0 kg kg dan sudah mencapai umur 4 ÔÇô 5 minggu. Ayam pedaging yang gemuk dan cukup umur untuk dipanen umumnya memiliki perhitungan karkas ayam yang tinggi dan karkasnya pun berbentuk tebal seperti balok. Ini kenapa umur ayam pedaging yang dipotong serta bobot tubuh ayam sangat memengaruhi perhitungan karkas ayam. Ayam yang belum cukup umur untuk diambil karkasnya dengan berat badan kurang dari 1,5 kg akan mempunyai perhitungan karkas ayam yang lebih kecil dibandingkan dengan ayam yang telah cukup umur dengan rata-rata bobot sebesar 1,5 kg.

Baca juga : Ternak Ayam Kampung Yang Berkualitas dan Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.