4 Cara Ternak Ayam Potong Cepat Panen

cara ternak ayam potong

Bisnis ternak ayam potong bukanlah bisnis baru di Indonesia. Saat ini mungkin sudah terdapat hingga ratusan ribu peternak ayam potong di seluruh negeri. Banyaknya peminat ternak ayam potong tentu tidak terlepas dari keuntungan yang menjanjikan di dalamnya. Keuntungan yang jelas di dapatkan para peternak adalah permintaan pasar akan daging ayam yang tidak pernah sepi, harga daging ayam yang relatif stabil bahkan meningkat, dan tentu saja, masa panen yang cepat daripada bisnis ternak yang lainnya. Nah, berbicara mengenai masa panen, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya ayam potong anda bisa di panen lebih cepat dari biasanya. Berikut adalah 4 cara ternak ayam potong cepat panen yang bisa anda simak penjelasannya.

Kandang

Cara pertama untuk mempersingkat masa panen adalah dengan memerhatikan kandang ayam potong yang anda ternakkan. Kandang menjadi faktor yang sangat vital bagi tumbuh kembang ayam sebelum nantinya siap untuk dipanen. Ada beberapa kriteria yang harus anda penuhi dalam pembuatan kandang sebagai berikut:

  1. Lokasi Kandang

Lokasi kandang menjadi aspek utama yang harus anda perhatikan. Usahakan untuk membuat kandang yang memiliki jarak sekitar 100 meter dari pemukiman warga terdekat. Selain menghindari polusi udara dan suara, tempat yang tenang diperlukan ayam supaya perkembangannya tidak terganggu karena stres berlebih dengan lingkungan yang ramai.

  1. Sumber Air

Usahakan untuk membangun kandang di dekat sumber air. Selain mudah untuk mencukupi kebutuhan air ayam di kandang, sumber air juga bisa menjadi penetral alami dari limbah yang dihasilkan.

  1. Posisi dan Pencahayaan

Perhatikan juga penentuan posisi kandang. Kandang yang ideal adalah kandang yang membujur dari timur ke barat. Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Dengan posisi tersebut, ayam akan mendapatkan pasokan cahaya yang cukup pada siang hari yang jelas baik bagi pertumbuhannya.

Baca Juga : Tips Menentukan Ukuran Kandang Ayam Broiler

Bibit Ayam

Cara selanjutnya adalah dengan memilih bibit ayam yang berkualitas. Tentu saja, sebaik apapun anda merawat ayam potong anda, namun jika bibit yang anda dapatkan tidak baik, maka usaha anda akan sia-sia. Memilih bibit ayam yang baik jelas sangat penting. Selain mengurangi risiko kematian karena terkena penyakit, bibit ayam yang baik juga potensial untuk bisa cepat dipanen. Usahakan untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu tentang bagaimana bibit ayam yang akan anda dapatkan tersebut ditetaskan. Perhatikan juga ciri fisiknya. Ayam dengan ciri fisik tidak sehat biasanya sudah bisa dikenali sejak dini.

Vaksin

Pemberian vaksin yang tepat adalah cara ternak ayam potong cepat panen selanjutnya. anda sendiri mungkin sudah mengetahui jika ayam potong memang rentan sekali terhadap virus dan penyakit sebaik apapun kualitas bibitnya. Nah, ada cara khusus untuk menyimpan vaksin supaya kualitasnya tidak menurun hingga diberikan kepada ayam potong anda. anda bisa menyimpan vaksin dalam termos dingin bersama es batu untuk beberapa saat jika belum digunakan. Atau jika ingin lebih mudah, anda bisa menyimpannya di refrigator dan mengambilnya saat siap digunakan.

Pakan

Yang terakhir adalah pakan. Anda harus benar-benar tahu kebutuhan ayam anda pada setiap masa tumbuhnya. Untuk masa pembesaran, ayam membutuhkan pasokan kadar protein yang tinggi, sedangkan pada masa penggemukan, ayam lebih banyak membutuhkan nutrisi lain seperti lemak, mineral, serta vitamin. Memberikan kebutuhan yang pas adalah kunci anda bisa panen ayam potong lebih cepat.

Itulah 4 cara ternak ayam potong cepat panen yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 4 Perbedaan Ternak Ayam Potong yang Paling Menonjol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *