Ayam Layer Terbaik untuk Menghasilkan Telur Berkualitas Tinggi

Apa itu ayam layer?

Ayam Layer Terbaik
Ayam Layer Terbaik

Ayam layer adalah ayam yang diternak untuk menghasilkan telur. Ayam layer terbaik yang diternak biasanya berumur kurang dari 18 bulan, karena ayam layer yang sudah berumur lebih dari itu produktivitasnya biasanya sudah menurun. Ayam layer biasanya mulai tidak produktif pada umur 15 – 20 bulan, sehingga setelah melewati umur tersebut produksi telur akan menurun.  Untuk menghasilkan telur yang berkualitas, selain memperhatikan umur ayam layer pemeliharaan ayam layer pun harus dilakukan dengan kualitas tinggi, baik itu pemberian pakan dengan kualitas terbaik mau pun perawatannya. Dengan pakan dan perawatan mutu terbaik, ayam layer pun akan sehat sehingga ayam dapat menghasilkan telur dalam jumlah banyak dan juga dengan kualitas tinggi.

Ayam layer dengan kualitas terbaik akan menghasilkan telur dengan kualitas tinggi pula. Selain bibit ayam layer terbaik, pakan ayam layer pun harus diperhatikan agar ayam bisa menghasilkan telur dalam jumlah banyak dan berkualitas tinggi. Selain dari ayam layer dengan kualitas terbaik, umumnya kualitas telur juga dipengaruhi oleh proses penyimpanan dan proses angkut saat akan didistribusikan. Untuk memilih telur dengan kualitas tinggi, ada ciri-ciri yang bisa dilihat secara umum yaitu seperti bentuk telur yang normal atau bulat seperti telur, telur dalam keadaan bersih dengan kulit telur yang rata, isi telur dalam cangkang tidak berbunyi saat dikocok-kocok, telur juga tidak cacat atau retak. Keretakan telur bisa dilihat dari garis putih pada permukaan kulit telur. Jika ada garis putih pada permukaan kulit telur, maka telur tersebut retak.

Baca : Mengapa Manajemen Pemeliharaan Ayam Layer Itu Penting?

Telur dari hasil peternakan ayam layer terbaik akan sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungan gizi telur berasal dari ayam layer dengan perawatan yang terbaik pula. Sebagai salah satu bahan makanan pokok untuk kebutuhan sehari-hari, telur memang harus dipilih dengan teliti dan hati-hati agar kesehatan keluarga bisa tetap terjaga. Jika dipilih dan diolah dengan baik, maka telur bisa menjadi sajian sedap tanpa mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Menu praktis yang biasanya populer untuk sarapan ini memang menjadi sumber protein praktis yang bisa didapat dengan mudah sehari-hari. Pastikan telur yang dipilih adalah telur yang berasal dari peternakan ayam layer terbaik agar sumber protein praktis ini bisa menjadi sumber gizi baik untuk sajian sehari-hari.

Baca : 5 Strategi Sukses dalam Menjalankan Bisnis Karkas Ayam

Maka dari itulah, teliti sebelum membeli telur untuk dikonsumsi perlu dilakukan. Ditambah lagi dengan mengetahui peternakan ayam layer penghasil telur yang dipilih akan membuat kualitas telur lebih terjamin mutunya karena peternakan ayam layer dengan perawatan terbaik akan menghasilkan telur dengan kualitas terbaik pula. Untuk memastikan kualitas telur, telur bisa dibeli langsung dari peternakan ayam layer yang sudah terkenal kualitas ayam dan telurnya. Dari peternakan ayam layer ini kita juga bisa mendapatkan telur yang masih segar sehingga kualitas telur akan sangat terjaga karena tidak perlu melalui proses penyimpanan dan distribusi yang panjang sehingga mutu telur tidak akan turun. Telur yang masih segar memiliki rongga udara kecil yang ada di ujung telur dengan kulit bersih dan mulus serta memiliki pori-pori yang kecil. Selain itu, hal umum yang dilakukan untuk mengetahui kualitas telur adalah dengan merendam telur dalam air. Telur yang segar dan masih baru biasanya akan tenggelam ke dasar dengan posisi mendatar atau terbaring. Mengetahui cara-cara seperti ini akan sangat membantu mendapatkan telur dengan kualitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *